PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMK SABUMI PERTAMBANGAN BANJARBARU PADA MATERI FLUIDA STATIS

Rahmatullah Rahmatullah

Abstract


ABSTRAK Rendahnya penguasaan keterampilan proses sains siswa SMK SABUMI Pertambangan Banjarbaru secara tidak langsung mempengaruhi hasil belajarnya. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMK SABUMI Pertambangan Banjarbaru melalui penerapan pembelajaran guided inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terbagi menjadi tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, tes hasil belajar, dan angket. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran guided inquiry mampu meningkatkan: (1) keterampilan proses sains siswa namun belum memenuhi ketuntasan klasikal, karena pada siklus I 0%, siklus II 27,6%, siklus III 51,7%, (2) ketuntasan hasil belajar produk siswa pada siklus I 43,3%, siklus II 72,4%, dan siklus III 86,0%, (3) keterlaksanaan RPP secara umum pada siklus I cukup baik, siklus II baik, dan siklus III menjadi lebih baik, (4) aktivitas siswa terutama melakukan pengamatan, merencanakan penyelidikan, mendiskusikan tugas dan membaca, (5) respon siswa secara umum menyatakan setuju dan merasa jelas terhadap penjelasan dan bimbingan guru saat penyelidikan tetapi merasa kurang mudah terhadap penerapan keterampilan proses sains. Diperoleh simpulan bahwa penerapan pembelajaran guided inquiry efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMK SABUMI Pertambangan Banjarbaru pada materi fluida statis.
Kata kunci: PTK, keterampilan proses sains, guided inquiry, fluida statis.


Article Metrics

Abstract view : 362 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 140 times PDF (Bahasa Indonesia) view : 146 times

References


Referensi

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bagiono & Karyana. 2010. Naskah Akademik Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum.

Ibrahim, M. 2007. Pembelajaran Inkuiri (http://kpicenter.web.id/neo /content/view/ 18/11). Diakses 7 Agustus 2011.

Kulsum, U. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis PAIKEM. Surabaya: Grena Pratama Pustaka.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nur, M. & Prima R. W. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Pusat Studi Matematika dan IPA. Surabaya: Universitas Negeri Malang.

Nur, M. 2011. Modul Keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa: Surabaya.

Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumiati & Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Kencana Prima.

Suyidno & Jamal. 2011. Pembelajaan Inovatif Berdasarkan Tingkat Otonomi Siswa. Banjarmasin: Unlam.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v2i1.15

Article Metrics

Abstract view : 362 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 140 times PDF (Bahasa Indonesia) - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.