Analisis kemampuan multirepresentasi mahasiswa pada materi karakteristik gelombang elektromagnetik
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kemapuan mahasiswa semester 3 Pendidikan Fisika Universitas Jember yang menempuh matakuliah fisika dasar dalam menyelesaikan soal konsep karakteristik gelombang elektromagnetik. Bentuk multirepresentasi yang digunakan yaitu verbal (V) dan gambar (G). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dengan bantuan aplikasi google form. Jawaban mahasiswa dianalisis dan diberikan skor untuk mengidentifikasi kecenderungan mahasiswa dalam menggunakan penyajian konsep fisika secara multirepresentasi. Kemampuan multirepresentasi yang dimiliki mahasiswa dengan bentuk representasi verbal sebesar 65,6%lebih tinggi daripada bentuk gambar verbal sebesar 55,6% yang keduanya dalam kriteria baik. Untuk menunjang hasil belajar fisika mahasiswa maka perlu berbagai macam penyajian atau representasi dari pengetahuan yang telah dimiliki mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1069 times | PDF view : 788 timesReferences
Ainsworth, S. (2006). DeFT: A conceptual framework for considering learning with multiple representations. Learning and Instruction. 16 (3):183-198.
Heron, B. dan Meltzer, D. (2005). Guest editorial, the future of physic education research: intellectual challenge and practical concerns. American Journal of Physics . 73(5): 390.
Heuvelen, A.V & Xueli, Z. (2001). Multiple representation of work-energy procesess. American Journal of Physics. 69(2):184-194.
Kawamura, M. (2019). FermiSurfer: Fermi-surface viewer providing multiple representation schemes. Computer Physics Communications, 239, 197-203.
Kohl, P.B., David, R., and Noah, D.F. (2007). Strongly and weakly directed approach to teaching multiple representation use in physics. Physical Review Special Topics- Physics Education Research. 3, 010108.
Liliarti, N., & Kuswanto, H. (2018). Improving the competence of diagrammatic and argumentative representation in physics through android-based mobile learning application. International Journal of Instruction, 11(3), 107-122.
Marpaung, N., & Simanjuntak, M. P. (2018). Desain pembelajaran berbasis masalah dan multipel representasi terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika). 6(3).
Murtono., A. Setiawan dan Rusdiana. D. (2014). Fungsi representasi dalam mengakses penguasaan konsep fisika mahasiswa. JRKPF UAD. Vol 1(2): 80-84.
Nguyen, D., & Rebello, N.S. (2009). Students' difficulties in transfer of problem solving across representations. AIP conference Proceedings. Vol 1179(1): 221-224.
Nurhayati, Nurussaniah, dan Anita. (2017). Kemampuan multirepresentasi dan hubungannya dengan hasil belajar mahasiswa calon guru fisika. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol 22(1): 53-54.
Opfermann, M., Schmeck, A., & Fischer, H. E. (2017). Multiple representations in physics and science education–why should we use them?. In Multiple representations in physics education (pp. 1-22). Springer, Cham.
Rosengrant, D., Van Heuvelen, A., & Etkina, E. (2006, February). Case study: Students’ use of multiple representations in problem solving. In AIP Conference Proceedings (Vol. 818, No. 1, pp. 49-52). American Institute of Physics.
Ruwanto, B. 2007. Asas-Asas Fisika. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Sahara, L., Nafarudin, N., Fayanto, S., & Tairjanovna, B. A. (2020). Analysis of improving students’ physics conceptual understanding through discovery learning models supported by multi representation: measurement topic. Indonesian Review of Physics, 3(2).
Suhandi, A., & Wibowo, F. C. (2012). Pendekatan multirepresentasi dalam pembelajaran usaha-energi dan dampak terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).
Theasy, Y. (2018, March). Multi-representation ability of students on the problem solving physics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012005). IOP Publishing.
Utami, L. S., & Darmayanti, N. W. S. (2019). Efektifitas pembelajaran multirepresentasi untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa fisika materi gelombang dan optik tahun akademik 2018/2019. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 53-58.
Yesildag Hasancebi, F., & Gunel, M. (2013). College students’ perceptions toward the multi modal representations and instruction of representations in learning modern Physics. Eurasian Journal of Educational Research. 53 : 197-214.
Yusuf, M. dan W. Setiawan. 2009. studi kompetensi multirepresentasi mahasiswa pada topik elektrostatika. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2(1): 1-10.
Yusup, M. (2009). Multirepresentasi dalam pembelajaran fisika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unsri (pp. 1-7).
Widyoko, Eko P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Zacharia, Z. & Anderson, O.R. (2003). The effect of an interactive computer-based simulation prior to performing a laboratory inquiry based experiment on students’ conceptual understanding of physics. Americans Journal of Physics. 71 (6): 618-629.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v9i2.2483
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.