Manajemen Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat

Rama Wijaya Kesuma Wardhani

Abstract


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan lembaga nonstruktural yang dibentuk Negara untuk melaksanakan pengumpulan dana zakat di Indonesia. Badan Amil Zakat Nasional secara struktural memiliki perwakilan di setiap Provinsi di Indonesia. Lembaga ini didirikan berdasarkan Undang-Undang No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.  Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi dana zakat yang besar. Pengumpulan dana zakat, infak dan sedekah pada Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat mengalami peningkatan setiap tahun. Meningkatnya jumlah dana zakat yang terkumpul menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap BAZNAS Jawa Barat sudah baik. Keberhasilan Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat dalam meningkatkan pengumpulan zakat dari muzakki sangat ditentukan oleh manajemen komunikasi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan paradigma interpretif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teori manajemen strategis yang dikemukakan oleh Fred R David. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa terdapat tiga isu utama yang menjadi perhatian dalam manajemen komunikasi di BAZNAS Provinsi Jawa Barat sosialisasi dan publikasi, keterampilan berkomunikasi dan public relations pengurus BAZNAS Jawa Barat, dan jaringan kemitraan antar lembaga dan publik. Selain itu dalam proses manajemen komunikasi, evaluasi secara rutin dilakukan oleh BAZNAS Provinsi Jawa Barat untuk menjaga progres pelaksanaan program dan mencari solusi terhadap permasalahan komunikasi yang dihadapi. Model komunikasi dalam evaluasi rutin tersebut adalah dengan model spiral yang memungkinkan setiap individu dalam BAZNAS Provinsi Jawa Barat berkontribusi dalam memberikan masukan, ide, koordinasi, informasi, kritik, serta umpan balik.

Kata Kunci: Manajemen, Komunikasi, BAZNAS Jawa Barat


Full Text:

PDF

References


Ardha, Berliani. Social Media sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi Vol. 13 No. 1 tahun 2014.

Daulay, Abdul Hafidz dan Irsyad Lubis. Analisis Faktor Penyebab Keengganan Masyarakat Membayar Zakat melalui BAZIS/LAZ di Kota Medan: Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Medan Tambung. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol. 3 No. 4.

David, Fred R. 2012. Manajemen Strategis: Sebuah Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Yogjakarta: Graha Ilmu.

George, Belch dan George Michael. 2007. Adversiting and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspektive. New York: Mc- Graw Hill.

Hutapea. 2000. Public Relation sebagai Fungsi Manajemen. Majalah Widya Vol. 17 No. 179 tahun 2000.

Katuuk, Oktaviani Margareta, Nourm Mewengkang, dan Edmon R Kalesaran. Peran Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Eksistensi Sanggar Seni Vox Angelica. Jurnal Acta Diurna Vol. 5 No. 5 tahun 2016.

Mulyana, Dedy. 2010. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Pace, R Wayne dan Don Faules. 2006. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prasetya, Adi Damar. Strategi Komunikasi dalam Penggalangan Dana Lembaga Swadaya Masyarakat Kemitraan. Jurnal Komunikasi dan Realitas Sosial Vol. 2 No. 2 tahun 2011.

Rahadini, MD. Peran Public Relations dalam Membangun Citra Perusahaan melalui Program Corporate Social Responsibility. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 10 No. 1 tahun 2010.

Umar, Husein. 2008. Strategic Manajemen in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darmawan, Indra. 2003. Tidak Transparan, Badan Amil Zakat Tidak Dipercaya, diakses 12 Juli 2018 dari http://www.tempo.co/read/news/2003/11/01/05526782/Tidak-TransparaniBadan-Amil-Zakat-Tidak-Dipercaya




DOI: http://dx.doi.org/10.23971/njppi.v2i1.923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
 

Editor and Administration Address

NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya
Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center) No. 24, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

Phone: (0536) 3226356
Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/
Email: jurnal-nalar@iain-palangkaraya.ac.id dan ihsan.mz@iain-palangkaraya.ac.id

 

Flag Counter