Pesantren and Quality of Education: A Qualitative Analytical Study of the Existence of Pesantren in Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23971/tf.v6i1.3944Keywords:
Pesantren, Mutu Pendidikan, Manajemen Mutu TerpaduAbstract
Riset ini memfokuskan pada respon kelembagaan pesantren dalam membangun kesesuaian mutu kependidikan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Di dalamnya terdapat fenomena upaya membangun mutu kependidikan pesantren di dalam bingkai Total Quality Management (TQM). Oleh karenanya, riset ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan kerangka dasar tata kelola mutu pendidikan pesantren. Data riset ini diperoleh dari sumber-sumber kepustakaan yang dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Riset ini menemukan bahwa mutu pendidikan pesantren perlu disesuaikan dengan laju perkembangan kebutuhan masyarakat secara terus menerus. Pola ini menjadikan pucuk pimpinan (kiai) berada di bawah yang menjadi melayani pimpinan yang berada di level menengah; dan pimpinan menengah juga melayani ustadz/ustadzah, dan ustadz/ustadzah harus melayani kebutuhan santrinya. Bahkan, pesantren perlu melakukan perbaikan berkesinambungan malalui siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act) yang dikenal dengan lingkaran Deming. Siklus ini terdiri dari langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan rencana, pemeriksaan hasil pelaksanaan rencana, dan tindakan korektif terhadap hasil yang diperoleh.References
Abd A
Agus Susilo & Ratna Wulansari, Sejarah Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam 20(2) 2020, 83-96.
Ahmad Fauzi, Persepsi Barakah di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong: Studi Interaksionisme Simbolik, al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 17(1) 2017, 105-132.
Aqib Suminto, Politik Islam Hindia Belanda, (Jakarta: LP3ES, 1985).
Daulat P. Tampubolon, Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Ke-21, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001)
David L. Goetsch & Stanley B. Davis, Quality Management: Introduction to Total Quality Management for Production, Processing, and Service, (New Jersey: Prentice-Hall, Inc., 2000), 48-49.
Desi Rosyita, dkk., Traditional Pesantren Curriculum and Learning Culture as Tafaqquh Fiddin in Roudhotul Ulum Islamic Boarding School, Cakrawala Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Penelitian 5(1) 2021, 39-52.
DW. Ariani, Manajemen Kualitas, (Yogyakarta: Universitas Atma Jaya, 1999).
Edward Sallis, Total Quality Management in Education, (London: Kogan Page Limited, 1993).
Fandy Tjiptono & Anastasia Diana, Total Quality Management, (Yogyakarta: Andi, 2009)
Fatiyah Sudarmo, Historiografi Pesantren di Indonesia, Historia Madania: Jurnal Ilmu Sejarah 5(1) 2021, 65-80.
Harry J. Benda, Bulan Sabit dan Matahari Terbit, (Jakarta: Pustaka Jaya, 1983).
Helwida, dkk., Peran Life Skill dalam Menumbuhkan Wawasan Kemandirian Santri SMP IT as-Syifa Boarding School Wanareja Subang, Rayah al-Islam 5(1) 2021, 113-128.
Iqbal Fahri, Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pesantren, al-Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum, dan Pendidikan 5(1) 2020, 291-302.
Jamaludin Malik, Pemberdayaan Pesantren, Menuju Kemandirian dan Profesionalisme Santri dengan Metode Daurah Kebudayaan, (Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005).
Jerome S. Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, Peterj.: Yosal Iriantara, (Yoyakarta: Pustaka Pelajar, 2007).
Kusnandi, Integrasi Kurikulum Berbasis Pesantren pada Lembaga Pendidikan, Jurnal Kependidikan 5(2) 2017, 279-297.
Lesley Munro-Faure & Malcolm Munro-Faure, Menerapkan Manajemen Mutu Terpadu, Peterj.: Sularno Tjiptowardjo, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 1999).
Marshal Sashkin & Kisser, Putting Total Quality Management to Work, (San Francisco: Berret-Kohler Publisher, 1993).
MN Nasution, Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2001).
Mohammad Makinuddin, Penjaminan Mutu Pendidikan Pesantren, Miyah: Jurnal Studi Islam 15(2) 2019, 239-256.
Muhammad Fadhil, Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan, Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1(2) 2017, 215-240.
Muhtarom HM., Kontribusi Pesantren pada Sekolah/Madrasah Elite, Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam 7(1) 2019, 1-16.
Mujamil Qomar, Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, (Jakarta: Erlangga, 2005).
Novrizal 7 Ahmad Faujih, Sejarah Pesantren dan Tradisi Pendidikan Islam di Indonesia, al-Fikrah 2(1) 2022, 1-13.
Robert H. Lauer, Perspektif Tentang Perubahan Sosial, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1993).
Rudi Suardi, Sistem Manajemen Mutu ISO 9000:2000, Penerapannya untuk Mencapai TQM, (Jakarta: PPM, 2001).
Sahirul Alim, Peran Pesantren Nurul Hakim Kediri dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat, Muslimpreneur: Jurnal Ekonomi dan Kajian Keislaman 2(1) 2022, 43-62.
Siti Aisyah, dkk., Kiai Leadeship Concept in the Scope of Pesantren Organizational Culture, Tafkir: Interdiciplinary Journal of Islamic Education 3(1) 2022, 40-59.
Suryadi Poerwanegara, Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002).
Tony Bush & Marianne Coleman, Manajemen Strategis: Kepemimpinan Pendidikan, Peterj.: Fahrurrozi, (Yogyakarta: IRCiSoD, 2010).
Wafiqul Umam, Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Pondok Pesantren, Attractive: Inovative Educational Journal 2(3) 2020, 61-69.
Zainal Arifin Thoha, Runtuhnya Singgasana Kiai NU, Pesantren dan Kekuasaan: Pencarian Tak Kunjung Usia, (Yogyakarta: Kutub, 2003).
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by the Journal Transformatif (Islamic studies), authors who submit article manuscripts must complete all review stages. By submitting the manuscript, the author agrees to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) before and during the submission process, as this can result in productive exchange, as well as earlier and greater citation of the published work. (See Impact of Open Access)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License