ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN INSTRUMEN BERBANTUKAN QUIZIZZ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi suhu dan kalor. Responden terdiri dari 48 peserta didik SMA Negeri 1 Singosari kelas XI. Instrumen penelitian berupa 10 soal tes pilihan ganda yang berbantuan aplikasi online Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, pemahaman konsep peserta didik terkait materi suhu dan kalor dengan kategori sedang (48%). Beberapa peserta didik masih mengalami kesalahan dalam memahami beberapa konsep suhu dan kalor, diantaranya peserta didik belum paham tentang pemuaian keping bimetal pada sakelar otomatis, peserta didik menganggap kalor jenis berhubungan dengan perubahan suhu suatu benda, dan konsep peserta didik kurang tepat tentang perpindahan panas secara konduksi.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 4507 times | PDF view : 3029 timesReferences
Agustina, L. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1).
Dewi, H. 2019. Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Berbantuan Evaluasi Quizizz di Sekolah Bersistem Kredit Semester. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(10): 1298-1313.
Hamdani, D. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Genertaif dengan Mengunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII DI SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1): 79–88.
Handayani, M. D., & Wardani, W. W. 2015. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Solving pada Siswa Kelas VIIID SMP NI Kasihan. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 68-75.
Kaniawati, I. 2017. Pengaruh Simulasi Komputer terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Impuls-Momentum Peserta didik SMA. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1): 24-26.
Kulsum, U., & Nugroho, S. E. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Unnes, 3(2): 73-78.
Lestari, P. A. S., Rahayu, S., & Hikmawati, H. 2017. Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram pada Materi Pokok Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3): 146-153.
Longfield, J. 2009. Discrepant Teaching Events: Using an Inquiry Stance to Address Students’ Misconceptions. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 21(2): 266-271.
Nabawiyah, K., & Abtokhi, A. 2010. Penentuan Nilai Kalor dengan Bahan Bakar Kayu Sesudah Pengarangan serta Hubungannya dengan Nilai Porositas Zat. Jurnal Neutrino, 3(1): 44-55.
Nasir, M. 2017. Analisis Kesulitan Belajar dan Miskonsepsi Mahapeserta didik dalam Praktikum Berbasis Proyek. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(1), 56-65.
Nurdin, A. N. 2017. Analisis Hubungan Kemampuan Numerik dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Muhammadiyah di Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. 5(2): 194-203
Nurwahidah, I., & Handayani, L. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbasis Kooperatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Unnes. 1(2): 52-29.
Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. 2018. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62.
Santoso, P. H., & Mutmainna, M. 2018. Pembelajaran Fisika Berbasis Nature of Science (NOS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. PHYDAGOGIC Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 1(1), 15-23.
Sari, W. P., Suyanto, E., & Suana, W. 2017. Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 159-168.
Sastrika, I. A. K., & Sadia, I. W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3: 1-10.
Serway, R. A., & Vuille, C. 2018. College physics (11 edition). Australia ; United States: Cengage Learning.
Taqwa, M. R. A., Priyadi, R., & Rivaldo, L. 2019. Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 7(1): 56-67.
Taufiq, M. 2012. Remediasi Miskonsepsi Mahapeserta didik Calon Guru Fisika pada Konsep Gaya Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2): 198-203.
Trianggono, M. M. 2017. Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1-12.
Tunç, T., Çam, H. K., & Dökme, İ. 2012. A Study on Misconceptions of Senior Class Students in Some Physics Topics and the Effect of the Technique Used in Misconception Studies. Journal of Turkish Science Education, 9(3): 137-153
Warimun, E. S., & Murwaningsih, A. 2015. Model Pembelajaran Induktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 105-110.
Wulandari, P. 2017. Pengaruh Strategi Konflik Kognitif dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMAN 4 Malang pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi Pendidikan Fisika FMIPA : Universitas Negeri Malang.
Yan mei, S., Yan Ju, S., & Adam, Z. 2018. Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1): 194–198.
Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. 2019. Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik Melalui Aplikasi Online Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia,7(2): 143-152.
Young, H. D., Freedman, R. A., Ford, A. L., & Sears, F. W. 2016. Sears and Zemansky’s University Physics: With Modern Physics (14th edition). Boston: Pearson.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1707
Article Metrics
Abstract view : 4507 timesPDF - 3029 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.