Karakteristik Pendidikan Islam Periode Nabi Muhammad Di Makkah dan Madinah

Agung Ibrahim Setiawan, M. Al-Qautsar Pratama

Abstract


Perkembangan dan transformasi pendidikan Islam tidak terlepas dari peran Nabi Muhammad  saw. sebagai pendiri pondasi yang kuat terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat Kota Makkah dan Madinah. Corak pendidikan Islam pada periode Nabi Muhammad di Makkah dan Madinah menggambarkan bahwa beliau bukan saja berperan sebagai tokoh penyebar Islam saja namun juga sebagai kepala pemerintahan. Nabi Muhammad saw. mengajarkan pendidikan Islam pada masyarakat Makkah dan Madinah dengan metode yang berbeda. Hal ini tidaklah mengherankan karena tantangan yang di hadapi pada saat proses penerapan yang berbeda sehingga terciptalah corak yang khas antara keduanya. Selama kepemimpinan Nabi Muhammad saw. perkembangan pendidikan Islam berhasil mengubah pola pikir serta tindakan masyarakat Arab menjadi lebih beradab, beriman kepada Allah, berakhlak mulia, cerdas, berkarakter, dan lain sebagainya.

Keywords: Karakteristik, Pendidikan Islam, Rasullulah


Article Metrics

Abstract view : 4880 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 13049 times

References


Al-Ghadban. 1992. Syaikh Munir Muhammad, Manhaj Haraki Strategi Pergerakan dan Perjuangan Politik dalam Sirah Nabi SAW., Jakarta: Rabbani Press.

Aly, Heri Noer. 1999. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

D. Marimba, Ahmad. 1998. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Al Ma’arif.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya, Muqadimah.

Husain Haekal, Muhammad. 1972. Sejarah Hidup Nabi Muhammad, Jakarta: Tintamas.

Idris, Zahara. 1992. Pengantar Pendidikan, Jakarta: Grasindo.

Iqbal, Muhammad. 2015. Pola Pendidikan Islam Pada Periode Rasullulah, dalam JIPSA, Vol. 15. No. 17. November 2015.

Kamaruzzaman, 2007. Pola Pendidikan Islam Pada Periode Rasullulah: Makkah dan Madinah. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Nata, Abuddin. 2011. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.

Nizar, Samsul. 2001. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.

Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thohir, Ajid. 2014. Sirah Nabawiyah: Nabi Muhammad dalam Kajian Sosial Humianiora, Bandung: Penerbit Marja.

Zuhairini, dkk. 2008. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.23971/njppi.v2i2.958

Article Metrics

Abstract view : 4880 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 13049 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
 

Editor and Administration Address

NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya
Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center) No. 24, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

Phone: (0536) 3226356
Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/
Email: [email protected], [email protected][email protected]

 

Flag Counter