PENGARUH KONSEP AKAL DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

Norhasanah Norhasanah

Abstract


Pendidikan pengembangan akal menjadi salah satu tujuan antara pendidikan, yakni ahdâf al-aqliyyah. Pendidikan pengembangan akal pada akhirnya akan berakumulasi dengan pendidikan pengembangan jasmani dan ruhani untuk mencapai tujuan akhir pendidikan Islam, yakni insân kâmil (manusia seutuhnya) yang mempunyai kesadaran, pemahaman, dan pengamalan akan posisi dirinya di antara Allah, alam, dan sesama manusia, serta mampu menjadi khalifah dan 'abd Allah. Dalam Islam, akal mendapat posisi yang signifikan, baik dalam pengembagan individu, masyarakat, maupun pengetahuan, terutama sains. Ia diposisikan sebagai hidayat al-'aqliyyah, yakni hidayah Allah yang hanya diberikan kepada manusia. Dengan akal, manusia mampu memahami symbol-simbol, hal-hal yang abstrak, menganalisis, membandingkan, maupun membuat kesimpulan dan akhirnya mampu membedakan antara yang benar (haq) dan salah (bathil).

Kata Kunci: Konsep Akal, Pengaruhnya


Full Text:

PDF

References


A. Tafsir, 2008, Filsafat Pendidikan Islami, Bandung: Rosda Karya.

Abdullah Fatah Jalal, Azas-Azas Pendidikan Islam, Bandung: CV Diponegoro.

Abdurrahman Saleh Abdullah, 2007, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur'an , Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Warson Munawwir, Al-Munawwir: Qamus 'Araby-Indonesia, Yogyakarta: Krapyak.

Al-'Allamah Raghib al-Asfahani, Mu'jam Mufradat Alfadz al-Qur'an, Beirut: Dar al-Fikr.

Al-Attas (1986), A Commentary on The Hujjat al-Siddiq of Nur al-Din al-Raniri, Kuala Lumpur: Ministry of Culture of Malaysia, 293.

Ali Ahmad Madkur, 2002, Manhaj al-Tarbiyyah fi al-Tashawwur al-Islami, Kairo: Dar al-Fikr a'-'Araby.

Ali Ahmad Madkur, 2002, Manhaj al-Tarbiyyah fi al-Tashawwur al-Islâmi, Kairo: Dar al-Fikr al-'Arabi,

Harun Nasution, 1982, Akal dan Wahyu Dalam Islam, Jakarta: UI Press.

http://www.alhassanain.com/indonesian/book/book/ethics_and_supplication/ethics_books/hawa_nafsu/007.html di akses kamis tanggal 28 September 2016.

Ismail Raji al-Faruqi, 1984, Tauhid, Bandung: Pustaka.

Jalaluddin, 2003, Teologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Muhammad 'Ali al-Khuli, 1981, Qamus al-Tarbiyyah: English-'Araby, Beirut: Dar 'al-'Ilm li al-Malayin.

Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Sa'id Isma'il 'Aly, 2007, Ushul al-Tarbiyyah al-Islamiyyah, Kairo: Dar al-Salam.

Syed Naguib al-Attas, 1986, Konsep Pendidikan Islam, Bandung: Mizan.

Zakiyah Daradjat, 1989, Ilmu Jiwa, Jakarta: Bulan Bintang.




DOI: http://dx.doi.org/10.23971/njppi.v1i2.909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
 


Editor and Administration Address

NALAR: Jurnal Studi Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya, Indonesia
Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center) No. 24, Palangka Raya, Kalimantan Tengah 
Phone: (0536) 3226356
Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/
Email: jurnal-nalar@iain-palangkaraya.ac.id dan ihsan.mz@iain-palangkaraya.ac.id

 

Flag Counter