Analisis kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis: dampak model pembelajaran prediction, observation, explanation, elaboration, write, and evaluation

Komarudin Komarudin, Oni Maya Rani, Netriwati Netriwati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis dengan menggunakan model pebelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write, and Evaluation (POE2WE). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, jenis penelitian Quasy Experimental Design, dan menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dengan teknik tes, dengan instrument tes berupa uraian pada materi persamaan garis lurus. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Way Tuba yang terdiri atas 112 siswa yang terbagi menjadi empat kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling kemudian diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas adalah 28 siswa. Uji hipotesis menggunkan Uji multivariate analysis of variance (Manova). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran POE2WE.


Keywords


pemecahan masalah, penalaran matematis, POE2WE

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 415 times | PDF view : 287 times

References


Al Ayyubi, I. I., Nudin, E., & Bernard, M. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah Tterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 355. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p355-360

AL-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Annizar, A. M., Maulyda, mohammad A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1).

Ariany, R. L., D Afgani, J., & Dewanto, S. (2017). Penerapan strategi pembelajaran Multiple Intelligences (MI) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa SMP. JES-MAT, 3(1).

Barham, A. I. (2019). Investigating the development of pre-service teachers’ problem-solving strategies via problem-solving mathematics classes. European Journal of Educational Research, 9(1). https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.129

Choiro Siregar, N., Rosli, R., & Maat, S. M. (2020). The effects of a discovery learning module on geometry for improving students’ mathematical reasoning skills, communication and self-confidence. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(3). https://doi.org/10.26803/ijlter.19.3.12

Davita & Pujiastuti. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. KREANO (Jurnal Matematika Kreatif Inovatif), 11(1). http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Erniwati, Rosaliana eso, Muhammad Ardiawan, Muhammad Anas, Hunaidah M, & Vivi Astuti. (2019). Pembelajaran matematika dalam era revolusi industri 4.0. Kendari: FKIP Universitas Halu Oleo.

Fajriyah, R. L., & Jatmiko, B. (2021). Penerapan model POE2WE berbasis virtual learning pada materi listrik arus Bolak Balik (AC) untuk melatihkan High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 102–107. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.102-107

Febianti, A. & Nana. (2020). Penerapan media pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus dengan berbantuan model POE2WE [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/eb4zt

Galih Ramadhan, Nana, Ina Rostiana, & Erika Rakhmawati. (2020). Penerapan model POE2WE berbantuan simulasi lab virtual dalam materi gelombang mekanik pada pembelajaran fisika. Jurnal Kreatif, 8(1).

Gusnidar, Netriwati, & Fredi Ganda Putra. (2017). Implementasi strategi pembelajaran konflik kognitif berbantuan software wingeom dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. JEMS (Jurnal Edukasi Matematikadan Sains), 5(2).

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode pemecahan masalah menurut polya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Hasanudin, R. (2020). Penerapan model POE2WE pada pembelajaran fisika sma materi fluida dinamis berbantuan Phet simulations. Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi, 6. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/98w6k

Helsa, Y., & Arlis, S. (2020). Seminar ke SD-an. Yogyakarta: Grub Penerbit CV Budi Utama.

Herdiani, S. (2020). Digital learning using blended POE2WE model in english lesson for facing 21st century challenges. TLEMC (Teaching and Learning English in Multicultural Contexts), 4(1), 12–24.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Huda, S., Suherman, S., Komarudin, K., Syazali, M., & Umam, R. (2020). The effectiveness of Al-Qurun Teaching Model (ATM) viewed from gender differences: the impact on mathematical problem-solving ability. https://doi.org/doi:10.1088/1742-6596/1467/1/012001

Ilham Mubarok, Nana, & Dwi Sulistyaningsih. (2020). Analisi penerapan model pembelajaran POE2WE berbasis hans on activity terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Edu Fisik: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2).

Islami, A. N., Rahmawati, N. K., & Yulianto, W. (2020). Eksperimentasi model student facilitator and explaining dan probing-prompting ditinjau dari penalaran matematis. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.687

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Isrok`atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran matematika (1st ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019, February). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 611-615).

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Muhammad, G. M. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar ii (teori gelanggang). Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, IV(1).

Nahdi, D. S. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis siswa melalui model brain based learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.341

Nana. (2019). Model pembelajaran Predict, Observe, Explanation, Elaboration, Write, dan Evaluation (POE2WE). Jawa Tengah: Penerbit Lekeisha.

Nana. (2020). Efektivitas model POE2WE dalam penyampaian materi metode ilmiah guna meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa. Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 2(1), 233–241.

Nana, S., Akhyar, M., & Rochsantiningsih, D. (2014). The development of predict, observe, explain, elaborate, write, and evaluate (POE2WE) learning model in physics learning at senior secondary school. Development, 5(19), 56–65.

Nurfitriyani, M., Kusumawardani, R., & Lestari, I. (2020). Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau penalaran matematis pada pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Gantang, V(1). https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1665

Nurhidayat, W. (2019). Penerapan model POE2WE dalam modul fisika materi gerak lurus berubah beraturan menggunakan google classroom [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/6f2xs

Pasalbessy, C., Mataheru, W., & Ayal, C. S. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (Jumadika), 2(1). https://doi.org/10.30598/

Rahayu, D. W. (2018). Penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan kreativitas anak Sekolah Dasar. Proceedings of The ICECRS, 1(3). https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1372

Ramadhan, G. & Nana. (2020). Penggunaan model POE2WE dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/dcs96

Rangkuti, A. N. (2014). Konstruktivisme dan pembelajaran matematika. Jurnal Darul Ilmi, 02(02), 16.

Rasiman, Prasetyowati, D., & Kartinah. (2020). Development of learning videos for junior high school math subject to enhance mathematical reasoning. International Journal of Education and Practice, 8(1). https://doi.org/10.18488/journal.61.2020.81.18.25

Risma Handayani, N. Pt., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh model pembelajaran langsung berbantuan media gambar terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan masalah matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosdianto, H. (2018). Implementasi model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi hukum Newton [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/tv928

Rostiana, I. & Nana. (2020). Penerapan model POE2WE pada pembelajaran kalor untuk meningkatkan pemahaman siswa [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/9kxv5

Rusdiana, A., Sulhan, M., Arifin, I. Z., & Kamludin, U. A. (2020). Penerapan model POE2WE berbasis blended learning google classroom pada pembelajaran masa WFH pandemic covid-19. 10.

Santosa, N., & Waluya, S. B. (2013). Kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika dengan strategi master dan penerapan scaffolding. 7.

Setialesmana, D., Sunendar, A., & Katresna, L. (2021). Analysis of students mathematics reasoning ability in view of mathematical problem-solving ability. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 012123. IOP Publishing.

Sulastri Herdiani. (2020). Digital learning using blended POE2WE model in english lesson for facing 21st century challenges. Journal Of Teaching & Learning English Multicultural Contexts (TLEMC), 4(1).

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. ISLAMIKA, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi model PBL dan model GDL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1336

Yuni Maulana Permatasari, Alifiani, & Abdul Halim Fathani. (2021). Model pembelajaran POE2WE bebantuan e-module meningkatkan pemahaman konsep matematika materi integral tak tentu fungsi aljabar kelas XI SMA Widyagama Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Pembelajaran, 16.

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi limit fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414

Zahra, N. A. & Nana. (2020). Pengembangan media pembelajaran komik fisika model poe2we pada pokok pembahasan hukum Newton [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/3xt4a




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v10i2.3389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.