Pengembangan instrumen e-quiz pada pembelajaran daring materi ekosistem kelas VII SMP

Ayu Amaliana Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen E-Quiz.  Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi dengan 8 langkah penelitian dan pengembangan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji operasional lapangan. Data dikumpulkan melalui teknik non-tes (angket ahli media; angket respon guru dan angket respon siswa). Subjek uji coba dilakukan pada 31 siswa Kelas VII G di SMP 2 jekulo Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) selama ini guru menggunakan Google Form sebagai media penilaian selama pembelajaran daring; (2) penelitian ini menghasilkan produk berupa E-Quiz yang digunakan sebagai instrumen penilaian yang layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari validator ahli media dengan persentase rata-rata sebesar 88% dengan kategori “Sangat Valid”; dan (3) respon guru dengan rata-rata persentase sebesar 85% dengan kategori “sangat praktis”, sedangkan rata-rata persentase yang diperoleh dari angket respon siswa sebesar 85% dengan kategori “sangat praktis”.


Keywords


E-Quiz, Instrumen, Pembelajaran daring

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 250 times | PDF view : 334 times

References


Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Article Review Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online Summative Assessment and Formative Assessment of Online Learning, 2(1), 1–10.

Aini, D. F. N., & Sulistyani, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian E-Quiz ( Electronic Quiz ) Matematika Berbasis Hots ( Higher of Order Thinking Skills ) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Edumaspul:Jurnal Pendidikan - Vol 3 No. 2 (2019) 1-10, 3(2), 1–10.

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Deviana, T., & Sulistyani, N. (2021). Implementing Hots-Based Interactive Quizzes Oriented on Local Wisdom Through Quizizz Application At Elementary Schools. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 159–173. Retrieved from https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP

Fitri, J., Sa, S., & Yusup, I. R. (n.d.). Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem Melalui Penerapan Model Problem Posing Learning Berbasis Dongeng Sains ( Ppl-Ds ). Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 09(01).

Handayani, N. A., & Jumadi. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. Retrieved from https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033

Ika Handarani, O., & Sri Wulandari, S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. Retrieved from https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Ismiati, M. B., & Hermawan, L. (2020). Online Quiz Application for Informatics and Information System Students ( Task Portal Development ). Jurnal of Computer Science an Engineering, 1(1), 30–39.

Jahroh, N. N. (2018). Pengembangan Tes Tertulis Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Mengunakan Google Form Pada Materi Kewajiban Menuntut Ilmu Dan Haji Kelas X Sma Swadhipa Natar.

Maurer, H., & Schinagl, W. (2007). E-Quiz - a simple tool to enhance intra-organisational knowledge management e-learning and edutainment training. World Conference on E-Learning in Corporate, Government, Healthcare, and Higher Education 2007, (1), 1080–1088. Retrieved from http://editlib.org/p/26480%5Cnhttp://www.editlib.org/p/26480/

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 180–185.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.

Ngafifah, S. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di SD Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam 1, IX(02), 126.

Nugroho, A. S. (2020). Implementasi Penggunaan Media Quizizz Pada Kegiatan Penutup Pelajaran Pengantar Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Di Kelas X AKKL 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020.

Nurdin. (2021). Kendala Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di MIN 4 Bungo 1. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 02, 122–130.

Pratiwi, W., Yamtinah, S., & Redjeki, T. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di Kelas Xi Ipa 2 Sma Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 46–54.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. Retrieved from https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di SMA N 1 Prambanan, 4(1), 1–10.

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI Di SDN Guntur Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(2), 274.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 60–66.

Rajabi, M., Ekohariadi, E., & Buditjahjanto, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi UNESA, 3(01), 247005.

Roysa, M., & Hartani, A. (2020). Aplikasi Daring Quizziz Sebagai Solusi Pembelajaran Menyenangkan Di Masa Pandemi. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 315–326. Retrieved from https://doi.org/10.52217/lentera.v13i2.650

Rudyanto, H. E. (2014). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum, 4(1), 45.

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Seminar Nasioanal Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019, 167–173.

Suciningsih. (2020). Quizizz Sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar Dalam Masa Covid-19 Di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas.

Sukarti Kete. (2017). Implementasi Evaluasi Program Model Formatif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMP Negeri 4 Kendari Kota Kendari. Jurnal Al-Ta’dib, 10(1), 109–126.

Tiana, A., Damai Sagita Krissandi, A., & Sarwi, M. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika, 2(6), 11.

Wahyuni, V., Kartono, & Susiloningsih, E. (2018). Development of Project Assessment Instruments to Assess Mathematical Problem Solving Skills on A Project-Based Learning. Journal of Educational Research and Evaluation, 7(2), 147–153.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v10i2.3279

Article Metrics

Abstract view : 250 times
PDF - 334 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.