DESKRIPSI EFEKTIVITAS KEGIATAN PRAKTIKUM DALAM PERKULIAHAN KIMIA DASAR MAHASISWA TEKNIK

Chichi Rahayu, Eliyarti Eliyarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan praktikum dalam perkuliahan kimia dasar mahasiswa teknik. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini mahasiswa tingat I Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti pada mata kuliah Kimia Dasar. Teknik sample dengan random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan kuisioner. Lembar pengamatan digunakan untuk memperoleh informasi selama kegiatan praktikum berlangsung. Kuisioner digunakan untuk memperoleh data perilaku yang dilakukan mahasiswa sebelum praktikum, saat praktikum, dan setelah praktikum. Hasil penelitian diperoleh sebelum mengikuti kegiatan praktikum Kimia Dasar mahasiswa masih kurang mempersiapkan diri, yaitu hanya 28,57%  mahasiswa membaca modul sebelum melakukan praktikum, 37,14% mahasiswa mengerjakan tugas pendahuluan dan 21,43% mahasiswa yang menjaga kesiapan fisik,  kedisiplinan waktu 42,73%, 68,7% mahasiswa memahami prosedur percobaan, namun 27,27% mahasiswa yang dapat mengerjakan praktikum dengan benar sesuai prosedur, Setelah praktikum selesai mahasiswa yang menyegerakan pengerjaan laporan praktikum masih rendah hanya 17,14%, dan mahasiswa yang memperoleh nilai laporan praktikum > 75 sebesar 39,39%. Hal ini menunjukan mahasiswa masih kurang memotivasi diri dalam kegiatan praktikum sehingga diperlukan perbaikan pembelajaran kedepannya.


Keywords


Kimia Dasar, Motivasi, Praktikum, Prosedur Praktikum

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3932 times | PDF view : 4196 times

References


Andromeda, A., Bahrizal, B., & Ardina, Z. 2016. Efektifitas Kegiatan Praktikum Terintegrasi dalam Pembelajaran pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA. EKSAKTA, 1, 45-51.

Arifin, Z. 2018. Pengembangan Buku Penuntun dan Kit Praktikum Kimia Inovatif Kelas Xii Sma/Ma Semester Ganjil Sesuai Kurikulum 2013 Berbasis Proyek (Doctoral dissertation, UNIMED).

Cempaka, G., Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. 2018. Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA dalam Pembelajaran Fisika Di SMA YAPIS Manokwari. Prosiding, 3(1).

Copriady, J. 2015. Practical Implementation of Practical Chemistry Among Secondary School Teachers. Asian Journal of Scientific Research, 8(1), 22–40.

Etiubon, R. U. N. M. 2017. Effects of Practical Activities and Manual on Science Students’ Academic Performance on Solubility in Uruan Local Education Authority of Akwa Ibom State. Journal of Education and Practice, 8(3), 202–209.

Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 135-141.

Fayakun, M., & Joko, P. 2015. Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) Dengan Metodepredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49-58.

Hinampas, R. T., Murillo, C. R., Tan, D. A., & Layosa, R. U. 2018. Blended learning approach: Effect on students’ academic achievement and practical skills in science laboratories. Lnternational Journal of Scientific and Technology Research, 7(11), 63–69.

Hatika, R. G., & Siregar, P. S. 2016. Efektivitas Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Fisika Siswa SMA Negeri 3 Rambah Hilir. Edu Research, 5(1), 15-18.

Indah, W. 2018. Pendekatan Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Mengajarkan Materi Rangkaian Listrik Sederhana. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Lubis, L. T., Silaban, R., & Jahro, I. S. 2016. Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Dasar I Terintegrasi Pendekatan Inkuiri. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 20–30.

Maknun, D. 2015. Evaluasi Keterampilan Laboratorium Mahasiswa Menggunakan Asesmen Kegiatan Laboratorium Berbasis Kompetensi Pada Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (Ppl). Jurnal Tarbiyah, 22(1), 21–47.

Pasaribu, L. M. 2018. Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Alat Optik Di Kelas XI Semester II SMA Negeri 8 Medan TP 2017/2018.

Raharjo, R., & Harjanto, S. 2017. Penanganan Alat Dan Bahan Yang Baik Dalam Rangka Menunjang Kegiatan Di Laboratorium Kimia. Metana, 13(2), 58.

Rahayu, C., & Festiyed. 2018. Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Model Pembelajaran Generatif Dengan Pendekatan Open- Ended Problem Untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1–6.

Sari, S., Dayana, D., & Farida, I. 2018. Analisis Profil Manajemen Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma Wilayah Sumedang. Jurnal Tadris Kimiya, 3(1), 248.

Sedumedi, T. D. T. 2017. Practical work activities as a method of assessing learning in chemistry teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 1765–1784.

Setiawati, M., Retnoningsih, A., & Irsadi, A. 2017. Efektifitas Praktikum Berbasis Guided Inquiry Diintegrasikan Dengan Video Transfer Membran Terhadap Keterampilan Proses Sains (Kps) dan Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Biology Education, 6(1), 45-55.

Sirhan, G. 2007. Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal of Turkish Science Education, 4(2), 2–20.

Trisnawati, I. A., Jufri, A. W., & Ramdan, A. 2018. Efektifitas Model Praktikum Berbasis Software Most Probable Number (Mp-Bsmpn) dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Mikrobiologi Air. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 1, No. 1, pp. 587-594).

Wahyudiati, D. 2016. Analisis Efektivitas Kegiatan Praktikum Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tatsqif, 14(2), 143–168. Zahara, R., Wahyuni, A., & Mahzum, E. 2017.

Perbandingan Pembelajaran Metode Praktikum Berbasis Keterampilan Proses dan Metode Praktikum Biasa terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 170-174.

Yuliana, Y., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. 2017. Efektifitas Penggunaan Laboratorium Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMPN 3 Palakka Kabupaten Bone. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 39-45.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1476

Article Metrics

Abstract view : 3932 times
PDF - 4196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.