Kualitas subject specific pedagogy (SSP) IPA berbasis model iqra’ dan literasi mitigasi bencana merapi

Erwin Prastyo, Ika Kartika, Widodo Setiyo Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas produk dan mengukur respon guru IPA terhadap Subject Specific Pedagogy (SSP) yang telah dikembangkan. SSP terdiri dari empat komponen yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta didik (LKS), dan lembar penilaian. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian Study and Development dengan model prosedural adaptasi Borg & Gall yang melibatkan 5 tahap utama. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas untuk ahli dan skala respon untuk guru IPA menggunakan skala Likert berbentuk ceklis. Hasil penelitian menunjukkan kualitas SSP menurut penilaian ahli sangat baik dengan persentase keidealan 92,20%. Respon guru IPA pada uji coba skala kecil adalah setuju, sedangkan pada uji coba lapangan skala besar adalah sangat setuju. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SSP yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu perangkat pembelajaran IPA yang terintegrasi pendidikan sadar bencana Merapi untuk SMP/MTs.  


Keywords


Mitigasi bencana Merapi, model Iqra’, Subject Specific Pedagogy

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 239 times | PDF view : 198 times

References


Atmojo, S. E., Rusilowati, A., Dwiningrum, S. I. A., & Skotnicka, M. (2018). The reconstruction of disaster knowledge through thematic learning of science, environment, technology, and society integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2): 204-2013.

Ayub, S., Makhrus, M., Arduha, J., Verawati, N. N. S. P., & Kosim, K. (2019). Kesiapsiagaan bencana gempabumi di SMP Negeri 2 Mataram. Prosiding PEPADU, 1(1), 273-281.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction (4th edition). New York: Longman Inc.

Carr, B. B., Clarke, A. B., & Vanderkluysen, L. (2016). The 2006 lava dome eruption of merapi volcano (Indonesia): detailed analysis using MODIS TIR. Journal of Volcanology and Geothermal Research, 311, 60-71.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk SMA kelas X. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2): 94-103.

Gusti, D. A., & Ratnawulan, R. (2021). Efektivitas LKPD IPA terpadu tema energi dalam kehidupan dengan PBL terintegrasi pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan sikap peserta didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1).

Handayani, T. W. (2018). Peningkatan pemahaman konsep IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SD. Edutainment, 6(2), 130-153.

Hassard, J. The Art of Teaching Science: Inquiry and Innovation in Middle School and High School. New York: Oxford University Press, Inc.

Indrawati, F. Y., Fatmaryanti, S. D., & Maftukhin, A. (2019). Pengaruh pembelajaran fisika menggunakan model sets (science, environment, technology, and society) terintegrasi mitigasi bencana alam terhadap kemampuan analisis dan transferable skills peserta didik. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 12(2), 54-60.

Islamiyah, O. R. A., Minarto, E., & Santoso, A. B. (2019). Estimasi kedalaman dan perubahan volume sumber tekanan gunung merapi berdasarkan pengamatan data tiltmeter. Jurnal Sains dan Seni ITS, 7(2), 70-74.

Marwanti, E., & Nugroho, I. A. (2021). Implementasi pendidikan karakter pendidikan lingkungan sekolah di era pandemi Covid-19 pada siswa sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(2).

Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In Design approaches and tools in education and training (pp. 125-135). Springer, Dordrecht.

Nisa, C., & Haksama, S. (2020). Analisis kesiapsiagaan kasus kecelakaan lalu lintas di sekolah, puskesmas, dan kepolisian Kota Surabaya. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 30(4).

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi sadar bencana melalui sosialisasi kebencanaan sebagai upaya peningkatan pengetahuan siswa terhadap mitigasi bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49-55.

Purboningsih, D. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan guided discovery pada materi barisan dan deret untuk siswa SMK kelas X. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 467-474).

Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi etnosains dalam pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. Science Education Journal, 3(1): 25-31.

Rusilowati, A., Supriyadi, Binadja, A., & Mulyani, S. E. S. (2012). Mitigasi bencana alam berbasis pembelajaran bervisi science environment technology and society. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 51-60.

Saeng-Xuto, V. (2018). Local wisdom related to STEM education. Journal of Physics: Confrence Series, 1340: 1-5.

Sari, S. A. (2019). Integrasi kurikulum kebencanaan dan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi kesiapsiagaan. In TALENTA Conference Series (Vol. 2, No. 2, pp. 361-369).

Suastra, I. W. (2010). Model pembelajaran sains berbasis budaya lokal untuk mengembangkan kompetensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(2):8-16.

Supriyadi, Rusilowati, A., Linuwih, S., Binadja, A., & Salawane, C. (2019). Science environment technology and society approach learning to improve natural disaster mitigation literacy, Journal of Physics: Conference Series, 1387, 1-5.

Tamimiya, K. T., & Suryadarma, I. G. P. (2019). Potensi lokal Gunung Ijen untuk pemahaman konsep dan berpikir kreatif pengurangan resiko bencana. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 117-128.

Triyoga, L. S. 2010. Merapi dan Orang Jawa: Persepsi dan Kepercayaannya. Jakarta: Grasindo.

Wedyawati, N., Lisa, Y., & Magdovia, E. E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran IPA Mitigasi Bencana terhadap Hasil Belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1): 9-13.

Wibowo, W. S., Nurohman, S., & Maryanto, A. (2018). Surrogate experiential learning-based science subject specific pedagogy to build disaster preparedness of junor high school students on volcanic eruption. Journal of Science Education Research, 2(1): 39-46.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v9i2.2244

Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF - 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.