Pengaruh pembelajaran PQ4R berbantuan gamifikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis

Fitriyanti Fitriyanti, Rizky Wahyu Yunian Putra, Rubhan Masykur

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis dengan strategi pembelajaran PQ4R berbantuan bahan ajar gamifikasi peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan menggunakan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design Metode pengumpulan data menggunakan tes (essay) dan analisis data menggunakan N-gain dan uji varians untuk mengetahui adanya perbedaan karekter pada tiap kelompok.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-gain pada kelompok eksperimen dalam ketegori tinggi, dan hasil uji varians diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran terhadap pemecahan masalah matematis dengan menggunakan strategi PQ4R berbantuan bahan ajar gamifikasi.


Keywords


kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran PQ4R, bahan ajar gamifikasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 332 times | PDF view : 140 times

References


Agustina, L., Khastini, R. O., & Fitri, S. G. S. (2015). Pengaruh penerapan strategi belajar pq4r (preview, question, read, reflect, recite, review) menggunakan media komik pada kemampuan kognitif siswa pada materi sistem saraf. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 10(2).

Astuti, K., Ayu, I., Marhaeni, A. A. I. N., & Sariyasa, S. (2013). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha 3 (1).

Astuti, R. (2015). Meningkatkan kreativitas siswa dalam pengolahan limbah menjadi trash fashion melalui PjBL. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 37-41.

Baihaqi, I. (2016). Peningkatan keterampilan bermain drama dengan metode role playing pada kelompok teater kenes SMPN 4 Yogyakarta. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(2), 15-28.

Bintari, N. L. G. R. P., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2014). Pembelajaran bahasa indonesia berdasarkan pendekatan saintifik (problem based learning) sesuai kurikulum 2013 di kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1).

Choridah, D. T. (2013). Peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 194-202.

Dewi, R. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar matematika siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika) 2 (1).

Farida, F., Khoirunnisa, Y., & Putra, R. W. Y. (2018). Pengembangan bahan ajar gamifikasi pada materi bangun ruang sisi lengkung. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(2).

Hanurawan, F., & Soetjipto, B. E. (2018). Pengembangan buku panduan guru untuk pembelajaran PKn SD/MI melalui berbagai Model Cooperative Learning. Jurnal Sains Psikologi, 1(2).

Hidayat, W. (2017). Adversity quotient dan penalaran kreatif matematis siswa sma dalam pembelajaran argument driven inquiry pada materi turunan fungsi. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-28.

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017, June). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Theorems, 1(2), 301745.

Karyanti, K. (2017). Pengaruh model pembelajaran kumon terhadap pemahaman matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP negeri satu atap 4 pesawaran (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kusmanto, H. (2014). Pengaruh pemahaman matematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII semester genap SMP negeri 2 kasokandel kabupaten majalengka. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2).

Lalo, K. (2018). Menciptakan generasi milenial berkarakter dengan pendidikan karakter guna menyongsong era globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian, 12(2), 8.

Mardiansyah, Y. (2013). Pembuatan modul fisika berbasis TIK untuk mengintegrasikan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran siswa SMAN 10 Padang Kelas X Semester 1. Pillar of Physics Education, 1(1).

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan macromedia flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Muktitama, Aditya, D,. & Haryudo, S.I. ( 2016). Pengembangan dan implementasi perangkat pembelajaran kooperatif dengan metode pendukung PQ4R terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 5 (2).

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dan inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33-44.

Nasir, Z. M., & Hamzah, Z. A. Z. (2014). Sikap dan motivasi pelajar terhadap pembelajaran Bahasa Melayu. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 134, 408-415.

Noviyanti, T. (2013). Penerapan pembelajaran strategi PQ4R dalam peningkatan pembelajaran ips kelas V SD Negeri Karangasem 02. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 3(3).

Nurulhaq, H., & Margana, A. (2013). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mendapatkan strategi giving reward dengan konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 145-154.

Mawardi, P. (2016). Tantangan pendidikan islam di era globalisasi. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (1): 1–11.

Pradana, I. W., & Santosa, S. (2013). Pengaruh penerapan PQ4R terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi, 2(2), 68-77.

Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi pendekatan kontekstual berbantuan Hands on Activity (HoA) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73-80.

Putra, R. W. Y. (2015). Pembelajaran konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan kategori pengetahuan awal matematis SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 155-166.

Rahardja, U., Aini, Q., Apriani, D., & Khoirunisa, A. (2019). Optimalisasi informasi manajemen laporan assignment pada website berbasis content management system. Technomedia Journal, 3(2 Februari), 213-223.

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan pendidikan realistik matematika dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Ramli, S., Bakar, S. A. S. A., & Khan, S. M. (2015). Cabaran yang dihadapi pendidikan seni visual dengan kemunculan teknologi maklumat dan komunikasi (ict) di malaysia: challenges faced by visual art education with the existence of information and communication technology (ict) in malaysia. Jurnal Pengajian Melayu/Journal of Malay Studies (JOMAS), 26(1), 81-93.

Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan metode pembelajaran project based learning (PjBL) disertai dengan peta konsep untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada materi redoks kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74-81.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150-163.

Savitri, N. P. O., Arcana, I. N., & Agung, A. G. (2013). Pengaruh strategi pembelajaran pq4r berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Gugus VI Kecamatan Sawan. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Setiawati, N.L.P, Dantes,N., & Candiasa, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif thinking aloud pair problem solving (TAPPS) berbantuan lks terhadap sikap sosial dan hasil belajar matematika siswa kelas VI SLB Negeri Gianyar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia 5 (1).

Stiawan, D. (2019). Kajian implementasi studi matematika pada kelas inklusi di smpn 10 pekalongan. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 7(1), 1-9.

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh model realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115-122.

Susanti, T., Khairati, R., & Badariah, B. (2019). pengaruh strategi pembelajaran pq4r (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu siswa madrasah tsanawiyah: the influence of PQ4R learning strategies (preview, question, read, reflect, recite, review) on integrated natural sciences learning outcomes madrasah tsanawiyah students. Biodik, 5(2), 139-149.

Supardi, S. (2015). Peran kedisiplinan belajar dan kecerdasan matematis logis dalam pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).

Susanti, T. R. K & Badariah . (2019). Pengaruh strategi pembelajaran pq4r (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu siswa madrasah tsanawiyah. Biodik, 5 (2): 139–49.

Takdir, M. (2017). Kepomath go “penerapan konsep gamifikasi dalam pembelajaran matematika dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa”. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(1).

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Santosa, A. (2017). Persepsi siswa dan guru terhadap implementasi metode active learning dalam pembelajaran PAI kelas VIII Di SMPN 1 Srandakan Bantul.

Widayadnyani, R.P.I., Zulaikha, S., & Negara, I.G.A.O. (2014). Model pembelajaran kooperatif tipe sq4r berbasis keterampilan proses berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Mimbar PGSD Undiksha 2 (1).

Widowati, A. (2009). Pengembangan critical thinking melalui penerapan model PBL (problem based learning) dalam pembelajaran sains. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 16).

Wulandari, D. (2019). Pengaruh strategi pembelajaran predict discuss explain observe discuss explain (pdeode) berbantuan bahan ajar gamifikasi pada materi peluang terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smp (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Yahya, A., & Bakri, N. W. (2019). Komparasi hasil belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif metode tutor sebaya dan metode SQ4R setting kooperatif. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(1), 36-47.

Yaumi, M., Sutopo, & Parno. (2019). Pembelajaran fisika menggunakan pemodelan untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi hukum newton gravitasi dan hukum kepler. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika 7 (1): 21–27.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v9i2.1824

Article Metrics

Abstract view : 332 times
PDF - 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.