Konstruksi perangkat pembelajaran menggunakan model guided inquiry disertai socioscientific issues terhadap keterampilan berpikir kritis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA pada materi Perubahan Lingkungan/ Iklim dan Daur Ulang Limbah, mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran dengan model guided inquiry disertai socioscientific issues (SSI) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA, dan mengetahui validitas perangkat pembelajaran dengan model guided inquiry disertai SSI terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Four-D yang dibatasi menjadi Three-D yaitu define (tahap pendefinisian), design (tahap perancangan), dan develop (tahap pengembangan) sampai pada langkah expert appraisal (penilaian ahli). Hasil persentase tertinggi keterampilan berpikir kritis peserta didik pada masing-masing indikator berada pada skor 2, artinya peserta didik cukup mampu memberikan jawaban dengan baik, walaupun masih sulit dipahami, kurang tepat, dan tidak lengkap. Perangkat pembelajaran model guided inquiry disertai SSI yaitu RPP, LKPD, dan modul dapat digunakan oleh guru dan peserta didik setelah dilakukan revisi sesuai dengan komentar dan saran dari validator.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 340 times | PDF view : 282 timesReferences
Amin, A, M., & Adiansyah, R. (2018). Persepsi dosen terhadap perkembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(1): 1-10. https://doi: 10.22219/jpbi.v4i1.5181.
Ashar, H., Nurpadilah & Jamilah. (2018). Pengaruh metode pembelajaran inquiry berbasis fenomena terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(2): 51-56. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i1.5181.
Astuti, F, N., Yusman, E., & Suratman, D. (2015). Analisis pemahaman konsep pemahaman siswa dalam soal pada materi peluang di MAN Sanggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(10), 1-10.
Ayub, dkk. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pemecahan masalah fluida dinamis dengan model pembelajaran student oriented. ORBITA, 7(1), 186-192.
Birjandi, P., & Bagherkazemi, M. (2010). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis guru EFL Iran dan keberhasilan profesional mereka. Pengajaran Bahasa Inggris, 3(2), 135-145.
Cahyono, B. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau dari perbedaan gender. Aksioma, 8(1), 50-65.
Chaffe, J. (2010). Berpikir kritis. Boston: Layanan Penerbitan S4Carlisle.
Chan, Z, C, Y. (2013). Sebuah tinjauan sistematis berpikir kritis dalam pendidikan keperawatan. Pendidikan Perawat Hari Ini, 33(3), 236-240. https://doi: 10.1016/j.nedt.2013.01.007.
Ennis, R, H. (2013). Penilaian berpikir kritis. Teori Menjadi Praktek. 32(3). https://doi: 10.1080/00405849309543594.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam upaya kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95-101. https://doi: 10.15294/jpii.v3i1.2906.
Fitasari, T, D, A. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pokok bahasan matriks ditinjau dari kepercayaan diri. Repositori Institusional. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hasanah, U. (2015). Pengaruh metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Turen Malang. Tesis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Hendri, S., Defianti, A. (2015). Review: membentuk keterampilan argumentasi siswa melalui isu sosial ilmiah dalam pembelajaran sains. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 015 (pp. 545-548). Bandung.
Indah, R, N. (2014). Implementasi berpikir kritis sebagai kunci sukses belajar. (Online). (https:repository.uin-malang.ac.id/669/). Diakses tanggal 16 Agustus 2021.
Istianah, E. (2013). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik dengan Pendekatan Model Elicting Activities (MEAS) pada siswa SMA. Tak Terhingga, 2(1), 43-54. https://doi:10.22460/infinity.v2i1.p43-54 .
Jackman, J, K., Ryan, S, M., Ogilvie, C, A., & Niederhauser, D. (2008). Scaffolding untuk meningkatkan keterampilan penalaran dalam rumusan masalah. Prosiding dan Poster Konferensi Rekayasa Sistem Industri dan Manufaktur.
Januari, E. (2017). Siswa dalam menyelesaikan luas tanah permukaan bangun ruang di smp kristen maranatha Pontianak. (Online). (https://media.neliti.com/media/publications/215540-kesulitan-siswa-dalam-menyelesaikan-soal.pdf). Diakses tanggal 15 Agustus 2021.
Kristanto, Y, E. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 22(2): 197-208.
Kristianto, E., Mardiyana & Saputro, D., R, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam pembuktian barisan konvergen menggunakan prosedur analisis kesalahan newman. Jurnal Fisika: Seri Konferensi, 1180 (1). https://doi: 10.1088/17426596/1180/012001.
Kholidah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa madrasah tsanawiyah pada mata pelajaran matematika. SKRIPSI. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Ku, K, Y, L., et al. (2019). What predicts adolescent’s critical thinking about real life news? the role of social media news consumtion and news media literacy. Elseiver. 33: 1-12.
Kurniawati, I, D., Wartono., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kriits siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10: 36-46. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3049.
Larasati, T, S. (2018). pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pictorial riddle terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik SMA Kelas XI. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Lathifah, A. S., & Susilo, H. (2015). Penerapan pembelajaran socio-scientific issues melalui metode simposium berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah biologi umum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. (pp. 9-19). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Lieung, K, W. (2019). Pengaruh model discovery learning terhadap pemikiran berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Jurnal Musamus Pendidikan Dasar, 1(2), 73-82.
Mabruroh, F., & Suhandi, A. (2017). Konstruksi instrumen tes keterampilan berpikir kritis terkait konsep gelombang bunyi. Jurnal Fisika: Seri Konferensi. https://doi: 10.1088/1742-6596/812/1/012056.
Mahanani, I, Rahayu, S., & Fajaroh, F. (2019). Pengaruh pembelajaran inkuiri berkonteks socioscientific issues terhadap keterampilan berpikir kritis dan scientific explanation. Jurnal Kependidikan. 3(1): 53-68.
Mason, M. (2018). Critical Thinking and learning. Victoria, Australian: Blackwell Publishing Ltd.
Murtiyasa, B & Wulandari, V. (2020). Analisis kesalahan siswa materi bilangan pecahan berdasarkan teori newman. Aksioma, 9(3), 713-726. https://doi:10.24127/ajpm.v9i3.2795.
OECD. (2018). Masa depan pendidikan dan keterampilan, pendidikan 2030. (Online). (https://www.oecd.org/education/2030/E2030%20position%20paper%20(05.04.2018) .diakses tanggal 15 Agustus 2021.
Oktaviana, D. (2018). Analisis tipe palm berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains & Matematika , 5(2), 22. https://doi: 10.23971/eds.v5i2.719.
Prasetyo, A, B. (2018). Strategi berpikir kritis dalam penggunaan media sosial di kalangan jemaah masjid gunungsari indah surabaya. (Online). (http://repository.unair.ac.id/74757/3/JURNAL_Fis.IIP.37%2018%20Pra%20s.pdf). Diakses tanggal 16 Agustus 2021.
Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51-71. https://doi: 10.24832/jpnk.V4i1.1157.
Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. (2004). Metode dan teknik melanjutkan tesis. Bandung: Alfabeta.
Rofiah, A. (2010). Kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Demok Yogyakarta dalam pembelajaran matematika melalui peningkatan pendekatan inkuiri. Yogyakarta. UNY.
Sabekti, A, W., & Khoirunnisa, F. (2018). Penggunaan Rasch model untuk instrumen pengukuran pemikiran kritis siswa pada topik ikatan kimia. Jurnal Zara, 6(2), 68-75. https://doi: 10.31629/zarah.v6i2.724.
Saputri, A,C., Sajidan & Rinanto, Y. (2018). Profil keterampilan berpikir kritis siswa sma dalam pembelajaran biologi. Konferensi Internasional tentang Pendidikan Sains (ICoSEd). https://doi: 10.1088/1742-6596/1006/1/012002.
Shirkhani, S., & Fahim, M. (2011). Meningkatkan berpikir kritis dalam pembelajaran bahasa asing. Procedia Ilmu Sosial dan Perilaku, 29, 111-115. https://doi: 10.1016/j.sbspro.2011.11.214.
Stephani, M, R. (2017). Stimulasi kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis masalah pada pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1). 16-27. https://doi: 10.17509/jpjo.v2i1.6397.
Suraya., Setiadi A, E., & Muldayanti, N, D. (2019). Argumentasi ilmiah dan berpikir kritis melalui metode debat. EDUSAINS, 11(2), 234-241. https://doi: 10.15408/es.v11i2.10479.
Suwono, H., Rizkita, L., & Susilo, H. (2015). Peningkatan literasi saintifik siswa sma melalui pembelajaran biologi berbasis masalah sosiosains. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2). 136-144. https://doi.org/10.17977/jip.v2li2.8367.
Utami (2017). Profil keterampilan berpikir kritis siswa sma dalam pembelajaran kimia. Jurnal Internasional Sains dan Sains Terapan: Seri Konferensi, 1(2), 124-130. https://doi: 10.20961/ijsascs.v1i2.5134.
Widhy, P., Nurohman, S., & Wibowo, W, S. (2013). Model isu socioscientific terpadu sains berbasis untuk review mengembangkan kemampuan berpikir dalam mewujudkan 21st keterampilan century. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2. https://doi: 10.21831/jpms.v1i2.2484.
Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran berbasis sosioscientific approach siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 240-254. https://doi: 10.22219/jpbi.vi12.3335.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v10i2.3412
Article Metrics
Abstract view : 340 timesPDF - 282 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.