INVENTARISASI SAINS ASLI SUKU MALIND: UPAYA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM IPA KONTEKSTUAL PAPUA BERBASIS ETNOSAINS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1711 times | PDF view : 2755 timesReferences
Aikenhead, G. S., & Jegede, O. J. 1999. Cross-cultural science education: A cognitive explanation of a cultural phenomenon. Journal of Research in Science Teaching, 36(3), 269–287.
Ndiken, I. Y. 2013. Etnolinguistik: Kamus Bahasa Malind Jilid I. Merauke: Tanpa Penerbit.
Osman, K., & Har, E. 2013. Budaya Sains Asli dan Budaya Sains Modern dalam Kalangan Pelajar : Keselanjaran Usaha ke Arah Enculturation of Science Culture of Natural Science and Culture in the Modern Science among Students : Continuity Efforts towards the Enculturation of Science. Akademika, 82(2), 119–126.
Peday, A., Kanggam, W., Mahuze, Yosep, M., & Ronggo, A. D. 2015. Kumpulan Cerita Rakyat Daerah Malind. Merauke: Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Merauke.
Poedjiadi, A. 2010. Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: Rosda.
Prasetya, E. E. 2012. Wambad, Warisan Leluhur Merauke. KOMPAS.com.
Rahayu, E. W., & Sudarmin. 2015. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Scince Education Journal, 4(2).
Rosyidah, A. N., Sudarmin, & Kusoro, S. 2015. Pengembangan modul IPA berbasis etnosains zat aditif dalam bahan makanan untuk kelas viii smp negeri 1 pegandon kendal. Unne Scince Educational Journal, 4(2), 563–569.
Samkakai, F. O., Hollenger, D., & Ndiken, I. Y. 2013. TANAH MALIND Suatu Pendekatan Pemetaan Budaya Suku Bangsa. Merauke: Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Merauke.
Sarwanto, Budiharti, R., & Fitriana, D. 2010. Identifikasi sains asli (indigenous science) sistem pranata mangsa melalui kajian etnosains. In Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS 2010 (pp. 229–236). FKIP UNS.
Sarwanto, Sulistyo, E. T., Prayitno, B. a, & Pratama, H. 2014. Integrasi Budaya Jawa Pada Pengembangan Bahan Ajar Bumi Dan Alam Semesta. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 10(1), 15–21.
Shidiq, A. S. 2016. Pembelajaran sains kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. In Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia (SNKPK) VIII (pp. 227–236). Surakarta: UNS.
Suastra, I. W. 2010. Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 43(2), 8–16.
Suja, I. W. 2011. Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Sains SD Bermuatan Pedagogi Budaya Bali. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1–3), 84–92.
Supriyadi, Haeruddin, & Nurjannah. 2016. Peningkatan kemampuan memecahkan masalah antara model penalaran kausal berbasis etnosains dan sains modern. JRKPF UAD, 3(2), 35–39.
Tresnawati, N. 2018. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Peningkatan Konservasi Lingkungan pada Mahasiswa PGSD di Batik Tulis Ciwaringin Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 69–82.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v7i1.1081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.