PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI HUKUM NEWTON GRAVITASI DAN HUKUM KEPLER

Mimi Rohazal Yaumi, Sutopo Sutopo, Parno Parno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui pembelajaran dengan pemodelan. Pembelajaran dengan pemodelan menitikberatkan pada model untuk menjelaskan fenomena gaya gravitasi, medan gravitasi, hukum Kepler, dan aplikasinya pada gerak satelit. Metode Penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan jenis embedded experimental design. Penelitian dilakukan di kelas X MIPA di salah satu sekolah Kabupaten Pasuruan dengan subyek penelitian 131 peserta didik. Analisis dilakukan secara deskriptip kualitatif untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik, kesulitan peserta didik selama pembelajaran, dan kebermanfaatan pembelajaran dengan pemodelan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan pemodelan pada materi hukum Newton gravitasi dan hukum Kepler. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik dapat dilihat dari nilai d-effect size sebesar 2,12 yang termasuk lebih besar dari rata-rata dan nilai N-gain sebesar 0,49 yang tergolong medium atas. Pembelajaran ini dapat memudahkan peserta didik dalam memahami (1) konsep medan gravitasi, (2) konsep gaya gravitasi, (3) hukum I, II, III Kepler, (4) aplikasi hukum III Kepler untuk menentukan kecepatan satelit. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan menganalisis miskonsepsi pada Hukum Newton Gravitasi dan Hukum Kepler.


Keywords


Pemodelan, Hukum Newton Gravitasi, Hukum Kepler, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2214 times | PDF view : 2640 times

References


Bao, L. 2006. Theoretical comparisons of average normalized gain calculations. American Journal of Physics, 74(10), 917-922.

Brookes, D. T., & Etkina, E. 2009. “Force,†Ontology, and Language. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 5(1), 010110.

Docktor, J.L. & Mestre, J.P. 2014. Synthesis Of Discipline-Based Education Research in Physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10 (2): 020119.

Gardner, H. 1999. The dicipline mind: What all students should understand. New York: Simon & Schuster Inc.

Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A sixthousand- student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.

Hestenes, D. 1987. Toward a Modeling Theory of Physics Instruction. American Journal of Physics. 5 (5), 440-454.

Hestenes, D. 1997. Modeling methodology for physics teachers. In AIP Conference Proceedings (pp. 935-958). IOP INSTITUTE OF PHYSICS PUBLISHING LTD.

Henderson, C., Beach, A. L., & Finkelstein, N. 2012. Four categories of change strategies for transforming undergraduate instruction. In Transitions and Transformations in Learning and Education (pp. 223-245). Springer Netherlands.

Jackson, J., Dukerich, L., & Hestenes, D. 2008. Modeling instruction: An effective model for science education. Science Educator, 17(1), 10.

Kelly, A. M. 2011. Teaching Newton's laws with the iPod Touch in conceptual physics. The Physics Teacher, 49(4), 202-205.

Kemendikbud.2014. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 59 TAHUN 2014 TENTANG KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH. Jakarta

Krajcik, J., Codere, S., Dahsah, C., Bayer, R., & Mun, K. 2014. Planning instruction to meet the intent of the Next Generation Science Standards. Journal of Science Teacher Education, 25(2), 157-175.

Morgan, A. G., Leech, L. N., Gloeckner, W. G. & Barret, C. K. 2004. SPSS for Introductory Statistic Use and Interpretation (Second edition). London: Lawrence Erlbaum Associates Inc.

National Science Teachers Association. 2004. Position statement on scientific inquiry. (Online), (http://www.nsta.org/about/positions/inquiry.aspx), diakses 25 Oktober 2016.

NGSS Lead States. 2013. Next generation science standards: For states, by states. National Academies Press.

NRC. 2012. A Framework for K-12 Science Education. United States of America: National Academy Press

Reiner, M., Slotta, J. D., Chi, M. T., & Resnick, L. B. 2000. Naive physics reasoning: A commitment to substance-based conceptions. Cognition and instruction, 18(1), 1-34.

Sutopo & Waldrip, B. 2014. Impact of A Representational Approach on Students’ Reasoning and Conceptual Understanding in Learning Mechanics. International Journal of Science and Mathematic Education, 12: 741-765, (Online), diakses pada 25 November 2016.

Wells, M., Hestenes, D. & Swackhamer, G. 1995. A Modeling Method For High School Physics Instruction. American Journal of Physics. 606-619

Wenning, C. J. 2005. Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes. Journal of Physics Teacher Education Online. Online.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v7i1.1001

Article Metrics

Abstract view : 2214 times
PDF - 2640 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.