Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik

Catur Okti Windari, Fitri April Yanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sekampung dalam pembelajaran fisika melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, dimana peneliti mengamati secara langsung objek di lapangan yang meliputi dua siklus pembelajaran, satu siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Sekampung. Metode pengumpulan data keterampilan berpikir kritis menggunakan tes uraian, sedangkan data kegiatan pembelajaran berbasis masalah menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini adalah mengintegrasikan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah ke dalam keterampilan berpikir kritis, sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada keterampilan analisis sebesar 64,44% pada siklus I dan 75,55% pada siklus II, keterampilan berpikir sintesis 57,77. % pada siklus I dan 66,66% pada siklus II, keterampilan berpikir pemecahan masalah 38,88% pada siklus I dan 72,22% pada siklus II, keterampilan menyimpulkan 52,22% pada siklus I dan 70% pada siklus II, dan keterampilan mengevaluasi atau menilai 47,77% pada siklus I dan 62,22% pada siklus II pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sekampung pada materi statik fluida Tahun Ajaran 2015/2016.

Keywords


keterampilan berpikir kritis; pembelajaran fisika; problem based learning

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 50 times

References


Amin, S., Utaya, S., Bachri, S., Sumarmi, & Susilo, S. (2020). Effect of problem-based learning on critical thinking skills and environmental attitude. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 743–755. https://doi.org/10.17478/jegys.650344

Ansori, Z., Wartono, & Sutopo. (2017). Pembelajaran multi representasi dengan pendekatan empiris , teoritis dan animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2, 345–348.

Basri, H., & As,ari, A. R. (2018). Improving the critical thinking ability of students to solve mathematical task. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 13. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3013

Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: analysis of a new learning management model for thai high schools. Journal of International Studies, 11(2), 37–48. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2018/11-2/3

Dodi, Hudiono, B., & Suratman, D. (2015). Analisis keterampilan berpikir kritis pesera didik pada materi limit fungsi aljabar di kelas x sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1–15.

Emiliasari, R. N., Prasetyo, E., & Syarifah, E. F. (2019). Problem-based learning: developing students’ critical thinking. Linguists: Journal of Linguistics and Language Teaching, 5(1), 56. https://doi.org/10.29300/ling.v5i1.1962

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan berpikir kritis pesera didik pada materi barisan dan deret berdasarkan gaya berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving junior high schools’ critical thinking skills based on test three different models of learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101–116. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1017a

Hanna, D., Sutarto, & Harijanto, A. (2016). Model pembelajaran tema konsep disertai media gambar pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 23–29.

Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Rineka Cipta.

Lisniandila, N. P., Santyasa, I. W., & Suswand, I. (2019). The effect of problem based learning teaching method on students’ critical thinking skills in physics lesson at SMA Negeri 4 Singaraja. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 25(1), 16–24. https://doi.org/10.17977/um047v25i12018p016

Liyuan, G., & Group, F. (2017). Does problem based learning improve critical thinking skill? Cakrawala Pendidikan, 3(October), 1–29.

Masek, Alias dan Yamin, Sulaiman. 2011. The effect of problem based learning on critical thinking ability: a theoretical and empirical review. International Review of Social Sciences and Humanities. ISSN 2248-9010 (online), ISSN 2250-0715 (print), Vol.2, No.1, (hal 217).

M, Hamdani., B.A, Prayitno., & P, Karyanto. (2012). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui metode eksperimen the improveability to think critically through the experimental method. Proceeding Biology Education …, 16(Kartimi), 139–145. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412

Permata, A. R., Muslim, M., & Suyana, I. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi momentum dan impuls. Seminar Nasional Fisika, 8, 9–16. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.02

Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). Studi pelaksanaan pembelajaran fisika berbasis higher order thinking (hots) pada kelas X di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(2), 104–112. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/7711/5687

Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 53. https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i1.10020

Pursitasari, I. D., Suhardi, E., Putra, A. P., & Rachman, I. (2020). Enhancement of student’s critical thinking skill through science context-based inquiry learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 97–105. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21884

Purwati, R., Hobri, & Fatahillah, A. (2007). Analisis kemampuan berpikir kritis pesera didik dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat pada pembelajaran model creative problem solving. Journal of Food System Research, 14(2), 70–75. https://doi.org/10.5874/jfsr.14.2_70

Rubiyanti, Badarudin, & Eka, K. I. (2020). Improving critical thinking skills and learning independence using problem based learning based on science literation. Indonesian Journal of Educational Studies (IJES), 23(1), 34–43.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sam, H. N., & Qohar, A. (2016). Pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah - langkah polya untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 156. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.5188

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem kompensasi dan kepuasan kerja guru tidak tetap di sebuah SMK swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Siregar, S. A., & Ramadhani, D. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis pesera didik pada tema 8 “ lingkungan sahabat kita ” SD Negeri 6 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 112–123.

Sulaiman, A., & Syakarofath, N. A. (2018). Berpikir kritis: Mendorong Introduksi dan reformulasi konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi, 26(2), 86. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38660

Suprapto, N., Suliyanah, & Admoko, S. (2013). Pembelajaran fisika di SMA melalui pertanyaan (learning by questioning) dan keterampilan berpikir. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 3(2), 1–11.

Suriani, W. O., Rm, V. H., & Sukariasih, L. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi pokok hukum newton peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 4(4), 196–201.

Surya, Mohamad. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2017 Dengan Tema "Strategi Pengembangan Pembelajaran Dan Penelitian Sains Untuk Mengasah Keterampilan Abad 21 (Creativity and Innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration/4C)”, 21(2000), 223–231. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/viewFile/11417/8102

Sutisnawati, A. (2017). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru sekolah dasar. Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 15–24. file:///C:/Users/user/Downloads/7886-15676-1-SM (2).pdf

Utami, B., Saputro, S., Ashadi, A., Masykuri, M., & Widoretno, S. (2017). Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistry. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 124. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5134

Yanti, F., Sukarmin, S., & Suparmi, S. (2016). Pengembangan modul pembelajaran fisika SMA/MA berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Inkuiri, 4(3), 96–103.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Wa. +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.