PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK CAHAYA
Abstract
pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran learning cycle termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 51 (3) Keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran learning cycle termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 58 (4) Hasil belajar kognitif menggunakan model pembelajaran learning cycle pada materi pokok cahaya dapat menuntaskan 40% siswa dan 60% siswa tidak tuntas dengan ketuntasan TPK sebesar 39% tuntas dan 61% tidak tuntas.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 624 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 445 timesReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2, Jakarta:Bumi
Aksara, 2013
-----------, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 1999
Aziz, Abdul, “Penerapan Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Pokok
Bahasan Gerak Lurus Pada Siswa Kelas X Semester 1 SMAN 3
Palangkaraya Tahun ajaran 2012/2013,†Skripsi
BSNP, Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional, 2006
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009
Hamzah, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Meriana, Penerapan Model Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) Pada Materi
Dinamika Partikel Di SMA Negeri 1 Palangka Raya Tahun Ajaran
/2011, SkripsiNgalimun, Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012
-------------, Prinsip dan Teknik Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Nikmah Sinarhati, “Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Langsung
Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Materi Pengukuran Pada
Siswa kelas VII Semester I di MTsN-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2012
/ 2013 h.55†Skripsi
Nurhalimah, Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle Dengan
Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Suhu dan kalor Di SMA
Muhammadiyah 1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2011/2012, Skripsi
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada, 2007
Sudaryono, Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Graha
Ilmu, 2013Toharudi, Uus dkk, Membangun Literasi Sains Peserta Didik, Bandung: humaniora,
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta:Kencana, 2010
Trianto, Model pembelajaran terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Wena, Made, Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara,
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v4i1.244
Article Metrics
Abstract view : 624 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 445 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.