PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMK SABUMI PERTAMBANGAN BANJARBARU PADA MATERI FLUIDA STATIS
Abstract
Kata kunci: PTK, keterampilan proses sains, guided inquiry, fluida statis.
Article Metrics
Abstract view : 362 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 140 times PDF (Bahasa Indonesia) view : 146 timesReferences
Referensi
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bagiono & Karyana. 2010. Naskah Akademik Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum.
Ibrahim, M. 2007. Pembelajaran Inkuiri (http://kpicenter.web.id/neo /content/view/ 18/11). Diakses 7 Agustus 2011.
Kulsum, U. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis PAIKEM. Surabaya: Grena Pratama Pustaka.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nur, M. & Prima R. W. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Pusat Studi Matematika dan IPA. Surabaya: Universitas Negeri Malang.
Nur, M. 2011. Modul Keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa: Surabaya.
Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumiati & Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Kencana Prima.
Suyidno & Jamal. 2011. Pembelajaan Inovatif Berdasarkan Tingkat Otonomi Siswa. Banjarmasin: Unlam.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v2i1.15
Article Metrics
Abstract view : 362 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 140 times PDF (Bahasa Indonesia) - 146 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.