KAJIAN IMPLEMENTASI STUDI MATEMATIKA PADA KELAS INKLUSI DI SMPN 10 PEKALONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas inklusi di SMP N 10 Kota Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi: teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada tahun pelajaran 2017/2018 di SMPN 10 Pekalongan terdapat total 19 siswa berkebutuhan khusus, dengan rincian 7 siswa berkebutuhan khusus pada kelas VII, 6 siswa berkebutuhan khusus pada kelas VIII, dan 6 siswa berkebutuhan khusus pada kelas IX. Hasil penelitian ini didapat bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran matematika bagi siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus bersama dalam satu kelas; (2) Guru matematika pada pelaksanaan pembelajaran sudah mengkondisikan siswa baik secara fisik maupun psikis; (3) Metode dan media pembelajaran sama antara siswa reguler dan berkebutuhan khusus; dan (4) Kegiatan evaluasi melalui tes tertulis maupun lisan ketika satu bahasan selesai.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 420 times | PDF view : 453 timesReferences
Asra, S. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Endang, R & Alimin, Z. 2005. Pengembangan Program. Pembelajaran Individual Bagi Anak Tuna Grahita. Jakarta: Depdiknas.
Erman, S. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI.
Fitria, R. 2012. Proses Pembelajaran Dalam Setting Inklusi Di Sekolah Dasar. E-Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus),1 (1): 90-101.
Hidayat. 2009. Makalah: Model Dan Strategi Pembelajaran ABK Dalam Setting Pendidikan Inklusif. Balikpapan: Parents Support Group (PSG).
Hidayat & Juang, S. 2016. Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. Jurnal JASSI_Anakku, 17 (1): 47-55.
Illahi, M.T. 2003. Pendidikan Inklusif : konsep dan aplikasi. Jogjakarta: Ar- ruzz media.
Jerami, S, Arcoro. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Praptiningrum, N. 2010. Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jumal Pendidikan Khusus, 7(2): 32-39.
Syaiful, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Suwarna. 2006. Pengajaran Mikro.Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tarjiah, I. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Ilmiah Visi PPTK Paudni, 10(2): 102-113.
Wiyani. 2014. Buku ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Arruz Media.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v7i1.1042
Article Metrics
Abstract view : 420 timesPDF - 453 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.