KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERPENDIDIKAN STRATA DUA (S-2) PADA SMA/SMK DI KOTA BANJARMASIN
Abstract
Permasalahan yang diteliti di sini ialah bagaimana kinerja guru pendidikan agama Islam berpendidikan S-2 pada SMA/SMK di kota Banjarmasin dan apa saja faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kompetensi tersebut. Penelitian ini bersifat studi kasus dengan meneliti sebanyak 7 orang guru Pendidikan Agama Islam yang berpendidikan S-2. Untuk mendapatkan data lapangan digunakan teknik utama yaitu observasi dan wawancara ditambah studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, di ketahui bahwa kinerja guru Pendidikan Agama Islam yang berpendidikan S-2 pada SMA/SMK di kota Banjarmasin secara keseluruhan pada 7 orang yang diteliti sudah baik, terutama dalam hal kemampuan pedagogik, kemampuan menciptakan dan membangun suasana belajar kondusif, kemampuan berkomunikasi, serta kemampuan sosial. Kemampuan pedagogik ditandai dengan pemahaman terhadap ilmu pendidikan, penguasaan materi, penggunaan metode, strategi dan media pengajaran. Kemampuan menciptakan suasana belajar kondusif ditandai dengan membangun hubungan yang baik dengan kepala sekolah, sesama guru juga siswa. Kemampuan berkomunikasi ditandai dengan terus berusaha memperluas wawasan dan menjalin hubungan dengan orangtua siswa atau komite sekolah. Kemampuan sosial ditandai dengan aktif dalam kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan.
Faktor yang mempengaruhi kinerja guru pendidikan agama Islam berpendidikan S-2 pada SMA/SMK di kota Banjarmasin yang positif dan mendukung ialah latarbelakang pendidikan, baik pendidikan S-1 ke bawah maupun program studi yang dipilih dalam S-2, komitmen pengabdian dan rasa tanggungjawab sebagai guru pendidikan agama Islam untuk mengabdi kepada masyarakat di mana mereka berdomisili. Sedangkan faktor yang dianggap masih kurang adalah terbatasnya waktu, sarana dan keterbatasan kemampuan untuk mengabdi sesuai kebutuhan masyarakat. Kata kunci: Kinerja, Guru Pendidikan Agama Islam, Strata DuaKeywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 458 times | PDF view : 212 timesReferences
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar – Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, cet. ke-2, (Bandung: Refika Aditama, 2007).
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, cet. ke-4, (Jakarta: Kalam Mulia, 2005).
Rose, Colin dan Malcolm J. Nicholl, Cara Belajar Abad XXI, terj. Dedy Ahimsa, cet. ke-1, (Bandung: Nuansa, 2002).
Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, cet. ke-12, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003).
DOI: https://doi.org/10.23971/tf.v3i2.1650
Article Metrics
Abstract view : 458 timesPDF - 212 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sulaiman Sulaiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Transformatif (Islamic Studies) is published by Postgraduate IAIN Palangka Raya
Editor and Administration Address:
Editor and Administration Address:
Building Pascasarjana, IAIN Palangka Raya, G. Obos St., Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73112
email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License