STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 66 GANTARANG KABUPATEN SINJAI

Miftakul Khoiri

Abstract


Saat ini dunia tengah dihadapkan pada permasalahan yang mempengaruhi segala sektor termasuk dunia pendidikan dengan adanya wabah covid-19. Maka guru memiliki pekerjaan ekstra agar proses pendidikan berjalan maksimal dengan menggunakan beberapa metode pengajaran yang sesuai dengan kondisi saat ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sejauh mana usaha atau peranan para guru didalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan diluar ruang kelas bertujuan agar segala kebutuhan peserta didik seperti kebutuhan akademik, psikologis, rasa nyaman, dapat terpenuhi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis data. Penulis melakukan analisis terhadap kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran ditengah pandemi covid-19 dan strategi belajar yang digunakan oleh para guru dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Peneliti menganalisis bagaimana strategi yang digunakan oleh para guru di SD Negeri 66 Gantarang dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta agar kebutuhan belajar peserta didik dapat terpenuhi.


Keywords


Strategi, Kebutuhan, dan Peserta didik

Article Metrics

Abstract view : 88 times |

References


Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. PT Remaja Rosdakarya.

Bagaimana Pembelajaran yang Sesuai Kebutuhan Siswa. (t.t.). Diambil 6 Maret 2021, dari http://novehasanah.blogspot.com/2017/09/pembelajaran-sesuai-kebutuhan-siswa.html

Djunaidi, M, and M. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Meida.

Hsubky, B. (2014). Identifikasi Kebutuhan Siswa Dan Tehnik Pembelajaran. journal of islamic education, 7 No 2, 17.

Jones, Vern, and L. J. (2012). Komprehensif, Manajemen Kelas. Kencana.

Kiat Sukses Menjadi Guru Yang Menyenangkan | Diones Aliaski Blog. (t.t.). Diambil 6 Maret 2021, dari https://dionesaliaski.wordpress.com/pendidikan/islami/kiat-sukses-menjadi-guru-yang-menyenangkan/

Musfah, J. (2015). Redesain Pendidikan Guru Teori, Kebijakan dan Praktik. Prenadamedia Group.

Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Kencana.

Nurdin, Syafruddin, and A. (2016). Kurikulum Dan Pembelajaran. Rajawali Pers.

Nurlia. (2020). Hasil Wawancara.

Pendidikan yang Menggugah dan Menggairahkan di Tengah Covid-19. (t.t.). Diambil 6 Maret 2021, dari https://edukasi.kompas.com/read/2020/05/02/120848771/pendidikan-yang-menggugah-dan-menggairahkan-di-tengah-covid-19

Rahma. (2020). Hasil Wawancara.

Rianto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Baru Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Prenadamedia Group.

Rivai, Veitzhal, and S. M. (2012). Education Management: Analisis Teori Dan Praktek. Rajawali Pers.

Rohani, Ahmad, and A. Ahmadi. (1995). Pengolaan Pengajaran. Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadamedia Group.

Sardiman. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Wena, M. (2008). Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.

Wiyani, N. A. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.23971/tf.v5i1.2773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Transformatif (Islamic Studies) is published by Palangka Raya State Islamic Institute

Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73111, Email: transformatif2018@gmail.com, Website: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF


Flag Counter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats