KOLABORASI GURU BK DENGAN WALI KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V11 DI MTSN BABADAN BARU
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bentuk dan jenis kolaborasi yang dilakukan guru BK dengan wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII. Penelitian ini merup penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru BK, wali kelas dan siswa. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah bentuk dan jenis kolaborasi guru BK dengan wali kelas. Pengumpulan data menggun metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digun dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kolaborasi guru BK dengan wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII D yaitu bentuk informal. Sedangkan jenisnya adalah kolaborasi sekunder.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 472 times | PDF view : 4182 timesDOI: https://doi.org/10.23971/tf.v2i2.992
Article Metrics
Abstract view : 472 timesPDF - 4182 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Yudha Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Transformatif (Islamic Studies) is published by Postgraduate IAIN Palangka Raya
Editor and Administration Address:
Editor and Administration Address:
Building Pascasarjana, IAIN Palangka Raya, G. Obos St., Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73112
email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License