IDENTIFIKASI DAN ANALISA RISIKO DALAM INDUSTRI LEMBAGA KEUANGAN NON-BANK

Ramadan Ramadan, Farhann Yusuf Maulana, Muhammad Yahya, Rizky Fajar Setiawan

Abstract


Sebagian orang memahami bahwa uang dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu bank dan bukan bank. Perbedaan antara keduanya didasarkan pada jumlah uang yang dimiliki. Dalam hal mendapatkan dana, dipahami bahwa bank dapat memperoleh dana dari masyarakat setiap saat, baik jangka panjang maupun jangka pendek, meskipun lembaga keuangan, tidak hanya bank, dapat memperoleh dana dari masyarakat setiap saat. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisa risiko dalam industri lembaga keuangan non-bank. Penelitian ini merupakan termasuk dalam penelitain kepustakaan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Industri syariah di seluruh dunia telah berkembang dengan sangat cepat. Berbagai negara telah mulai menjalankan ekonomi syariah, baik negara dengan mayoritas Muslim maupun minoritas Muslim. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi pusat ekonomi Islam dunia, bukan untuk menarik cadangan dari negara-negara Islam, tetapi lebih-lebih untuk menarik simpanan dari para spekulan dunia yang menyadari bahwa ekonomi Islam membawa kebaikan bagi perekonomian dunia. Di antara Lembaga-lembaga keuangan non-bank yang paling penting dewasa ini yaitu asuransi dan pegadaian. Kedua lembaga ini memilik peranan penting dalam perkembangan industri Syariah khususnya.


Keywords


Lembaga Keuangan; Asuransi; Pegadaian;

Article Metrics

Abstract view : 109 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 122 times

References


Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia. “Mengenal Asuransi Jiwa Dwiguna,” 2023. https://aaji.or.id/Articles/mengenal-asuransi-jiwa-dwiguna.

Haryanto, Joko Tri. Wacana Mengenai Asuransi Syariah, 2010.

Mutia, Annissa. “Perkembangan Industri Keuangan Syariah RI Tebaik Kedua Di Dunia Pada 2021.” Databoks, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/11/perkembangan-industri-keuangan-syariah-ri-tebaik-kedua-di-dunia-pada-2021.

OJK. “Asuransi Jiwa Seumur Hidup,” 2023. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/132.

Pegadaian. “Sejarah Pegadaian,” 2023. https://www.pegadaian.co.id/profil/sejarah-perusahaan.

Perkoppi. “Pertumbuhan Positif Atas Industri Asuransi Di Indonesia,” 2021. https://www.perkoppi.or.id/qna/pertumbuhan-positif-atas-industri-asuransi-di-indonesia.

Setiono, Betsy. “Peran Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Surabaya Dalam Perolehan Hak Merek Bagi Usaha Kecil Menengah Inovatif,” 2013. https://repository.unair.ac.id/16226/.

Wiwoho, Jamal. “Peran Lembaga Keuangan Bank Dan Lembaga Keuangan Bukan Bank Dalam Memberikan Distribusi Keadilan Bagi Masyarakat.” Masalah-Masalah Hukum 43, no. 1 (2014): 87–97. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mmh/article/view/9028.




DOI: https://doi.org/10.23971/al-aflah.v2i2.6875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Farhann Yusuf Maulana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Aflah

Published by
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya

Jl. G. Obos (Kompleks Islamic Center), Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

Email: [email protected]
Phone:+6285332103019
Websitehttps://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/Al-Aflah