PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE DENGAN PENDEKATAN SAITIFIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengembangkan e-modul berbantuan sigil software dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan SPLDV berdasarkan analisis kebutuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur yang digunakan adalah Borg and Gall yang sudah dimodifikasi oleh Sugiyono dengan 7 tahap dari 10 tahapan, yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu, deskriptif kuantitatif untuk mengolah data dalam bentuk skor dari penilaian oleh validator dan respon peserta didik, sedangkan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa komentar saran perbaikan dari validator. Uji efektifitas media digunakan n-gain. Berdasarkan hasil validasi tehadap media yang dikembangkan diperoleh dari ahli materi dan ahli media dengan masing-masing kriteria valid dan sangat layak. Ditunjau dari respon peserta didik pada uji kelompok besar diperoleh nilai kriteria sangat menarik. Adapun efektifitas media dengan n-gain diperoleh kriteria sedang. Dengan demikian e-modul ini layak digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 3747 times | PDF view : 2919 timesReferences
Agustin, I., Amin, A., & Arini, W. 2019. Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Aktivitas Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 1(2), 121-129.
Alperi, M. 2020. Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, (1), 99-110.
Amalia, F., & Kustijono, R. 2017. Efektifitas Penggunaan E-Book Dengan Sigil Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1, 81–85.
Avianty, D., & Cipta, D. A. S. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Masalah Untuk Mendayagunakan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Peserta didik Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 237. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1503
Fitriyah, K. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Scientific Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Cahaya Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(3), 265-276.
Gufran, G., & Mataya, I. 2020. Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2).
Hamdi, S., & Abadi, A. M. 2014. Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahapeserta Didik PGSD STKIP-H Dan PGMI IAIH. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 77–87.
Holidun, H., Masykur, R., Suherman, S., & Putra, F. G. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29–37.
Irwandani, I. 2016. Potensi Media Sosial dalam Mempopulerkan Konten Sains Islam. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 173–177.
Khoiriyah, U., & Rizki, S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Himpunan Matematika Yang Dikaitkan Dengan Nilai-Nilai Islam. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 315. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1142.
Kristin, N., Astuti, A. P., & Wulandari, V. A. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Materi Hidrokarbon (Study Kasus SMA Negeri di Semarang). EDUSAINTEK, 3.
Maharani, M., Supriadi, N., & Widiyastuti, R. 2018. Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Peserta didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101–106.
Marsitin, R., Sesanti, N. R., & Agustina, R. 2019. Pelatihan IT melalui pembuatan e-modul matematika bagi guru matematika SMK Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3.
Masta, N., Lumbantobing, S. S., Guswantoro, T., & Malau, N. D. 2020. Mempersiapkan Blended Learning Melalui Pelatihan Pembuatan E-Modul untuk Guru Madrasah Tsanawiyah YAPPI Mulusan. JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 2(1), 265-281.
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Mulyono, Y. 2018. Improving Creativity of the Future Physics Teachers Through General Biology Learning Based on CTL with Experimental Method. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 62-68.
Mulyono, Y., Bintari, S. H., Rahayu, E. S., & Widiyaningrum, P. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan scientific skill teknologi fermentasi berbasis masalah lingkungan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1).
Nasir, M., & Nur, M. 2018. Training Inquiry Model Ditinjau Dari Kemampuan Scientific Explanation Mahasiswa. BIOEDUKASI, 9(1), 51-56.
Prasasti, P.A.T. 2017. Efektivitas scientific approach with guided experiment pada pembelajaran IPA untuk memberdayakan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 19-26.
Priyambodo, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 10-17.
Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. 2017. Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Peserta didik Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1).
Putri, N. M. L. K., Parmiti, D. D. P., & Dr. I Komang Sudarma, S. P. 2017. Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Bahasa Isyarat Berbasis Pendidikan Karakter Pada Peserta didik Kelas V Di SDLB-B Negeri I Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal EDUTECH Undiksha, 8(2).
Putrianata, D., & Chairunisa, E. D. 2020. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Perjuangan Tokoh-Tokoh Militer Pejuang Kemerdekaan Di Sumatera Selatan. Kalpataru Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 5(2), 152-157.
Rahmadi, F. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 137–145. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9133
Ramdani, Y. 2012. Pengembangan Instrumen Dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, Dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44–52.
Rudyanto, H. E. 2016. Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(01).
Salsabila, Y. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 7(2).
Sani, R. A. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Sanjiwani, N. L. I., Muderawan, I. W., & Sudiana, I. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga Di Sma Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2), 75-84.
Sari, A. S. 2017. Pengembangan Buku Digital Melalui Aplikasi Sigil pada Mata Kuliah Cookies dan Candys. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 3(1), 46-54.
Sari, N. P. E., Putra, I. K. A., & Kristiantari, R. 2019. Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Keterampilan Menulis. Journal of Education Technology, 3(4), 237-244.
Sari, W. R. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Di SMP Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 109–121.
Setiadi, T., & Zainul, R. 2019. Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas XI SMA/MA.
Setiawan, A. R. 2019. Efektivitas pembelajaran biologi berorientasi literasi saintifik. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 83-94.
Siregar, N. R. 2017. Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.
Syafitri, Y., Dwiridal, L., & Afrizon, R. 2019. Pembuatan E-Modul Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTs) untuk Pembelajaran Fisika pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas Di Kelas XI SMA/MA. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 12(4).
Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI Dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2).
Wibowo, A. 2017. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis Dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.
Widiana, I. W. 2016. E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Statistik Inferensial. Prosiding Semnas Hasil Penelitian.
Widyastuti, R. 2015. Proses Berpikir Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–194.
Wijayanti, M. 2019. Pengembangan E-Book IPA Fisika Berbasis Program Sigil Peserta Didik SMPN 23 Simbang Kabupaten Maros. In Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar (Vol. 1).
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499
Article Metrics
Abstract view : 3747 timesPDF - 2919 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.