Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa

Lathifah Radha Istiyova, Sri Dwiastuti, Slamet Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu aktivitas brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas X MIPA SMA N 1 Sukoharjo. Pemilihan sampel dengan purposive sampling. Rancangan penelitian pretest-postest nonequivalent control group design. Pengumpulan data dengan tes kemampuan berpikir kritis dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data dengan uji manova, uji regresi, dan uji N-Gain. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing dipadu aktivitas brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Sumbangan efektif pada aspek kemampuan berpikir kritis mulai dari aspek tertinggi hingga aspek terendah mempunyai urutan basic support, elementary clarification, advance clarification, strategies and tactics, dan inference. Aspek motivasi belajar diperoleh urutan adanya kegiatan menarik, harapan cita-cita masa depan, hasrat keinginan berhasil, dorongan kebutuhan dalam belajar, penghargaan belajar, serta situasi belajar kondusif. Keefektifan model pembelajaran sebesar 0,70 kategori tinggi yang berarti model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu aktivitas brainstorming efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Inkuiri terbimbing, brainstorming, kritis, motivasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 190 times | PDF view : 134 times

References


Adiputra, Dede Kurnia. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI di SD Negeri Cipete 2 Kecamatan Curug Kota Serang. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 1(01) : 22-34

Aldeirre, Dzaalika., dll. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Vertebrata pada Siswa SMA. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5(2) : 110-116

Amalia, et al. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Tingkat Kemamampuan Matematika. Jurnal Ika : Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8 (01) : 97-107

Bayram, Z., Erdem, E., Oskay, Ö. Ö., & Özgür, S. dinçol. (2013). Effect of Inquiry based Learning Method on Students ’ Motivation ScienceDirect. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106, 988–996.

Dewi, R., dan Utiya Azizah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Problem Solving untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia. Unesa Journal of Chemical Education, 8(03) : 332-339

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking; An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Chicago: University of Illinois

Fathurrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Facione P A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. CA: Measured Reason and The California Academic Press

Hidayati, Y., dan P Sinaga. (2019). The profile of critical thinking skills students on science learning. Journal of Phisics, 14(02) : 1-5

Irwanto, et al. (2018). Promoting Critical Thinking and Problem Solving Skills of Preservice Elementary Teachers through Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL). International Journal of Instruction, 11 (04) : 777-794

Kane, E. M. (2013). Urban Student Motivation through Inquiry-Based Learning. Journal of Studies in Education, 3 (1), 155–168.

Leicester and Taylor. (2010). Critical thinking Across the Curriculum. New York: McGraw-Hill Open University Press

Lovisia, Endang. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Science and Phsics Education Journal, 2 (01) : 1-10

Maknun, Johar. (2020). Implementation of Guided Inquiry Learning Model to Improve Understanding Physics Concepts and Critical Thinking Skill of Vocational High School Students. International Education Stuedies, 13 (06) : 117-130

Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Maya, S., Sholikhan., dan Chandra Sundaygara. (2020). Pengaruh Model PBL terhadap Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(01) : 9-16

Nugraha, Arief Juang., et. al.(2017).Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL.Journal of Primary Education, 6(1) : 35-43.

Prasetiyo, Mochammad Bagas. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9 (01) : 109-120

Rahmawati, Ika., dkk. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Gaya dan Penerapannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1: 112-119

Ruli, Fitha F., dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Tana Toraja. Journal Biology Teaching and Learning, 1 (02) : 151-159

Rusmana, N., dan D. Suprihatin. (2019). A quasi experiment on group exercises to improve students’resilience. Journal of Physic, 13(08) : 1-8

Safitri, Mayssy, dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 11 Samarinda . Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1 (01) L 19-26

Setiaji, dkk., (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Diintervening Motivasi Belajar E-learning Ekonomi. Jekpend, 4 (01) : 56-63

Siyoto, Sandu. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Solihin, Mohammad., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA, 7 (03) : 299306

Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Saintifika. 18 (1), 59–63.

Sulistiyono. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa MA Riyadhus Solihin. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2) : 61-73

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Tseng , C. H., Tuan, H. L., & Chin, C. C. (2013). How to help teachers develop inquiry teaching: Perspectives from experienced science teachers. Research in Science Education, 43(2), 809-825. https://doi.org/10.1007/s11165-012-9292-3

Yuliana, dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika, 4 (01) : 85-92




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v11i1.4477

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.