KOMPARASI EFEKTIVITAS ANTARA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Rozi Sianturi, M. Firdaus, Utin Desy Susiaty

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan hasil belajar ranah kemampuan berpikir kritis antara penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL pada materi bentuk aljabar ditinjau dari motivasi belajar matematika peserta didik kelas VII. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sungai Raya Kepulauan terdiri dari tiga kelas, dengan sampel kelas VII A dan VII B yang dipilih secara random. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan bentuk soal uraian. Metode analisis data menggunakan statistik melalui uji anava dua jalan 2 x 3 dengan sel tak sama pada data post-test peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan model PBL lebih baik dari pada PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi bentuk aljabar ditinjau dari motivasi belajar matematika peserta didik

Keywords


Problem Based Learning, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar Matematika

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 460 times | PDF view : 211 times

References


Ali, N., Crawford, R., & Horn, M. 2019. Critical thinking in PBL: Development of a Bespoke Tool for Critical Thinking. In HEAD'19. 5th International Conference on Higher Education Advances (pp. 513-520). Editorial Universitat Politècnica de València.

Anita, I. W. A. W. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 246-251.

Arends, R. ., & Kilcher, A. 2010. Teaching for Student Learning “Becoming an Accumplhised Teacher.” New York: Routladge Taylor & Francis Group.

Budiyono. 2009. Statistik untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. 2013. STEM Project-Based Learning. Rotterdam, The Netherlands: Sense Publishers.

Dabbagh, N. 2019. Effects of PBL on Critical Thinking Skills. The Wiley Handbook of Problem‐Based Learning, 135-156.

Desinta, F., Bukit, N., & Ginting, E. M. 2017. The Effect ofProject Based Learning (PjBL) andSelf Regulated Learningtoward Students’ Critical Thinking Skill in Senior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(4), 59-63.

Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. 2017. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. JURNAL JPSD, 4(1), 47–53.

Happy, N., & Widjajanti, D. B. 2014. Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2663

Irniansyah, L. 2019. Pengaruh Metode Inkuiri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Survey Pada Siswa Kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA YPI Bandung Tahun Ajaran 2018/2019) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Ismail, R. 2015. ME – 7 The Comparison of Effectiveness of Project Based Learning and Problem Based Learning on The Space Model of Flat Side in Terms of Achievement of Learning Objectives. (May), 17–19.

Ismail, N. S., Harun, J., Zakaria, M. A. Z. M., & Salleh, S. M. 2018. The Effect of Mobile Problem-Based Learning Application DicScience PBL on Students’ Critical Thinking. Thinking Skills and Creativity, 28, 177-195.

Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning. Thausand Oaks, California: Corwin Press, Inc. A Sage Publication Company.

Khamid, A., & Santosa, R. H. 2016. Keefektifan Pendekatan PBL dan CTL Ditinjau dari Komunikasi Matematis dan motivasi Belajar Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 111. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10660

Lestari, I., & Juanda, R. 2019. Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perangkat Keras Jaringan Internet Kelas IX SMP Negeri 5 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Efektor, 6(2), 127-135.

Lestari, K. E. 2014. Implementasi Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA, 2(1), 36–46.

Medyasari, L. T., Muhtarom, M., & Sugiyanti, S. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 65-75.

Muchib, M. 2018. Penerapan model PBL dengan Video untuk meningkatkan Minat dan prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 25. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356

Mulyati, S., Suryani, Y., & Setiawan, I. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(02), 123-132.

Mulyono, Y. 2018. Critical Thinking Skills of Physics Education Students through CTL-Based Fundamental Biology. In Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series (Vol. 2, No. 1).

Mulyono, Y. 2018. Improving Creativity of the Future Physics Teachers through General Biology Learning Based on CTL with Experimental Method. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 1-7.

Novtiar, C., & Aripin, U. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119-131.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43.

Nuraini, N. 2017. Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 89-96.

Pratiwi, L. L., Hakim, L., & Siregar, N. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV Di MIN 04 Muaro Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Prayogi, S., & Asy’ari, M. 2013. Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 80-88.

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Minat Outdoor pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Pu, D., Ni, J., Song, D., Zhang, W., Wang, Y., Wu, L., ... & Wang, Y. 2019. Influence of Critical Thinking Disposition on the Learning Efficiency of Problem-Based Learning in Undergraduate Medical Students. BMC medical education, 19(1), 1.

Rahayu, E., & Hartono, H. 2016. Keefektifan Model PBL dan PjBL Ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9629.

Rahim, A. C., Wilujeng, I., & Kuswanto, H. 2019. The Effect of PjBL Model Based on Skill Approach Process to Physics Critical Thinking Ability of High School Student. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1233, No. 1, p. 012040). IOP Publishing.

Santoso, M. F., & Ariyanto, M. P. 2020. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Surakarta 1 Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Septian, A., & Komala, E. 2019. Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. Prisma, 8(1), 1-13.

Setyaningsih, T. D., & Abadi, A. M. 2018. Keefektifan PBL Seting Kolaboratif Ditinjau dari Prestasi Belajar Aljabar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kecemasan Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 190-200.

Simanjuntak, T. D. L. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Serta Disposisi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Coopertive Type Jigsaw Pada Siswa Kelas X Sma Global Prima (Doctoral dissertation, UNIMED).

Siregar, N. A. R., Deniyanti, P., & El Hakim, L. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).

Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Triana, D., Anggraito, Y. U., & Ridlo, S. 2020. Effectiveness of Environmental Change Learning Tools Based on STEM-PjBL towards 4C Skills of Students. Journal of Innovative Science Education, 9(2), 181-187.

Widarti, H. R., Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. 2020. The Development of Electrolysis Cell Teaching Material Based on STEM-PjBL Approach Assisted by Learning Video: A Need Analysis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 309-318.

Yuliarti, Y. 2018. Kreativitas Mahasiswa dalam Mengembangkan Paragraf melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan PBL. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(1), 42-46.

Zanthy, L. S. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. TEOREMA: Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 47-54.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Wa. +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.