Pembelajaran fisika berbasis CTL melalui metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi tata surya

Rosi Yulistia Wati, Hadi Kusuma Ningrat, Lalu A. Didik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada materi tata surya menggunakan model pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui metode eksperimen di kelas VII MTs. Al-Madaniyah Jempong Barat Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran fisika berbasis CTL melalui metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I persentase motivasi peserta didik dengan kategori sedang mencapai 70%, persentase motivasi peserta didik dengan kategori tinggi mencapai 30%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan persentase motivasi peserta didik kategori sedang mencapai 25%, kategori tinggi dengan persentase 75%. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata-rata 57 dengan persentase ketuntasan klasikal 38%, untuk siklus II mencapai nilai rata-rata 71 dengan nilai ketuntasan klasikal 88%.


Keywords


CTL, metode eksperimen, motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 75 times

References


Alpian, Y., Anwar, A. S., & Puspawati, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 3(3), 894-900.

Aqib, Z. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Karya.

Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan motivasi belajar menggunakan contextual teaching and learning di madrasah ibtidaiyah swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 5(1), 16-28.

Ayuningtias, N. K. A. T., Yasa, P., & Sujanem, R. (2019). Penerapan model contextual teaching and learning untuk meningkatkan prestasi belajar fisika kelas XI MIPA 4 SMAN Tahun Pelajaran 2018/2019. JPPF, 9(1), 34–42.

Didik, L. A., & Aulia, F. (2019). analisa tingkat pemahaman dan miskonsepsi pada materi listrik statis mahasiswa tadris fisika menggunakan metode 3-tier multiple choices diagnostic. Phenomenon, 9(1), 99–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.2905

Didik, L. A., Wahyudi, M., & Kafrawi, M. (2020). Identifikasi miskonsepsi dan tingkat pemahaman mahasiswa tadris fisika pada materi listrik dinamis menggunakan 3-tier diagnostic test. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 128–137. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9911

Fadhli, Y. R., & Yoenanto, N. H. (2021). Efektivitas pelatihan contextual teaching and learning (CTL) guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar di Pulau Sebatik. Jurnal Psikologi TALENTA, 6(2), 1-11.

Fadhilah, N., Fitriani, & Raudhatul. (2018). Hubungan antara aktivitas belajar siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran kimia kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 30–39.

Fayakun, M., & Joko, P. (2015). Éfektivitas pembelajaran fisika menggunakan model kontekstual (CTL) dengan metode predict, observe, explain terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49–58.

Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas bahan ajar tematik sekolah dasar berbasis budaya lokal melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap aktivitas belajar siswa. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 342-348.

Korganci, N., Miron, C., Dafinei, A., & Antohe, S. (2015). The importance of inquiry-based learning on electric circuit models for conceptual understanding. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 2463–2468. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.530

Malmia, W., Latbual, J., Hentihu, V. R., & Loilatu, S. H. (2020). Efektifitas pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa: (the effectiveness of contextual teaching and learning (CTL) on student mathematics learning achievements). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(2), 31-39.

Mulyono, Y. (2018). Critical thinking skills of physics education students through CTL-based fundamental biology. In Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series (Vol. 2, No. 1).

Mulyono, Y. (2018). Improving creativity of the future physics teachers through general biology learning based on CTL with experimental method. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 1-7.

Murtiani. (2012). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) berbasis lesson study dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di SMP Negeri Kota Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1–21.

Philip, J. (2017). A study on the relation between scientific attitude and achievement in physics of secondary school student. Internasional Education & Research Journal, 3(2), 27–30.

Purwanto, E., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2015). Pembelajaran fisika dengan contextual teaching and learning menggunakan media animasi flash dan video ditinjau dari kemampuan verbal siswa. Inkuiri, 4(4), 77–86.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Rahmi, A., & Suparman, S. (2019). Analisis kebutuhan modul dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan 4c pada peserta didik. Prosiding Sendika, 5(1).

Ratnasari, S. F., & Saefudin, A. A. (2018). Efektivitas pendekatan contextual teaching and learning (CTL) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 119-127.

Sari, I. N., Saputri, D. F., & Sasmita. (2016). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 108–114.

Setyowati, D. W. N. (2017). Keefektifan pendekatan CTL terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 50-57.

Singh, V. K., Singh, A. K., & Giri, A. (2016). A study of the relationship between scientific attitude and academic achievement of rural area’s intermediate college girls (science stream only). International Journal of Applied Research, 2(4), 46–49.

Siregar, A., & Sunarno, W. (2013). Pembelajaran fisika kontekstual melalui metode eksperimen dan demonstrasi diskusi menggunakan multimedia interaktif ditinjau dari sikap ilmiah dan kemampuan verbal siswa. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 11(1), 49–58.

Subayani, N. W., & Nugroho, A. S. (2018). Pengembangan modul berbasis budaya lokal untuk meningkatkan literasi sains dan mereduksi miskonsepsi sains mahasiswa calon guru SD. JTIEE, 2(2), 143–152.

Suharsimi, A. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Suryawati, E., & Osman, K. (2018). Contextual learning: innovative approach towards the development of students’ scientific attitude and natural science performance. EURASIA J Math Sci Tech Ed, 4(1), 61–76. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/ejmste/79329

Syahruddin, S., Fachruddin, F., & Mardianto, M. (2018). Pengaruh strategi everyone is a teacher here (eth), contextual teaching and learning (CTL), dan crossword puzzle (CWP) serta motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab di MTs. Darul Falah Aek Songsongan. ITTIHAD, 1(2).

Yudha, C. B. (2018). Peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar matematika melalui pendekatan contextual teaching and learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 12-27.

Yulia, P., & Ningsih, S. U. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting dan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 56-62.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Wa. +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.