PEMANFAATAN LINGKUNGAN LAHAN BASAH PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Ketersediaan lingkungan lahan basah dalam pembelajaran larutan asam basa dapat digunakan sebagai sumber belajar yang dapat digunakan siswa sebaik mungkin untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas pendekatan CTL yang memanfaatkan lingkungan lahan basah sebagai sumber belajar untuk keterampilan berpikir kritis bagi siswa di sekolah menengah atas pada bab larutan asam-basa. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Variabel bebas adalah pendekatan pembelajaran, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis. Analisis teknik data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kontrol dengan harga thitung> ttabel yaitu 2,716> 1,996. Perbedaan ini disebabkan oleh kontribusi dari pendekatan CTL seperti konstruktivisme, penyelidikan, pertanyaan, pemodelan, komunitas pembelajaran, dan refleksi yang didukung oleh penggunaan sumber belajar dari lingkungan lahan basah selama proses pembelajaran.
Keywords: Â larutan asam basa, keterampilan berpikir kritis, Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (CTL), lingkungan lahan basah
Â
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 898 times | PDF view : 872 timesReferences
Avargil, S., Herscovitz, O., & Dori, Y. J. 2012. Teaching thinking skills in context-based learning: Teachers’ challenges and assessment knowledge. Journal of Science Education and Technology, 21(2), 207-225.
Buchori, M. L., Suryadharma, I. B., & Fajaroh, F. 2013. Identifikasi Tingkat, Jenis, dan Faktor-faktor Penyebab Kesulitas Siswa MA Negeri Wlingi dalam Memahami Materi Indikator Asam Basa. Journal Online Universitas Malang, 1-11.
Duram, M., & Dokme, I. 2016. The Effect of the Inquiry-Based Learning Approach on Student's Critical Thinking. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2287-2908.
Facione, P. A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: Insight Assessment.
Fadhillah, Effendi, M. Z., & Ridwan. 2016. Analysis of Contextual Teaching and Learning in the Course of Applied Physics at the Mining Engineering Departemen. International Journal of Science and Applied Science:, 25-32.
Fitriani, N. R., Widiyatmoko, A., & Khusniati, M. 2016. The Effectiveness of CTL Model Guided Inquiri-Based in The Topic of Chemicals in Daily Life to Improve Student's Learning Outcomes and Activeness. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 278-283.
Haroen, Z. A., Rosa, N. M., & Nursa'adah, F. P. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual Kimia SMA untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 735-740.
Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar - Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.
Kurniati, K., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Herman, T. 2015. Mathematical critical thinking ability through contextual teaching and learning approach. Journal on Mathematics Education, 6(1), 53-62.
Liu, H.-L. 2016. Planning Wetland Ecology-Based Outdoor Education Courses in Taiwanese Junior High Schools. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 3261-3281.
Madhuri, G. V., Kantamreddi, V. S. S. N., & Prakash Goteti, L. N. S. 2012. Promoting higher order thinking skills using inquiry-based learning. European Journal of Engineering Education, 37(2), 117-123.
Meylindra, I., Ibnu, S., & Sulistina, O. 2013. Identifikasi Pemahaman Konsep Larutan Asam Basa melalui Gambaran Mikroskopik pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang. Jurnal Online Universitas Malang, 1-11.
Michou, A., Mouratidis, A., Lens, W., & Vansteenkiste, M. 2013. Personal and contextual antecedents of achievement goals: Their direct and indirect relations to students' learning strategies. Learning and Individual Differences, 23, 187-194.
Mulyani, H. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Metro. Bioedukasi, 114-121.
Rahmawati, I., Maryani, E., & Maulana, A. 2016. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Geografi, 66-87.
Riyadi, B., Hamzah, B., & Sakung, J. 2015. Penerapan Pendekatan CTL pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Poso Pesisir Utara. Jurnal Akademi Kimia , 17-24.
Robithoh, E. N., Mulyaningsih, S., & Erman. 2014. Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Topik Minuman Isotonik melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Sains, 143-148.
Rusmansyah, & Asranudin. 2017. Application of GI-TPS Model to Skills Critical Thinking and Self Efficacy. EST: Journal of Educational Science and Technology, 198-203.
Suryawati, E., & Osman, K. 2018. Contextual learning: innovative approach towards the development of students’ scientific attitude and natural science performance. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 61-76.
Soendjoto, M. A. 2015. Sekilas tentang Lahan-Basah dan Lingkungannya. Seminar Nasional Universitas Lambung Mangkurat 2015 "Potensi, Peluang dan Tantangan Pengelolaan Lingkungan Lahan Basah secara Berkelanjutan" (hal. 1-20). Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Starkey, L. 2004. Critical Thinking Skills Succes in 20 Minutes a Day. New York: Learning Express.
Suryawati, E., & Osman, K. 2018. Contextual Learning: Innovative Approach towards the Development of Student's Scientific Attitude and Natural Science Performance. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 61-76.
Wright, G. B. 2011. Student-centered learning in higher education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 23(1), 92-97.
Yildirim, B., & Ozkahraman, S. 2011. Critical Thinking in Nursing Process and Education. International Journal of Humanities and Social Science, 257-262.
Yildiz, A., & Baltaci, S. 2016. Reflections from the Analytic Geometry Courses Based on CTL Thorugh Geogebra Software. The Online Journal of New Horizons in Education, 155-166.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1198
Article Metrics
Abstract view : 898 timesPDF - 872 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.