KOMUNIKASI INTERPERSONAL TENAGA PENDIDIK TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA PADA MIS ASSALAM MARTAPURA DAN MIN SUNGAI SIPAI KABUPATEN BANJAR

M. Ropiani

Abstract


Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif karena data yang digunakan secara umum berupa angka-angka yang dihitung melalui uji statistik. sedangkan spesifikasi adalah deskriptif analitik korelasional. Yakni penelitian ini melukiskan secara sistematis, faktual, dam cermat juga berusaha memberikan gambaran tentang apa saja yang ada hubungannya dengan penelitian kemudian, menganalisa untuk menemukan pemecahan masalah yang dihadapi. Dalam hasil pengamatan yang di lakukan pada dua Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Banjar, yakni Madarasah Ibtidaiyah Assalam Martapura dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Sipai, dimana dari dua Madrasah Ibtidaiyah tersebut adalah Madrasah Ibtidaiyah Assalam Martapuran merupakan sekolah swasta di bawah naungan Kemenag yang juga binaan dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Sipai,  pada kedua sekolah tersebut sering di jumpai bahwa faktor yang mempengaruhi belajar ini meliputi metode mengajar, kurikulum relasi tenaga pendidik dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin, pelajaran, falisilitas dan waktu, standar pelajaran, keadaan gedung, metode belajar dan tugas rumah. Belajar mengajar merupakan perilaku inti dalam proses pendidikan dimana anak didik dan pendidik berinteraksi. Interaksi belajar mengajar ditunjang oleh beberapa faktor lain dalam pendidikan antara lain: tujuan pendidikan, pendidik, anak didik, alam dan fasilitas pendidikan, metode mengajar, materi pelajaran dan lingkungan.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Tenaga Pendidik


Full Text:

PDF

References


Arikuntoro, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.

AM. Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Reneka Cipta.

Effendi, Onong Uchjana. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Liliweri Alo. 1991. Komunikasi antar pribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Lunandi, 1995. Komunikasi Mengena: Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Kanisius.

Mulyana, Deddy, 2008. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalimun, 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengatar Praktis. Banjarmasin: Pustaka Banua.

Ngalim Purwanto.1990. Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosady Ruslan. 2010. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rachmat Kriyantono. 2010. Teknik Praktis Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Piet. A, Sahertian. 1994. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offdit.

Samana, A. 1994. Profesionalisme Ketenaga pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Slameto, 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suciati, 2015. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Buku Litera

Suranto Aw. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu

Wood, Julia T. 2010. Interpersonal Communication: Everyday Encounters. Australia: Wadsworth.




DOI: http://dx.doi.org/10.23971/njppi.v1i2.907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
 


Editor and Administration Address

NALAR: Jurnal Studi Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya, Indonesia
Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center) No. 24, Palangka Raya, Kalimantan Tengah 
Phone: (0536) 3226356
Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/
Email: jurnal-nalar@iain-palangkaraya.ac.id dan ihsan.mz@iain-palangkaraya.ac.id

 

Flag Counter