Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa

Ihsan Mz

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Konsep Diri terhadap Kedisiplinan Siswa di Madrasah “ABC” Yogyakarta, Tahun Akademik 2015/2016. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 208 siswa dari Madrasah “ABC”. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala Konsep Diri dan skala Kedisiplinan menggunakan Analisis Regresi Berganda dan Teknik Korelasi Parsial. Hasil menunjukkan peran signifikan positif antara Konsep Diri terhadap Kedisiplinan yang menunjukkan F = 70,770, p = 0,000 (p <0,05). Peran signifikan positif dari Konsep Diri terhadap Kedisiplinan ditemukan t = 8,346, p = 0,000 (p <0,05). Kontribusi Efektif Konsep Diri terhadap Kedisiplinan menunjukkan 51,9%, dan sekitar (48,1%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis ditemukan peran signifikan positif Konsep Diri terhadap Kedisiplinan. Semakin tinggi skor Konsep Diri, semakin tinggi pula Kedisiplinan. Sebaliknya, semakin rendah Konsep Diri, maka rendah pula Kedisiplinan.

Kata Kunci: Konsep Diri, Kedisiplinan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Crow, Lester D. & Crow, Alice. 1984. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.

Danim, Sudarwan. 2007. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Zakiah. 1982. Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang.

Fitts, William H. 1965. Tennessee Self-Concept Scale Manual. Nashville, TN: Counselor Recordings and Tests.

Hurlock, Elizabeth B. 1997. Developmental Psycology A Life Span Approach. Fifth edition.

Hurlock, Elizabeth B. 2005. Child Development. Meitasari Tjandrasa (Penterjemah), Perkembangan Anak. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kartono, Kartini. 1992. Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis; Apakah Pendidikan Masih Diperlukan. Bandung: CV. Mandar Maju.

Prijodarminto. 1994. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Agama Suatu Pengantar. Bandung: Mizan.

Republik Indonesia. 2011. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Shadily, Hasan. 1980. Ensiklopedia Indonesia. Jilid 5. Jakarta: Ichtiar Baru-Van Hoeve.

Sobur, Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Widodo, Bernardus. 2013. Perilaku Disiplin Siswa Ditinjau Dari Aspek Pengendalian Diri (Self Control) Dan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Pada Siswa SMK Wonoasri Caruban Kabupaten Madiun. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandala, Madiun.

Yamin & Ansari 2008. Taktik Mengembangkan Individual Siswa. Jakarta: Putra Grafika.

Yusuf, Syamsu. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aikesari. 2008. Konsep Diri Perkembangan dan Pengaruhnya Terhadap Pencapaian Akademik Siswa [On Line]. Tersedia di http://www.aikesari.multiply.com (diakses pada 11 November 2015).

Rini, Jacinta F. 2002. Konsep Diri. Tersedia di http://www.e-psikologi.com. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
 

Editor and Administration Address

NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya
Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center) No. 24, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

Phone: (0536) 3226356
Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/
Email: jurnal-nalar@iain-palangkaraya.ac.id dan ihsan.mz@iain-palangkaraya.ac.id

 

Flag Counter