Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Al-Aflah?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

FORMAT UMUM PENULISAN


  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik, benar, jelas, lugas, dan ringkas.

  2. Naskah dibuat menggunakan Microsoft Word dengan�fon Arial 10 pt, page size�A4; margin kanan, kiri, atas, bawah secara berurutan adalah 3 cm, 4 cm, 4 cm, 3 cm; naskah menggunakan 1,5 spasi dengan�spacing after before�0 cm.

  3. Jarak antarsubjudul, yaitu 1,5 spasi

  4. Naskah diberi nomor halaman mulai dari halaman judul.

  5. Nomor halaman diletakkan di bagian sudut kanan bawah artikel, dengan fon Arial 9 pt.

  6. Naskah terdiri dari 4000-6000 kata.�

  7. Jika naskah menggunakan bahasa Indonesia, istilah dalam bahasa asing yang belum diserap menjadi bahasa Indonesia diketik miring.

  8. Simbol matematika diketik miring.

  9. Kutipan menggunakan footnote. Fon Arial 8 pt.

  10. Tabel dan gambar dapat disisipkan di tengah-tengah pembahasan.

  11. Judul tabel diketik di atas tabel, sedangkan judul gambar diketik di bawah gambar. Keduanya diketik dengan fon Arial 10 pt, capitalize each word, dengan rata tengah.

  12. Tulisan �Tabel 1� dicetak tebal dengan menggunakan ketentuan penomoran dari 1, 2, 3, dan seterusnya. Tulisan �Gambar 1� dicetak tebal dengan menggunakan ketentuan penomoran angka 1, 2, 3, dan seterusnya.

  13. Naskah terdiri dari 3 bagian utama, yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir.


FORMAT KHUSUS PENULISAN

  1. Bagian Awal

  1. Judul

  1. Judul bersifat ekspresif, informatif, serta sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis.

  2. Judul ditulis dengan�fon�Arial 14 pt,�uppercase, tidak digarisbawahi, dicetak tebal, dan rata tengah.

  3. Judul terdiri dari maksimal 25 kata tidak termasuk spasi.

  4. Judul tidak ditulis di antara tanda kutip (�), tidak diakhiri tanda titik (.), diperbolehkan menggunakan titik dua (:), tanpa singkatan tidak baku.

  1. Subjudul

  1. Subjudul ditulis dengan�capitalize each word,�font�Arial 12 pt, cetak tebal, dan rata tengah. Subjudul bersifat opsional.

  2. Nama penulis, asal Institusi penulis, dan email penulis. Ditulis dengan�fon�Arial 10 pt,�capitalize each word, cetak tebal, dan rata tengah. Nama tidak boleh disingkat dan tanpa menyertakan gelar. Di bawah nama penulis, diketik asal institusi dan email penulis dengan�fon�Arial 10 pt, rata tengah, dan�capitalize each word. Asal institusi ditulis dari jenjang terkecil. Misal, menyebutkan program studi dahulu, fakultas, lalu universitas.

  1. Abstrak

  1. Abstrak merupakan intisari seluruh tulisan yang meliputi latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan.

  2. Abstrak ditulis dengan�fon�Arial 10 pt, dan rata kiri-kanan.

  3. Panjang abstrak tidak lebih dari 250 kata dengan tidak menuliskan kutipan pustaka.

  4. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

  5. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci sebanyak maksimal 3-5 kata kunci ditulis atau diketik dari topik yang paling penting.

  6. Abstrak berbahasa Indonesia dan kata kunci ditulis tegak sedangkan abstrak berbahasa Inggris dan�keyword�ditulis miring (italic).

  7. Kata �Abstrak� yang digunakan sebagai judul ditulis dengan�fon�Arial 10 pt,�uppercase, rata tengah, dan cetak tebal. Cetak miring khusus untuk judul abstrak dalam bahasa Inggris.

  8. Kata �Kata Kunci� dan tanda titik dua (:) ditulis cetak tebal. Hal ini berlaku juga untuk �Keywords�.

  1. Bagian Inti

Ditulis denganfon�Arial 10 pt,�rata kiri-kanan. Judul tiap bagian ditulis dengan�fon Arial 10 pt,�uppercase, cetak tebal, dan rata kiri. Judul tiap subbagian ditulis dengan�fon�Arial 10 pt,�capitalize each word, cetak tebal, rata kiri.

  1. Pendahuluan

  1. Tuliskan latar belakang atas isu atau permasalahan, urgensi, dan rasionalisasi penelitian, rumusan, tujuan dari penelitian, serta manfaat atau kontribusinya pada bidang tertentu, merujuk dari berbagai sumber pustaka.

  2. Jelaskan hal-hal spesifik dalam penelitian.

  3. Jelaskan kebijakan yang mungkin timbul atau implikasi yang mungkin diterapkan sebagai hasil dari penemuan tersebut (hanya jika hal tersebut relevan).

  4. Tuliskan penjelasan mengenai penelitian terkait yang telah lebih dulu dipublikasikan (jika ada).

  5. Jelaskan apakah penelitian mendukung atau memperluas hasil penelitian yang sudah ada atau justru menyanggah hasil penelitian sebelumnya.

  6. Tuliskan tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada).

  1. Metode

  1. Jelaskan desain penelitian (bagaimana survei/observasi/pengukuran dilakukan, termasuk durasi, tempat, dan waktu penelitian).

  2. Jelaskan teknik untuk memperoleh data/informasi.

  3. Tuliskan populasi dan sampel, bahan, dan alat yang digunakan.

  4. Jelaskan cara pengolahan data dan teknik analisis yang digunakan.

  5. Gunakan kalimat pasif dan kalimat narasi, bukan kalimat perintah.

  1. Pembahasan

  1. Berisi jawaban masalah penelitian atau menunjukkan pencapaian tujuan penelitian, dengan cara menafsirkan/menganalisis hasil penelitian, juga membandingkan hasil penelitian dengan hasil dari penelitian-penelitian yang dipakai sebagai referensi.

  2. Jelaskan data yang diperoleh dari survei/observasi/pengukuran.

  3. Jelaskan analisis/pengolahan data yang diperoleh dari survei/observasi/pengukuran.

  4. Jelaskan hasil pengolahan data.

  5. Jelaskan hasil interpretasi penemuan atau kemanfaatan secara logis, serta mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan.

  6. Kajilah kesesuaian hasil dengan teori-teori yang dipakai.

  7. Jelaskan arti kemaknaan statistik (misal p<0.001, apa artinya?), jika ada.�

  1. Kesimpulan

  1. Berisi hasil analisis dan/atau sintesis atas hasil penelitian dan pembahasan serta berisi jawaban atas pertanyaan penelitian.

  2. Menuliskan keterbatasan penelitian, serta kemungkinan pengembangan penelitian yang bisa dilakukan oleh pihak lain untuk mengembangkan hasil yang sudah diperoleh.

  3. Dituliskan dalam bentuk esai.

  4. Tidak mengandung data angka hasil penelitian.

  5. Terdiri atas maksimal tiga paragraf.

  1. Bagian akhir

Diketik dengan rata kiri-kanan,�dan�fon Arial 10 pt. Bagian akhir terdiri dari daftar pustaka, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Daftar Pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah, harus muncul dalam daftar pustaka.

  2. Penulisan naskah dan sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager), seperti Mendeley dan sebagainya.

 

Copyright Notice

In order to be accepted and published by Al-Aflah author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)