The Islamic Guidance and Counseling Service Management at MAN Kotawaringin Timur
Abstract
Penelitian ini mempunyai latar belakang adanya semua tenaga pelaksana Bimbingan dan Konseling tidak berpendidikan khusus Bimbingan dan Konseling Islam, rasio guru Bimbingan dan peserta didik yang tidak ideal, dan meningkatnya kasus siswa yang melanggar nilai-nilai Islam. Rumusan masalah mengenai perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian layanan bimbingan dan konseling berbasis Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan manajemen layanan Bimbingan dan Konseling berbasis Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berpedoman pada analisis interaktif model Miles dan Michael Huberman. Hasil penelitian Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling berbasis Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur menunjukkan bahwa tahap perencanaan program dalam layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur telah dilakukan menggunakan aplikasi IKMS versi 3.7 yang berpedoman pada nilai-nilai Islam. Pada tahap pelaksanaan layanan dasar dilakukan secara responsif dan berpedoman pada nilai-nilai Islam. Pada tahap pelaksanaan layanan pendukung berpedoman pada nilai-nilai Islam. Tahap pengendalian mengacu pada LAPELPROG (Laporan Pelaksanaan Program) Bimbingan dan Konseling pada hakikatnya berpedoman pada nilai-nilai Islam. Sehingga dapat dikatakan bahwa layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur berbasis Islam dan bersifat sewaktu-waktu
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 127 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 65 timesReferences
ABKIN, Panduan Khusus Bimbingan dan Konseling: Pelayanan Arah Peminatan Peserta Didik, Jakarta: ABKIN, 2013.
Dudi, Josef, Materi PLPG: Bimbingan dan Konseling, Palangkaraya: LPTK Rayon 18, 2011.
Mashudi, Farid, Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi Bimbingan dan Konseling, Yogyakarta: DIVA Press, 2015.
Hasibuan, Malayu, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Husaini Usman, Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan edisi 4, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Kemendikbud, Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Menengah Atas (SMA), Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, 2016.
Kurniadin, Dindin dan Machali, Imam, Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Latipun, Psikologi Konseling, Malang: UMM Press, 2010.
Mamat Supriatna, Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi: Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor edisi Revisi, Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Moleong, Lexy, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Sarbini, Perencanaan Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Shulhan, Muwahid dan Soim, Manajemen Pendidikan: Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, Yogyakarta: 2013.
Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyo, Manajemen Bimbingan dan Konseling, Semarang: Widya Karya, 2011.
Tim Penyusun, Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA), Jakarta: Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, 2016.
DOI: https://doi.org/10.23971/tf.v6i1.1170
Article Metrics
Abstract view : 127 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 65 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Transformatif (Islamic Studies) is published by Palangka Raya State Islamic Institute
Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73111, Email: transformatif2017@gmail.com, Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF
Transformatif (Islamic Studies) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.