JUAL BELI RAMUAN TRADISIONALMASYARAKAT DAYAK PERSPEKTIF BELOM BAHADAT DAN ETIKA BISNIS SYARIAH (STUDI KASUS DI PASAR KAHAYAN KOTA PALANGKA RAYA)

Jefry Tarantang, Bella Mutiara Kasih

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian mengenai praktik jual beli masyarakat Dayak dalam menjual ramuan tradisional di pasar Kahayan kota Palangka Raya dilakukan para pedagang yang berumur di atas 55 tahun di karenakan kematangan pengetahuan yang dimiliki para pedagang, selain itu tidak semua masyarakat asli suku Dayak memiliki pengetahuan tentang ramuan tradisional ini, karena tidak ada sumber tertulis yang dapat dijadikan pedoman mereka. Hanya mengandalkan bakat turun-temurun dari para leluhur mereka. Etika jual beli masyarakat Dayak dalam berdagang ramuan tradisional adalah  terdapat penerapan falsafah Belom Bahadat pada praktik jual beli mereka. Peneliti menyimpulkan terdapat prinsip tolong-menolong yang amat kuat dan dijunjung tinggi oleh pedagang yang merupakan masyarakat adat Dayak, dengan slogan mereka yaitu Handep tuntung haduhup yang artinya menanggulangi masalah bersama dan saling tolong-menolong. Jual beli ramuan tradisional masyarakat dayak di Pasar Kahayan Kota Palangka Raya perspektif belom bahadat dan etika bisnis syariah terdapat adanya kesamaan antara filosofi Belom Bahadat, yaitu hidup bertata krama dan beradab dan hidup dalam kedamaian, kebersamaan, kesetaraan, keharmonisan, toleransi, menjunjung tinggi hukum dan kerja sama untuk meraih kesejahteraan bersama yang diaplikasikan dalam etika jual beli masyarakat Dayak dalam berdagang ramuan tradisional dengan etika bisnis syariah antara lain adanya prinsip Ketuhanan, rahmatan lil alamin (rahmat bagi seluruh alam), tahqiq ‘adl (me­wujudkan keadilan), nubuwwah (kenabian). As-siddiq (transparansi), freedom to act (kebebasan dalam bertindak dan berusaha) dan socio-profit oriented.

Keywords


ramuan tradisional, belom bahadat, dan etika bisnis syariah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Yatimin. Pengantar Studi Etika, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.

Ardiansyah, Panji. Etika Jual beli (Bagaimana Membangun Jual beli yang Beretika), Bantul Yogyakarta: PT. Anak Hebat Indonesia, 2017.

Ardiansyah, Panji. Etika Jual beli (Bagaimana Membangun Jual beli yang Beretika), Bantul Yogyakarta : Quadrant, 2017.

Arijanto, Agus. Etika Jual beli bagi Pelaku Jual beli, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2008.

Badan Perencana Pembangunan Daerah Kota Palangka Raya dan Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya, Kota Palangka Raya Dalam Angka (Palangka Raya City In Figures 2007, Palangka Raya: Grahamedia Design, 2007.

Batuallo, Salmon. Peranan Nilai Budaya Masyarakat Dayak Ngaju dalam Memelihara Lingkungan Di Provinsi Kalimantan Tengah, Pontianak : Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Pontianak, 2009.

Bertens, K. Pengantar Etika Jual beli, Yogyakarta : Penerbit Kanisius, 2000.

Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Dakhoir, Ahmad dan Itsla Yunisva Aviva. Ekonomi Islam dan Mekanisme Pasar (Refleksi pemikiran Ibnu Taymiyah), Jawa Timur: LaksBang Pressindo, 2017.

Darmanto, Muhammad. Praktik Etika dalam Transaksi Jual beli Masyarakat Muslim, Palangka Raya: STAIN Palangka Raya, 2011.

Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai (Pengumpulkan yang terserak, menyambung yang terputus, dan menyatukan yang tercerai, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2008.

Fathoni, Abdurrahman. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta : PT. Rineka Cipte, 2011.

Ibrahim. Metodologi Penelitian Kualitatif ( Panduan Peneliti beserta Contoh ProposaL Kualitatif), Bandung : Penerbit Alfabeta, 2015.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan untuk Wanita, Jakarta Selatan : Penerbit Wali Oasis Terrace Recident, 2014.

Keraf, Sonny. Etika Jual beli (Tuntunan dan Relevansinya), Yogyakarta :Penerbit Kanisius, 1998.

Khasanah, Nur. Etika Jual beli Perusahaan Industri Kecil Makanan Kering (Studi kasus di Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya kota Palangka Raya), Palangka Raya: STAIN Palangka Raya, 2014.

Kota Palangka Raya, Pemerintah, Selayang Pandang Kota Palangka Raya Tahun 2016, Palangka Raya: 2006.

Kusni Sulang, Belum Bahadathttp://jurnaltoddoppuli.wordpress.com/2012/04/25/belum-bahadat/ Diakses 15 Februari 2016.

Ma’ruf, Muhammad. Etika Jual beli Pedagang Muslim Suku Banjar di Samuda, Palangka Raya: STAIN Palangka Raya, 2012.

Miskawaih, Ibnu. Menuju Kesempurnaan Akhlak, Cet 3, Bandung: Mizan, 1995.

Moelong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Muhammad Aldio, Sejarah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (1950-1972) http://-coretcoretdoang.blogspot.co.id/2015/10/sejarah-kota-palangka-raya-kalimantan.html, diakses pada tanggal 07-05-2018.

Normuslim. Kerukunan Antarumat Beragama Keluarga Suku Dayak Ngaju, Palangka Raya : Penerbit Lembaga Dayak, 2014.

Pelu, Ibnu Elmi A.S., dan Jefry Tarantang. Interkoneksi Nilai-Nilai Huma Betang Kalimantan Tengah dengan Pancasila, Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, Volume 14, Nomor 2, Desember 2018.

Rivai,Veithzal, dkk. Islamic Business and Economic Ethics (Mengacu pada Al-Qur’an dan Mengikuti Jejak Rasulullah Saw dalam Jual beli, Keuangan, dan Ekonomi, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.

Sanaman Mantikei, Tjilik Riwut. Maneser Panatau Tatu Hiang (Menyelami Kekayaan Leluhur), Palangka Raya : Penerbit Pusakalima, 2003.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an) Volume 6, Jakarta : Lentera Hati, 2002.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an) Volume 1, Jakarta : Lentera Hati, 2002.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an) Volume 3, Jakarta : Lentera Hati, 2002.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an) Volume 2, Jakarta : Lentera Hati, 2002.

Siyok, Damianus, dan Etika, Tiwi. Mutiara Isen Mulang (Memahami Bumi dan Manusia Palangka Raya), Palangka Raya : PT. Sinar Bagawan Khatulistiwa, 2014.

Sugiyono. Metode Pelenitian Jual beli (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Penerbit Alfabeta, 2012.

Suprayogo, Imam, dan Tobroni. Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

T.T Suan dan Sulang, Kusni, dkk. Budaya Dayak Permasalahan dan Alternatif (Berdiri di Kampung Halaman Memandang Tanah Air Merangkul Dunia), Malang : Bayumedia, 2011.

Tarantang, Jefry. Menggali Etika Pengacara dalam Alquran, Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, Volume 11, Nomor 2, Desember 2015.

Tarmizi, Erwandi. Harta Haram Muamalat Kontemporer, Bogor : PT. Berkat Mulia Insani, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL AL-QARDH

JOURNAL AL-QARDH

Published by
Faculty of Islamic Economics and Business | Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
Jalan George Obos Komp. Islamic Centre,  Palangka Raya, Kal-Teng 73112, Indonesia

E-mail: al-qardh@iain-palangkaraya.ac.id
Phone: +6285248689402
Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/qardh

ISSN 2354 - 6034 (print) 
ISSN 2599 - 0187 (online)