PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) DENGAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

Siti Rukiyah, Rany Widiyastuti, Andi Thahir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy berbatuan Sparkol videoscribe terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen menggunakan 3 kelompok yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Diskursus Multy Representasi berbantuan sparkol videoscribe, kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran Diskursus Multy Representasi, dan kelas eksperimen 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yang masing-masing dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan representasi matematis yang meliputi 3 aspek, yaitu representasi visual, simbolik, dan verbal. Teknik analisis data menggunakan komparasi secara statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran DMR berbantuan sparkol videoscribe sama baiknya dengan model pembelajaran DMR terhadap kemampuan representasi matematis. Model pembelajaran DMR lebih baik dari model pembelajaran konvenional terhadap kemampuan representasi matematis. 


Keywords


Diskursus Multy Reprecentacy, Kemampuan Representasi Matematis, Sparkol Videoscribe

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 324 times | PDF view : 424 times

References


Anggoro, Subuh, Sri Harmianto, and Pratik Dwi Yuwono. 2018. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pembelajaran Tematik Sains Menggunakan Inquiry Learning Process Dan Science Activity Based Daily Life.” JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat) 2 (1): 29–35.

Aulia, Febrina, Zulhendra Zulhendra, and Putra Jaya. 2014. “Pengaruh Penggunaan Modul Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Di Smk Negeri 2 Bukittinggi.” Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika 2 (1).

Effendi, Leo Adhar. 2012. “Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP.” Jurnal Penelitian Pendidikan 13 (2): 1–10.

Herman, Tatang, Tetin Artinah, and Dian Usdiyana. 2017. “The Effect of Multirepresentation Discourse Learning on Students Problem Solving Ability.” Jurnal Pengajaran MIPA 22 (1).

Hutagaol, Kartini. 2013. “Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Infinity Journal 2 (1): 85–99.

Kristin, Firosalia, and Dwi Rahayu. 2016. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6 (1): 84–92.

Marliani, Novi. 2015. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5 (1).

Mulyani, Eva, and Ike Natalliasari. 2017. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Software Maple Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kepercayaan Diri Matematis Mahasiswa.” Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan 2 (2).

Nurfaisah, Nurfaisah. 2018. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multy Reprecentation (DMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Guppi Samata Kabupaten Gowa.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Rosita, Ita, and Leonard Leonard. 2015. “Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3 (1).

Rostika, Deti, and Herni Junita. 2017. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR).” EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar 9 (1): 35–46.

Saefudin, Asep. 2010. “Pendekatan Total Quality Manajement (Tqm) Dalam Globalisasi Pendidikan.” Jurnal MANAJERIAL 9 (2): 91–96.

Situmorang, Manihar. 2014. “Pengembangan Buku Ajar Kimia Sma Melalui Inovasi Pembelajaran Dan Integrasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Prosiding SEMIRATA 2013 1 (1).

Subakti, Y. R. 2010. “Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme.” Jurnal SPPS 24 (1): 31–53.

Subekt, Hasan, Mohammad Taufiq, Herawati Susilo, Ibrohim Ibrohim, and Hadi Suwono. 2018. “Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Stem Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur.” Education and Human Development Journal 3 (1).

Sugiana, I. Nyoman, Ahmad Harjono, Hairunnisyah Sahidu, and Gunawan Gunawan. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Momentum Dan Impuls.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 2 (2): 61–65.

Tristiyanti, Tiagita, and Ekasatya Aldila Afriansyah. 2017. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi Dan Reciprocal Learning.” JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya 1 (2): 4–14.

Ulfah, Maria. 2012. “Optimalisasi Hasil Belajar IPA Tentang Sistem Gerak Pada Manusia Melalui Metode Diskusi Dengan Tehnik Pembelajaran Tutor Sebaya.” Jurnal Pendidikan Tindakan Kelas 3 (1).

Yandari, Indhira Asih Vivi, and Nailah Nailah. 2019. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD.” Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar 11 (01): 57–68.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Wa. +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.