Jam’iyah Diba’iyah: Internalization of Character Education Values for Youth at Nurul Adha Mosque Darmo Kali Wonokromo Surabaya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 136 times | PDF view : 80 timesReferences
Agustina, A, E A Ismaya, and ... 2021. “Makna Tradisi Barikan Bagi Pendidikan Karakter Anak Desa Sedo Demak.” Jurnal Educatio FKIP … 7 (3): 1213–22. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1355.
Ahmad Fahrurrozi. 2022. “Perkembangan Dan Penanaman Nilai Agama Pada Masa Remaja.” An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam 2 (1): 52–61. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v2i1.32.
Alwi, B. Marjani. 2016. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Penguatan Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 16 (2): 205–19. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/509.
Andani, Fitri, and Sri Wah Yuni. 2020. “Hubungan Kualitas Kelekatan Dengan Kemandirian Remaja Yang Dibesarkan Oleh Orang Tua Tunggal.” Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi 1 (3): 157. https://doi.org/10.24014/pib.v1i3.9873.
Arif, Muhamad, Jesica Dwi Rahmayanti, and Fitri Diah Rahmawati. 2021. “Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13 (2): 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802.
Aulia Kartikasari, Cindy. 2022. “Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma.” ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 2 (2): 7–17. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.3880.
Aziz, Hamdan Abdul, Shajaratuddar, and Budi Handrianto. 2023. “Pendidikan Karakter Dalam Islam: Solusi Untuk Dekadensi Moral Generasi Muda.” Journal of Management in Islamic Education 4 (1): 73–80. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i1.9385.
Casika, Ajeng, Alen Lidia, and Masduki Asbari. 2023. “Pendidikan Karakter Dan Dekadensi Moral Generasi Alpha.” Jurnal Manajemen Pendidikan 1 (1): 26–33. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/5648.
çimen, sabri, Faiz Albar Nasution, and Mokhammad Samsul Arif. 2020. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia 12 (2): 6. https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/3955.
Erni, Erni, and Muhamad Alim Ka’batul Asror. 2022. “Degradasi Moral Di Kalangan Pemuka Agama.” Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora 13 (2): 237. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54004.
Fikriyah, Samrotul, Annisa Mayasari, Ulfah Ulfah, and Opan Arifudin. 2022. “Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying.” Jurnal Tahsinia 3 (1): 11–19. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.306.
Kulsum, Ummi, and Abdul Muhid. 2022. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Digital.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 12 (2): 157–70. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287.
Lexy J. Moleong, (2010), Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya.
Listari, Lasmida. 2021. “Dekadensi Moral Remaja (Upaya Pembinaan Moral Oleh Keluarga Dan Sekolah).” Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora 12 (1): 7. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i1.46320.
Marzuqi, Ahzab. 2022. “Internalisasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Diniyah Takmiliyah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7 (1): 61–76. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8351.
Muharam, Agus, Wina Mustikaati, Mega Rosafina, Nevi Septiani, and Rofatannuroh. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas V Di SDN Sindangkasih 01.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (6): 10417–26.
MZ, Ahmad Murtaza, and Muhammad Mulkan. 2021. “Makna Toleransi Perspektif Tafsir Al-Burhan Di Dalam Surat Al-Kafirun.” J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam 6 (1): 65. https://doi.org/10.35329/jalif.v6i1.2214.
Nasir, et, Al. 2023. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title” 9 (1): 356–63. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i1.
Prasetyo, Teguh, Zulela M.S, and Fahrurrozi Fahrurrozi. 2021. “Analisis Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (6): 3617–28. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.669.
Priasti, Silvia Nur, and Suyatno Suyatno. 2021. “Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7 (2): 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211.
Puspitasari, Sismonika. 2021. “State Realization Importance Of Youth Generations As a State Belonging Feelings’.” Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development 3 (1): 72–79.
Putri, Rizkiana, Murtono Murtono, and Himmatul Ulya. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin Dan Ipin.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 (3): 1253–63. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401.
Rahim, Abdur, Nur Alimatul Zahro, M. Baldan Al-Kautsar, Wiwin Saputra, and Muthia Nabilah. 2024. “Peran Ma’had Al-Zaytun Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 8 Tahun 2015.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7 (3): 2872–77. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4108.
Rosyad, Ali Miftakhu, and Muhammad Anas Maarif. 2020. “Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491.
Sanger, Alan Hubert Frederik, and Juwinner Dedy Kasingku. 2023. “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Remaja Di Era Digital.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (2): 58–66.
Sari, Fransiska Faberta Kencana, and Stefanus Maranta Lahade. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Basicedu 6 (1): 797–802. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1973.
Sari, Sioratna Puspita, and Jessica Elfani Bermuli. 2021. “Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7 (1): 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150.
Shokouhi, Mohammad Ajzae, and Sajedeh Baghban. 2021. “یهوژپ هدنیآ دركیور اب دهشم رهش رد یرهشرادیاپ هعسوت رب رثؤم لماوع تخانش ) 2 و 1 یرهش قطانم : هعلاطم دروم( 2” 6 (3): 25–40.
Siahaan, Nysa Maydina, Kristin Paulina Turnip, Fri Silvia Simanjuntak, and Frinawaty Lestarina Barus. 2022. “Analisis Makna Leksikal Pada Slogan-Slogan Di SMP Negeri 35 Medan.” Kode : Jurnal Bahasa 11 (2): 1–10. https://doi.org/10.24114/kjb.v11i2.35941.
Suharsimi Arikunto, (2013), Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka Cipta
Sunariyadi, Nyoman Sri, and Ida Ayu Made Yuni Andari. 2021. “Implikasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Karakter Anak Usia Dini.” Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 49–60. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.266.
Susanti, Essy, and Imam Qalyubi. 2019. “Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Dasar.” Journal Um Palangkaraya 4 (2): 23–30.
Syafeie, Ahmad Khomaini. 2020. “Internalisasi Nilai-Nilai Iman Dan Taqwa Dalam Pembentukan Kepribadian Melalui Kegiatan Intrakurikuler.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 5 (1): 60–75. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6280.
Vikiantika, Alvin, Diantika Widyanhabsari, and Tifany Berliana. 2022. “Pengaruh Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Untuk Mengatasi Dekadensi Moral Sebagai Realisasi Pancasila.” JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education PENGARUH 3:98–101.
Widialistuti, Refny, Jamaris Jamaris, and Solfema Solfema. 2023. “Internalisasi Dalam Pembentukan Karakter Melalui Penerapan Nilai Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7 (1): 106–15. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4332.
Wiyono, Dwi Fitri, Aliya Anjani, Milatus Sholiha, Athifa Khairunnisa, and Kintan Berliana. 2022. “Penanaman Karakter Budaya Lokal Melalui Kegiatan Keislaman Masyarakat” 3 (4): 293–96.
Zakaria, Zakaria, and Utami Maulida. 2021. “Penanaman Karakter Gemar Membaca Melalui One Day One Dongeng Pada Masa Pandemi Covid-19.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 8 (1): 66. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a6.2021.
Zulkhaidir, Zulkhaidir, and Zahid Mubarok. 2021. “Hakikat Pendidikan Karakter Kemandirian Bagi Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam.” Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting 1 (2): 128–41. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v1i2.562.
DOI: https://doi.org/10.23971/tf.v8i2.7688
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 MUS TOFA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Transformatif (Islamic Studies) is published by Postgraduate IAIN Palangka Raya
Editor and Administration Address:
Editor and Administration Address:
Building Pascasarjana, IAIN Palangka Raya, G. Obos St., Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73112
email: [email protected]