Konsep Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial dalam Pengembangan Positive Mental Attitude Generasi Z

Iin Handayani

Abstract


This article aims to examine personal social guidance and counseling in the development of Generation Z's positive mental attitude. This article uses a type of literature research, a method of collecting data through documentation. The results and discussion that a person is classified as having a positive mental attitude when having: feelings of happiness and satisfaction in living life, enthusiasm, living power, being able to realize themselves, flexibility, life balance, the integrity of views about life, attention to oneself, attention to people, trust and good judgment on yourself. The important characteristics in the personal-social counseling and guidance program are: Included in a comprehensive scope, in its design promoting preventive concepts, development in the environment, an integral part of the education program, designing systems, carried out by professional counselors, various collaborations parties, monitor individual progress, supported by various data, seek improvement and variety of success through group guidance strategies.

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji tentang bimbingan dan konseling pribadi sosial dalam pengembangan positive mental attitude Generasi Z. Artikel ini menggunakan jenis penelitian literatur, metode pengumpulan data melalui dokumentasi. Hasil dan pembahasan bahwa seseorang diklasifikasikan memiliki positive mental attitude apabila memiliki: perasaan bahagia dan kepuasan dalam menjalani kehidupan, semangat, daya hidup, mampu merealisasikan diri, fleksibilitas, keseimbangan hidup, keutuhan pandangan tentang hidup, perhatian terhadap diri, perhatian terhadap orang sekitar, kepercayaan dan penilaian yang baik kepada diri sendiri. Adapun karakteristik penting dalam program bimbingan dan konseling pribadi-sosial, yaitu: Termasuk dalam lingkup yang komprehensif, dalam desainnya mengedepankan konsep preventif, pengembangan di lingkungan, salah satu bagian integral dari program pendidikan, merancang sistem, dilaksanakan oleh konselor yang profesional, adanya kolaborasi berbagai pihak, memantau kemajuan individu, didukung oleh berbagai data, mencari peningkatan dan berbagai kesuksesan melalui strategi bimbingan kelompok.

Kata Kunci: Bimbingan Konseling Pribadi-Sosial, Positive Mental Attitude, Generasi Z


References


ABKIN. (2008). Krisis Identitas Profesi Bimbingan dan Konseling.

Ardi, Zadrian. Indah Sukmawati. (2017). Social Media And The Quality Of Subjective Well-Being; Counseling Perspective In Digital Era (Proceedings | Ices 2017 International Counseling And Education Seminar The Responsibility Of Counselor And Educator In Millennium Era.

Arifin. 2000. Bimbingan Penyuluhan Islam. Jakarta: Bina Aksara.

Baumgardner, S.R. & Crother, M.K. (2010). Positive Psychology. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education Inc.

Bhakti, Caraka Putra. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigm Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling. Vol. 1 No. 2.

Bhakti, Caraka Putra. Nindiya Eka Safitri. (2017). Peran Bimbingan dan Konseling untuk Menghadapi Generasi Z dalam Perpektif Bimbingan dan Konseling Perkembangan, Jurnal Konseling Gusjijang Vol. 3 No. 1.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) UU RI No. 20 tahun 2003 dan Undang-Undang Guru dan Dosen UU RI No. 14 tahun 2005. Jakarta.

Hanurawan, Fattah. (2012). Strategi Pengembangan Kesehatan Mental di Lingkungan Sekolah, PSIKOPEDAGOGIA, Vol. 1, No. 1.

Harahap, Emmi Kholilah. (2015). Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Hubungan Sosial Siswa. TAJDID. Vol. XIV, No. 2.

Helmi, Avin Fadilla. Yopina Galih Pertiwi. (2012). Psikologi untuk Kesejahteraan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Koentjaningrat.(1985) Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Mar’at. (1981). Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta Timur: Ghalia Indonesia.

Nurihsan, A. J. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refikaaditama.

Nursalim, Mochamad. (2015). Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial. Yogyakarta: Ladang Kata.

Prasetiawan, Hardi. (2016). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Rahmat Anak terhadap Pembentukan Karakter Sejak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research And Education), Vol. 04, No. 1.

Prayitno. Erman Amti. 2015. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta.

Putranto, Teguh Dwi (2018). Kelas Sosial dan Perempuan Generasi Z di Surabaya dalam Membuat Keputusan Setelah Lulus Sekolah Menengah Atas. Jurnal Komunikasi Profesional. Vol. 2, No. 1.

Rusydi, Ahmad. (2012). Husn Al-Zhann: Konsep Berpikir Positif dalam Perspektif Psikologi Islam dan Manfaatnya bagi Kesehatan Mental. Proyeksi. Vol. 7, No. 1.

Santosa, Hardi. (2013). Program Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial untuk Mengembangkan Perilaku Seksual Sehat Remaja (Studi Pengembangan di SMA Kartika Siliwangi 1 Bandung, Psikopedagonia Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vo. 2. No. 1.

Setyoningsih, Yunita Dwi. (2018). Tantangan Konselor di Era Milenial dalam Mencegah Degradasi Moral Remaja, Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling). Vol. 2, No. 1.

Subandowo, M. (2017). Peradaban dan Produktivitas dalam Perspektif Bonus Demografi Generasi Y dan Z. Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan. Vol. 10, No. 2.

Sukardi, Dewa Ketut. 1983. Dasar-Dasar Bimbingan Penyuluhan di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susana, Tjipto. (2012). Kesetiaan pada Panggilan di Era Digital. Jurnal Orientasi Baru. Vol. 21. No. 1.

Sutijono & Dimas Ardika Miftah Farid (2018). Cyber Counseling di Era Generasi Milenial. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan. Vol. 11, No.1.

Tapscott, Don, (2013). Grown Up Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.23971/njppi.v3i1.1283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
 

Editor and Administration Address

NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya
Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center) No. 24, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

Phone: (0536) 3226356
Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/
Email: jurnal-nalar@iain-palangkaraya.ac.id dan ihsan.mz@iain-palangkaraya.ac.id

 

Flag Counter