Pengembangan e-modul android berbasis metakognisi sebagai media pembelajaran biologi kelas XII SMA/MA

Nukhbatul Bidayati Haka, Emilya Majid, Agus Pahrudin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul android berbasis metakognisi serta menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahap yaitu, studi pendahuluan, perencanaan penelitian, pengembangan desain, uji coba terbatas, revisi uji coba terbatas, uji coba skala luas, revisi hasil uji coba secara luas. Sampel penelitian ini didapatkan melalui teknik purposive sampling yaitu 10 pesera didik pada uji  coba skala terbatas dan 30 peserta didik pada uji coba skala luas. Uji kelayakan e-modul android menggunakan angket validasi ahli media, ahli bahasa, ahli materi, serta angket respon dari pendidik dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif yang memaparkan hasil pengembangan produk E-modul Android Berbasis Metakognisi. Indikator metakognisi yaitu pengetahuan deklarasi, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional. Hasil penelitian menunjukkan e-modul android berbasis metakognisi valid dan sangat layak, praktis, dan efektif dalam capaian metakognisi peserta didik sehingga dapat direkomendasikan dalam pembelajaran.


Keywords


e-modul android, metakognisi, media pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 194 times | PDF view : 158 times

References


Devie, D. N., Gusfarenie, D., & Safita, R. (2020). Pengembangan e-modul biologi umum berbasis konstruktivisme menggunakan 3D Pageflip. Jurnal Kependidikan Betara, 1(4), 152-162.

Simarmata, E. A., Santyadiputra, G. S., ST, M. C., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran pemrograman desktop kelas XI rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri 2 Tabanan. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 93-102.

Fatoni, A., & Rendra, D. B. (2014). Perancangan prototype sistem kendali lampu menggunakan handphone android berbasis arduino. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 1.

Fazriyah, N. (2016). Pengembangan kemampuan berpikirkritis, kreatifitas, komunikasi, dan kolaborasi dalam pembelajaran abad 21, Prosiding Seminar Jurnal Pendidikan Dasar, 1: 285-290.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2014). Applying educational research: How to read, do, and use research to solve problems of practice. Pearson Higher Ed.

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of models and learning platforms for prospective teachers during the COVID-19 pandemic period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70.

Hidayat, Y. N., Wardono, W., & Rusilowati, A. (2019, February). Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari metakognisi siswa dalam pembelajaran synectics berbantuan schoology. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 911-916).

Hafsah, N. R., Rohendi, D., & Purnawan, P. (2016). Penerapan media pembelajaran modul elektronik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106-112.

Haka, N. B. (2020). Pengembangan komik manga biologi berbasis android untuk peserta didik kelas XI di tingkat SMA/MA. Journal Of Biology Education, 1(1), 17-32.

Haka, N. B., Makrupah, S., & Anggoro, B. S. (2020). Pengembangan website online berbasis blended learning untuk meningkatkan penguasaan konsep mata pelajaran IPA. Jurnal Bioterdidik, 8(1): 66-76. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i1.08

Lidia, R., Sarwi, S., & Nugroho, S. E. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan modul terhadap kemampuan metakognitif siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(2), 104-111.

Muhali, M., Prayogi, S., Asy’ari, M., Hunaepi, H., Sukarma, I. K. S. K., Mirawati, B., ... & Fitriani, H. (2019). Pelatihan guru MIPA MAN 3 Lombok Tengah dalam menyusun perangkat pembelajaran yang melatihkan kemampuan metakognisi siswa. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 49-60.

Nova, N., Degeng, I. N. S., & Sulton, S. (2021). Pengembangan e-modul pembelajaran agama kristen menggunakan scaffolding untuk meningkatkan kemampuan metakognitif komunitas remaja kristen sumba. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 69-79.

Nurdiana, A. M. R., Sutarman, S., & Widjianto, W. (2019). Pengembangan media modul elektronik berbasis android pada pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 2(1), 30-35.

Pahrudin, A., Nur, A., Syamsul, H., & Nita, A. (2020). The effects of the ECIRR learning model on mathematical reasoning ability in the curriculum perspective 2013: Integration on student learning motivation. European Journal of Educational Research, 9(2), 675-684.

Pahrudin, M. P. (2019). Development of islamic value-based picture in biology learning with the ISI-ARE model. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 4(2), 237-248.

Permani, A., & Priyanto, P. (2019). Pengembangan modul elektronik pemrograman berorientasi objek untuk siswa kelas XI rekayasa perangkat lunak dengan model four-D. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 4(1), 12-16.

Pratama, M., Johari, A., & Marzal, J. (2018). pengembangan e-modul biologi berbasis potensi daerah kerinci pada materi plantae dan animalia: Development of Biological E-Modules Based on Kerinci Resources for Plantae And Animalia Materials. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 1-10.

Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran videografi untuk siswa kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(1), 70-78.

Purwaningtyas, P., Dwiyogo, W. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan modul elektronik mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan kelas XI berbasis online dengan program Edmodo. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(1), 121-129.

Rahman, A. (2018). Profil kemampuan berpikir kritis dan kemampuan metakognitif siswa berdasarkan jenis kelamin. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 28-43.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Pranamedia Group.

Santrock, J.W. (2004). Psikologi Pendidikan Edisi Dua. Jakarta: Kencana Prenandamedia Group.

Setiawan, D., & Susilo, H. (2015, March). Peningkatan keterampilan metakognitif mahasiswa program Studi biologi melalui penerapan jurnal belajar dengan Strategi jigsaw dipadu PBL berbasis lesson study Pada matakuliah biologi umum. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 2009, pp. 359-369).

Subarkah, A. N. Qolbi, F.S. Irwansyah, W. Darmalaksa, & Mahmud. (2017). Developing e-modul based on islamic values, The 2nd International Conference on Sosialogy Education,: 190-194.

Syafriah, U. (2017). Pengembangan e-modul pada mata pelajaran biologi materi pokok animalia invertebrata untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 8(2).

Telaumbanua, Y. N. (2018). Pengembangan modul matematika berbasis strategi metakognitif dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMA. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 3(1), 98-98.

Megadani, T. Y., Lukitasari, M., & Yuhanna, W. L. (2018, November). Pengembangan modul biologi pada materi pertumbuhan dan perkembangan berbasis metakognisi. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS (Vol. 3).

Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2018, February). Analisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis penelitian uji antimikroba pada matakuliah mikrobiologi. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).

Wiranda, T., & Adri, M. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(4), 85-92.

Yusra, A. A., Maris, I. M., & Haris, V. (2019). Pengembangan modul prisma dan limas berbasis pendekatan metakognitif untuk kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 3(2), 76-87.

Zulfikar, R. N., & Tamrin, M. (2019). Pengembangan modul matematika dengan pendekatan metakognitif untuk memfasilitasi kemandirian belajar siswa SMK Muhammadiyah Kupang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 70-74.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Wa. +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.