PENGARUH BLENDED LEARNING BERBANTUKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Nukhbatul Bidayati Haka, Liza Anggita, Bambang Sri Anggoro, Abdul Hamid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning berbantukan google classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes esai dengan 15 soal dan angket sebanyak 20 pertanyaan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling. Uji hipotesis menggunakan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran blended learning berbantukan google classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik


Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemandirian Belajar, Blended Learning, Google Classroom

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4097 times | PDF view : 3652 times

References


Anggoro, B. S. 2015a. Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. Dalam http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/viewFile/25/436 diakses pada 19 september 2019

Anggoro, B. S. 2015b. Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Al-Jabarar, 6(2), 121–129. Dalam http://moraref.kemenag.go.id/documents/article/97406410605918505/download diakses pada 29 september 2019

Arnyana, I. B. P. 2019. Pembelajaran Sains di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 8. Dalam https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/16716 diakses pada 29 september 2019

Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43. Dalam http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/download/2095/1584 diakses pada 29 september 2019

Damanhuri, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. 2013. Inovasi Pengelolaan Pesantren dalam Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Is lam, 2(1), 17–37. Dalam http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/547. diakses pada 3 oktober 2019

Denizulaiha, D. 2018. Peran Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran di Era Teknologi Digital. Prosiding seminar nasional program pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Dalam https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1887. diakses pada 19 september 2019

Fitriasari, P., Tanzimah, T., & Sari, N. 2018. Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Elemen, 4(1), 1–8. Dalam http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/439 diakses pada 18 september 2019

Gani, A. G. 2018. E-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Pendidikan. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 3(1). Dalam https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jsi/article/view/52 diakses pada 3 oktober 2019

Guswiyata, S., Anggoro, B. S., & Haka, N. B. 2018. Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Jurnal Biosfer, 9(2), 249–258. Dalam http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/article/view/4025 diakses pada 16 september 2019

Imawanty, I., & Fransiska, A. B. 2019. Guru Bimbingan dan Konseling Berkualitas di Era Revolusi 4.0: Pembelajar, Kompeten, dan up to Date. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2, 147–153. Dalam http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/5726/4108 diakses pada 19 september 2019

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20–29. Dalam https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/10126 diakses pada 16 september 2019

Karyawati, A. T. 2012. Tinjauan Umum Tingkah Laku Makan pada Hewan Primata. Jurnal Penelitian Sains, 15(1). Dalam https://media.neliti.com/media/publications/168380-ID-tinjauan-umum-tingkah-laku-makan-pada-he.pdf diakses pada 16 september 2019

Kurniasih, N., & Haka, N. B. 2017. Penggunaan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice untuk Menganalisis Miskonsepsi Siwa Kelas X Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria. Jurnal Biosfer, 8(1), 114–127. Dalam http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/article/view/1270 diakses pada 4 oktober 2019

Listiana, L. 2013. Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think, Talk, Write). Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 10. Dalam https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6442/5822 diakses pada 17 januari 2020

Maryam, I. 2018. Pengaruh Blended Learning Berbantuan Microsoft Mathematic Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(2), 23–34. Dalam http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/download/5340/4879 diakses pada 19 september 2019

Mayasari, F. 2016. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Penerapan Blended Learning Berbantuan Quipper School. Jurnal Tata Arta, 2(3), 159. Dalam http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/11480 diakses pada 19 september 2019

Nuraini, S., Distrik, I. W., & Suana, W. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Blended Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skilss. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 2(1), 69–77. Dalam http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity/article/view/46-49 diakses pada 19 september 2019

Nurjanah, S. 2015. Peranan Manajemen Inovasi dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pendidikan. Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM), 2, 27–33. Dalam http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/cbam/article/view/288/235 diakses pada 19 september 2019

Pardede, T. 2011. Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Dalam http://repository.ut.ac.id/2511/ diakses pada 19 september 2019

Priana, R. Y. S. 2017. Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Teritegrasi Tekhnologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1. Dalam http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/viewFile/313-316/1719 diakses pada 17 januari 2020

Rakhmawati, D. 2017. Konselor Sekolah Abad 21: Tantangan dan Peluang. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1). Dalam https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/download/1067/1065 diakses pada 19 september 2019

Ramdhani, M. A. 2017. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37. Dalam https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/viewFile/69/70 diakses pada 19 september 2019

Ridwan, A. E. 2014. Pendidikan IPS dalam Membentuk SDM beradab. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1). Dalam https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/viewFile/2060/1451 diakses pada 19 september 2019

Rodiawati, H., & Komarudin, K. 2018. Pengembangan E-Learning Melalui Modul Interaktif Berbasis Learning Content Development System. Jurnal Tatsqif, 16(2), 172–185. Dalam https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/190 diakses pada 19 september 2019

Santono, H. 2019. Implementasi Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web, Barcode, dan SMS Gateway. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 2, 255–260. Dalam https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/1125 diakses pada 19 september 2019

Setyoko. 2018a. Implementasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Media Google Classrom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(2), 9. Dalam https://www.ejurnalunsam.id/index.php/JPFS/article/view/870 diakses pada 17 januari 2020

Setyoko, S. 2018b. Implementasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Media Google Classrom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(2), 5–10. Dalam https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/6185 diakses pada 16 september 2019

Siregar, R. K. D., & Fitriawan, R. A. 2018. Analisis Kualitas Website Ruangguru. com Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Ipa (importance Performance Analysis). eProceedings of Management, 5(1). Dalam http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/403 diakses pada 19 september 2019

Sudarisman, S. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1). Dalam http://scholar.google.co.id/citations?user=ggI8GmQAAAAJ&hl=id diakses pada 17 september 2019

Sudarsana, I. K. 2016. Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14. Dalam http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika/article/view/219/204 diakses pada 19 september 2019

Suryadi, S. 2015. Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika, 3(3), 9–19. Dalam http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/221 diakses pada 17 september 2019

Syarif, E., Sumarmi, S., Fatchan, A., & Astina, I. K. 2016. Integrasi Nilai Budaya Etnis Bugis Makassar Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Salah Satu Strategi Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 13–21. Dalam http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/2028 diakses pada 16 september 2019

Weni, D. M., & Isnani, G. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 2(2), 114–122. Dalam http://scholar.google.co.id/citations?user=ggI8GmQAAAAJ&hl=id diakses pada 17 januari 2020

Zahara, N. Z. N. 2018. Evaluasi Pembelajaran Online Berbasis Web Sebagai Alat Ukur Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Kelas X Man Model Banda Aceh. Prosiding Biotik, 2(1). Dalam http://sinta.ristekbrin.go.id/affiliations/detail?page=94&id=3519&view=documents diakses pada 17 januari 2020




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1806

Article Metrics

Abstract view : 4097 times
PDF - 3652 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.