Pengaruh strategi pembelajaran SEGU terhadap keterampilan grafik dan kolaborasi peserta didik sma pada materi sistem reproduksi

Intan Inzelia Noor

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penerapan strategi pembelajaran SEGU terhadap keterampilan grafik dan kolaborasi peserta didik SMA pada materi reproduksi. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan desain penelitian Non-Equivalen Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah dua kelas XI MIPA di salah satu Sekolah Menengah Atas di Bandung yang diambil menggunakan Purposive Sampling. Keterampilan grafik yang diukur meliputi kemampuan peserta didik dalam membuat, membaca, mengonversikan data mentah menjadi grafik, dan sikap seseorang dalam menghadapi suatu permasalahan dalam bentuk grafik data. Keterampilan kolaborasi yang diukur mencakup kerjasama, fleksibilitas, tanggung jawab, kompromi, dan komunikasi. Instrumen yang digunakan berupa tes awal, tes akhir, rubrik penilaian keterampilan kolaborasi, dan angket tanggapan peserta didik mengenai SEGU. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada keterampilan grafik dan kolaborasi peserta didik. Hal tersebut juga menunjukkan terdapat pengaruh yang berarti terhadap penerapan SEGU. Sebagian besar tanggapan peserta didik terhadap implementasi SEGU menunjukkan respon positif.


Keywords


SEGU, Keterampilan Grafik, Keterampilan Kolaborasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 233 times | PDF view : 283 times

References


Aspridanel, A. (2019). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Mengingkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Skripsi: Universitas Lampung.

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Atmojo, S. E., Rusilowati, A., Dwiningrum, S. I. A., & Skotnicka, M. (2018). The reconstruction of disaster knowledge through thematic learning of science, environment, technology, and society integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2): 204-2013.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional [BKKBN]. (2019). Bahas Materi Kesehatan Reproduksi di Sekolah Kepala BKKBN Temui Mendikbud.

Bruer, J. T. dan Camilla, P. (2010). Preparing the next generation of stem innovators: Identifying and developing our nation's human capital. National Science Foundation.

Harsh, J. A. & Schmittharsh, M. (2016). Instructional strategies to develop graphing skills in the college science classroom instructional strategies to develop graphing skills in the college science classroom in the sciences , proficiency in graphing is considered a central element of scientific. American Biology Teacher. 78(1), pp. 49–56. doi: 10.1525/abt.2016.78.1.49.

Harsh, J.A., Maltese, A.V. dan Warner, J.M. (2013). The Development of Expertise in Data Analysis Skills: An Exploration of The Cognitive and Metacognitive Processes by Which Scientists and Students Construct Graphs. Boston: American Association for the Advancement of Science (AAAS) National Meeting.

Hidayat, A., Sa'diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71-86.

Kementrian Kesehatan RI. (2014). Pedoman manajemen pelayanan keluarga berencana. Jakarta: Kementrian Kesehatan.

Kementrian Pendidikan dan Budaya. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Permendikbud.

Knoll, S.W., Plumbaum, T., Hoffmann, J. L., dan De Luca, E.W. (2010). Collaboration ontology: Applying collaboration knowledge to a generic group support system. Proceedings of the Group Decision and Negotiation Conference 2010.

Koerniantono, K. (2018). Strategi pembelajaran. SAPA-Jurnal Kateketik dan Pastoral, 3(1), 126-142.

Lindner, J. R., Edney, K. C., dan Jones, T. (2010). Using Instructional technologies the classroom: graphing calculators the texas FFA agricultural mechanics career development event. Journal of Southern Agricultural Education Research, 60.

Marbun, P. (2019). Strategi pembelajaran transformatif. Diegesis: Jurnal Teologi, 4(2), 41-49.

Maulida, N., Sa’adah, S., & Ukit, U. (2021). Peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa melalui pembelajaran berorientasi TPACK dengan blended learning pada materi sistem gerak. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 11(2), 79-87.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Santyasa, I. W. (2018). Student centered learning: Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika.

Stauffer, B. (2020). What are 21st century skills. Applied Educational Systems.

Stehle, S. M. dan Peters-Burton, E. E. 2019. Developing student 21st century skill in selected exemplary inclusive STEM high schools. International Journal of STEM Education, 6, 39, https://doi.org/10.1186/s40594-019-0192-1.

Sunaryanto, H. 2012. Analisis fertilitas penduduk Provinsi Bengkulu. Jurnal Kependudukan Indonesia, 7(1), 21-42.

Trisdiono, W. M. H. 2013. Strategi pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. D.I. Yogyakarta.

Uzun, Sari, M., Sezen, N., and Bulbul, A. 2012. Investigating students’ abilities related to graphing skill. Social and Behavioral Sciences, 46, 2942 – 2946.

Widoyoko, E, P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., dan Nyoto, A. 2016. Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, ISSN 2528-259X

Yanah, P. A., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2018). Efektivitas model flipped classroom pada pembelajaran fisika ditinjau dari self efficacy dan penguasaan konsep siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 65-74.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v9i2.2269

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF - 283 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.