PERSPEKTIF BIMBINGAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Galuh Nashrullah Kartika MR

Abstract


Bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu (peserta didik) agar dengan potensi yang dimiliki mampu dikembangkan secara optimal dengan jalan memahami diri, memahami lingkungan, mengatasi hambatan guna menentukan rencana masa depan yang lebih baik, dengan kata lain bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seseorang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, atau orang dewasa, agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku, sehingga bimbingan juga diadakan dalam rangka membantu setiap individu untuk lebih mengenali berbagai informasi tentang dirinya sendiri. Konseling adalah hubungan pribadi yang dilakukan secara tatap muka antara dua orang di mana konselor melalui hubungan itu dengan kemampuan-kemampuan khusus yang dimilikinya, menyediakan situasi belajar. Dalam hal ini konseli dibantu untuk memahami diri sendiri, keadaannya sekarang, dan kemungkinan keadaannya masa depan yang dapat ia ciptakan dengan menggunakan potensi yang dimilikinya, demi untuk kesejahteraan pribadi maupun masyarakat. Lebih lanjut konselig dapat belajar bagaimana memecahkan masalah-masalah dan menemukan kebutuhan-kebutuhan yang akan datang.

Kata Kunci: Bimbingan Konselung, Pendidikan Islam


Full Text:

PDF

References


Abdurrachman dan Sudjadi, Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1995

Adz-Dzaky, Hamdani Bakran, Konseling dan Psikoterapi Islam, Penerapan Metode Sufistik, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2001.

Amin, Samsul Munir, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Amzah, 2010.

Amin, Samsul Munir, Bimbingan Konseling Islam, Jakarta: Amzah, 2010

Daud, Wan Mohd Nor Wan, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam, Bandung: Mizan, 1998

Faqih, Ainur Rahim, Bimbingan dan Konseling Dalam Islam, Yogyakarta: UII Press, 2001.

Hallen, Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Hasyim, Farid, dan Mulyono, Bimbingan dan Konseling Religius, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2010.

Hayat, Abdul, Konsep-konsep Konseling Berdasarkan Ayat-ayat Al-Qur’an, Banjarmasin: Antasari Press, 2008.

Lubis, Saiful Akhyar, Konseling Islami: Kyai Dan Pesantren, Yogyakarta: Elsak Press, 2007.

Muhyiddin, Muhammad, Manajemen ESQ Power, Yogyakarta: Diva Pres, 2007.

Munir, A Samsul, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Amzah, 2010.

Musnawar, Thohari, Dasar-dasar Konseptual Bimbingan Konseling Islam, Yogyakarta: UII Press, t.th.

Ngalimun. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling di SD/MI. Yogyakarta: Deepublish, 2013.

Prayitno dan Emran Amti, Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta, 1999

Tohirin, Bimbingan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah, Berbasis Integral, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Walgito, Bimo, Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir), Yogyakarta: Andi, 2005.

Wingkel, Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, Jakarta : Gramedia, 1987.




DOI: http://dx.doi.org/10.23971/njppi.v1i2.906

Refbacks



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
 


Editor and Administration Address

NALAR: Jurnal Studi Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya, Indonesia
Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center) No. 24, Palangka Raya, Kalimantan Tengah 
Phone: (0536) 3226356
Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/
Email: jurnal-nalar@iain-palangkaraya.ac.id dan ihsan.mz@iain-palangkaraya.ac.id

 

Flag Counter