تأثيراللعب التربوي فى تعليم اللغة العربية للفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الحكومية النموذجية بالنكارايا

Sri Sunarti, Ahmadi Ahmadi, Zainal Ilmi

Abstract


Abstrak

Belajar bahasa Arab masih kurang diminati oleh masyarakat jika dibandingkan dengan bahasa-bahasa yang lain. Hal ini dikarenakan umumnya bahasa Arab tidak menggema dalam lingkungan kehidupan sehari-hari. Untuk itu, guru perlu menciptakan suasana yang dapat menumbuhkan minat siswa yang tinggi untuk belajar bahasa Arab. Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dalam pembelajaran adalah dengan bermain. Dalam hal ini, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menarik minat dan mengaktifkan semua siswa dalam proses belajar-mengajar bahasa Arab. Dengan  kata lain, peran media permainan tidak kalah penting dengan peran kompetensi guru yang memadai dalam kompetensi. Adapun Rumusan Masalah penelitian ini yaitu: pertama, apa dampak positif dari permainan edukatif bahasa arab?. Kedua, apa dampak negatif dari permainan edukatif bahasa arab? Dan adapun tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mendeskripsikan tentang dampak positif permainan edukatif bahasa arab dan untuk mendeskripsikan tentang dampak positif permainan edukatif bahasa arab.

            Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan deskriftif kualitatif. Dan peneliti menggunakan metode angket, wawancara, dokumentasi dan observasi dalam pengumpulan data. Metodeangketdigunakan untukmendapatkandatatentang dampak dari permainan edukatif bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VII-4 dan guru bahasa Arab MTsN 1 Model PalangkaRaya. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh informasi dari siswa dan guru mengenai permainan bahasa. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dari dokumen-dokumen atau arsip-arsip yang ada di lokasipenelitian, dan Metode observasi digunakan untuk memperoleh data yang berhubungan dengan proses belajar mengajar bahasa Arab, metode yang digunakan dalam proses pembelajaran dan upaya guru dalam pengajaran bahasa Arab.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan edukatif bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII-4 MTsN 1 Model Palangka Raya memiliki dampak terhadap siswa maupun guru. Adapun dampak positif bagi siswa yaitu menarik minat siswa dalam belajar bahasa Arab, meningkatkan semangat siswa, meningkatkan daya ingat siswa dalam mengingat kosakata, mengajarkan siswa untuk bekerja sama, belajar bertanggung jawab atas hal yang harus di kerjakan, melatih kemandirian dan berinteraksi kepada teman sekelas, melatih konsentrasi, meningkatkan kemampuan mengingat dan memahami, melatih siswa menjadi lebih teliti dan berfikir dalam mengerjakan sesuatu, meningkatkan hasil belajar, menjadi pengalaman siswa dalam mengurangi kejenuhan belajar, melatih pengembangan ketekunan, melatih mengembangkan imajinasi dan kreativitas berfikir secara lebih luas, membentuk rasa percaya diri. Dampak positif bagi guru : Meningkatkan tingkat kekreatifan,Lebih mendekatkan hubungan antara guru dan siswa,Mencapai tujuan pembelajaran. Dan dampak negatif bagi siswa yaitu Menimbulkan keributan kelas, Mengurangi konsentrasi, Dapat membuat siswa lupa tujuan pembelajaran sebenarnya, Menimbulkan kejenuhan jika dilakukan berulang kali atau terus menerus. Adapun dampak negative bagi guru adalah Menyita waktu guru untuk mempersiapkan media permainan dan Memaksa guru untuk berfikir keras untuk menentukan macam permainan yang sesuai dengan materi dan tingkat usia siswa

Kata Kunci : Dampak Permainan Edukatif , Permainan Edukatif


Full Text:

PDF

References


المراجع

احمد عبد المجيد هريرى, الألعاب الكلامية اللسانية, مدينة: الناشير مكتبة الخانجى بالقاهرة, 1420 ه

الدكتور جودت الركابي. طرق تدريس اللغة العربية. دار الفكر. دمشق .1998

سوزانا مينر, سيكولوجية اللعب, صدرت السلسلة فى يناير 1978 بإشراف أحمد مشاري العدواني 1990-1923

محمود كامل الناقى, تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى, جامعة أم القرى: مكة المكرمة, 1985 م-1405 ه

مصطفى غلايين، جامع الدروس العربية، بيروت: العصرية 2005

Ahmadi, Abu, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV. Pustaka Setia, 1997.

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta:PT.Rineka Cipta, 2003.

Arsyad, Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Beberapa Pokok Pikiran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Dimyati, dkk., Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Djamarah, Syaiful, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. 3, 2011.

Furchan, A, PengantarPenelitiandalamPendidikan,Yogyakrta:PustakaPelajar Offset,2004.

Hamalik, Oemar Psikologi Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo, cet. 3, 2002.

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2011.

Hilda Karli, dkk, Implementasi KTSP dalam Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Generasi Info Media, 2007.

Mahmud, Ahmad Fuad, ‘Ulyan،al-Maharah al-Lughowiyah، Mahiyatuha wa Turuqu Tadrisuha، Riyadh: Darul Muslim, 1992.

Mustofa, Syaiful, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, UIN Maliki Press, Malang, 2011.

Nuha, Ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Diva Press, Cetakan Pertama, 2012.

Rahmawati, Nailur dan Fathul Mujib, Metode Permainan-Permainan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab, Jogjakarta: Diva Press, 2011.

Roestiyah, Masalah Pengajaran sebagai Suatu Sistem, Jakarta: PT. Bina Aksara, 1986.

Rosyidi, Abdul Wahab, Media Pembelajaran Bahasa Arab, UIN Malang Press, 2009.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet. Keempat, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Sukamto, Imanuddin, Tata Bahasa Arab Sistematis, Yogyakarta: Nurma Media Idea, 2008.

Sukmadinata,N.S, MetodePenelitianPendidikan, Bandung:RemajaRosdakarya, 2008.

Sunendar, Dadang dan Iskandarwassid, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cetakan Pertama, 2008.

Tarigan, Henry Guntur, MembacaSebagaiSuatuKeterampilanBahasa, Bandung: Angkasa, 1994.

___________________, Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkas, 1985.

___________________, Psikolinguistik, Bandung: Angkasa, 2009.

Wahyudi, Agus, Aku Cinta Bahasa Arab 4, Bolo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2010.

Wahyudi, Erta dan Aziz Fakhrurrozi, Pembelajaran Bahasa Arab, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Cet. 2 Edisi Revisi, Jakarta Pusat, 2012.

http://nanoazza.wordpress.com/2008/07/03/pembelajaran-kosakata-bahasa-arab/ (20 April 2016)




DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v5i1.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

Google ScholarMoraRef


Tool:

Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya is published by Arabic Education Departement (PBA), the Faculty of Education and Teacher Training (FTIK),  State Islamic Institut (IAIN) of Palangka Raya in partnership with IMLA (Association of Arabic Lecturers).

Editor and Administration Address:

Arabic Education Departement (PBA), the Faculty of Education and Teacher Training (FTIK),  State Islamic Institut (IAIN) of Palangka Raya, Jalan G. Obos Komplek Islamic Centre Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73111.Email: jurnalaltarib@gmail.com/attarib@iain-palangkaraya.ac.id, Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/tarib


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats