Analisis kualitas dan efektivitas pemanfaatan buku ajar biologi SMA kelas x semester 1

Unsi Rianasari Pratiwi, Trianik Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan efektivitas pemanfaatan buku ajar biologi kelas X semester 1 kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah peneliti, guru biologi dan 40 peserta didik kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Obyek penelitian ini adalah buku ajar  biologi kelas X SMA kurikulum 2013 yang digunakan guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan angket dengan    menggunakan instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitaif. Buku ajar biologi SMA kelas X semester 1 kurikulum 2013 yang digunakan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan empat unsur kelayakan buku ajar menurut BSNP yaitu kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan dengan tingkat kelayakan 75%. Respon peserta didik terhadap buku ajar diperoleh persentase 77% yang termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya, ketuntasan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai PTS menunjukkan rata-rata nilai peserta didik yaitu 79,75 sehingga buku ajar dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Kualitas, Efektivitas, Buku Ajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 193 times | PDF view : 452 times

References


Ahmad, K., & Lestari, I. (2010). Pengembangan bahan ajar perkembangan anak usia SD sebagai sarana belajar mandiri mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(XIII), 183–193.

An Nisaa, R., Rochintaniawati, D., & Fitriani, A. (2015). Analisis buku biologi kelas X berdasarkan muatan literasi sains. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Apriani, W. (2021). Pengaruh pengawas sekolah terhadap efektivitas mengajar pada sekolah dasar negeri (SDN) 007 Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. ADMINISTRASI PUBLIK, 1(2), 1597-1611.

Astuti, D., & Prabowo, A. (2020). Pengembangan bahan ajar educational statistics untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1172-1183.

Basuki, W. N., Rakhmawati, A., & Hastuti, S. (2015). Analisis isi buku ajar bahasa indonesia wahana pengetahuan untuk SMP/MTS kelas VIII. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 3(2).

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Retrieved November 12, 2019, from http://bsnp-indonesia.org/2014/05/28/instrumen-penilaian-bukuteks-pelajaran-tahun-2014/

Fatin, I., & Yunianti, S. (2019). Kualitas Bahan Ajar Keterbacaan Berorientasi Direct Instruction. Jurnal Belajar Bahasa, 4(1).

Fauziyah, I. R. (2021). Strategi guru dalam pembelajaran jarak jauh pada era pandemi covid-19 di MI Unggulan Miftahul Huda Gampengrejo Kediri.

Haq, A. A. (2019). Peranan guru dalam pelaksanaan program kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in Bumiayu Malang. Vicratina: jurnal pendidikan islam, 3(2), 26-36.

Hiday, D., Safitri, R., & Alfan, M. (2021). Kesalahan morfosintaksis pada buku ajar bahasa arab kelas 5 MI terbitan Departemen Pendidikan Hidayatullah. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1), 1-5.

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, K. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1).

Juwita. (2016). Evaluasi buku teks (bahan ajar) bahasa Indonesia paket b bahasa indonesia balai pengembangan pendidikan non formal informal (BPPNFI) Provinsi Bengkulu. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, IV(01).

Kantun, S., & Budawati, Y. (2015). Analisis tingkat kelayakan bahan ajar ekonomi yang digunakan oleh guru di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, IX(2), 129–146.

Kori, F., Amrin, S., & Ma, S. H. G. (2019). Implementasi pembelajaran K13 terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Ende. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 70-74.

Kurniyawati, Y., Mahmudi, A., & Wahyuningrum, E. (2019). Efektivitas problem-based learning ditinjau dari keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 118-129.

Laeli, S., Mahruddin, A., & Fazriah, D. F. (2017). Efektivitas kurikulum berbasis kemasyarakatan. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 115-125.

Maula, I. I. (2020). Strategi pembelajaran mandiri pada Madrasah Ibtidaiyah. eL-SANTRY: Jurnal Mahasiswa Pendidikan, Syariah dan Ushuludin, 1(2), 72-84.

Mulyasa. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nazilah, S. A., Sriyono, & Nurhidayati. (2014). Persepsi guru terhadap kualitas buku ajar cetak fisika kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Purworejo. Jurnal Radiasi, 5(1).

Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 51-65.

Nugroho, E. D., Vlorensius, Rasidah, I., & Anisa, N. (2017). Analisis isi, penyajian materi dan keterbacaan dalam buku teks IPA kurikulum 2013 SMP kelas VII semester I. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2).

Nurfadilah, N., Sudaryanti, D., & Anwar, S. A. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis online, motivasi belajar dan bahan ajar terhadap efektivitas pembelajaran Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 10(04).

Permawati, H., Muslim, M., & Ismet, I. (2017). Peran strategis buku ajar dalam meningkatkan pemahaman literasi sains mahasiswa calon guru fisika. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, pp. 116-124).

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Rizki, S., & Syutaridho. (2014). Efektivitas Bahan Ajar Bangun Ruang Sisi Datar

Rizki, S., & Syutaridho, S. (2014). Efektivitas bahan ajar bangun ruang sisi datar menggunakan 5e instructional model terhadap aktivitas dan hasil belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).

Saputri, D. F., Fadilah, S., & Wahyudi. (2016). Efektivitas penggunaan buku ajar fisika matematika berbasis inkuiri dalam perkuliahan fisika matermatika. JPPPF- Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas alat peraga edukatif (APE) balok dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Alim| Journal of Islamic Education, 2(1), 1-30.

Suyanto, & Hisyam. (2000). Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Ule, K. N., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis jelajah alam sekitar (JAS) materi ekosistem taman nasional kelimutu (TNK) SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 147-156.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v9i2.2271

Article Metrics

Abstract view : 193 times
PDF - 452 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.