Pengembangan bahan ajar matematika terintegrasi literasi statistis berbasis electronic publishing

Oktaviana Ainun Ratnawati, Tatag Yuli Eko Siswono, Pradnyo Wijayanti Rani

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk baru yaitu bahan ajar untuk mata kuliah statistika secara umum yang terintegrasi literasi statistis berbasis EPUB dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Prosedur pengembangan bahan ajar menggunakan 5 tahapan ADDIE. Subjek uji coba dan implementasi melibatkan 2 universitas di Kalimantan Tengah yaitu 53 mahasiswa semester V Universitas Palangkaraya yang memprogram mata kuliah Analisis Data di Program Studi Pendidikan Matematika dan 41 mahasiswa V Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang memprogram mata kuliah Statistika Pendidikan di Program Studi PGSD. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor data secara kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba serta implementasi bahan ajar memenuhi kriteria sangat valid dan praktis dengan rata-rata ahli media dan ahli materi yaitu 89,42%. Tahap implementasi menunjukan hasil penilaian dosen terhadap bahan ajar yang dikembangkan termasuk pada kategori sangat praktis dengan skor 82,9% dimana rata-rata hasil tes literasi statistis mahasiswa di Universitas Palangkaraya yang menggunakan EPUB mengalami kenaikan sebesar 31,2% sedangkan hasil implementasi di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya mengalami kenaikan sebesar 13,8%.


Keywords


EPUB, bahan ajar, literasi statistis, penelitian pengembangan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 220 times | PDF view : 162 times

References


Allwright, R. L. (1981). What do lve want teaching materials for? ELT Journal, 36(1), 5–18. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/elt/36.1.5

Anderson, B. L., Gigerenzer, G., Parker, S., & Schulkin, J. (2014). Statistical literacy in obstetricians and gynecologists. Journal for Healthcare Quality, 36(1), 5–17. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1945-1474.2011.00194.x

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201. https://doi.org/10.31764

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. https://doi.org/https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286

Ben-Zvi, D., & Garfield, J. (2004). Statistical literacy, reasoning, and thinking: Goals, definitions, and challenges. The Challenge of Developing Statistical Literacy, Reasoning and Thinking, 3–15. https://doi.org/10.1007/1-4020-2278-6_1

Bulusan, F. (2019). Selecting potential instructional materials for literature teaching in the 21 st century milieu: Findings from a systematic review of literature. Asian EFL Journal Research Articles, 21(2), 218–231.

Farah, B., & Nasution, R. D. (2020). Analisis perubahan orientasi pola hidup mahasiswa pasca berakhirnya masa pandemi covid-19. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 23–36. https://doi.org/10.33506/jn.v5i2.968

Gal, I. (2002). Adults’ statistical literacy: Meaning, components, responsibilities. International Statistical Review, 70(1), 1–25. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1751-5823.2002.tb00336.x

Gallo, G., & Trompetto, M. (2020). The effects of covid-19 on academic activities and surgical education in Italy. Journal of Investigative Surgery, 0(0), 1–2. https://doi.org/10.1080/08941939.2020.1748147

Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis moodle pada matakuliah fisika dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286

Kember, D., & Kwan, K.-P. (2000). Lecturers’ approaches to teaching and their relationship to conceptions of good teaching. Instructiona; Science, 28(5), 469–490. http://www.jstor.org/stable/23371459

Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2017). Profil kemampuan literasi statistis mahasiswa jurusan pendidikan matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2), 246–255. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.970

Khalil, M. K., & Elkhider, I. A. (2016). Applying learning theories and instructional design models for effective instruction. Advances in Physiology Education, 40(2), 147–156. https://doi.org/10.1152/advan.00138.2015

Lancaster, F. W. (1995). The evolution of electronic publishing. Library Trends, 43(4), 518–527.

Loviana, S., & Baskara, W. N. (2020). Dampak pandemi covid-19 pada kesiapan pembelajaran tadris matematika IAIN Metro Lampung. EPSILON (Jurnal Pendidikan Matematika STKIP-PGRI Bandar Lampung, 1(2), 61–69. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/epsilon/article/view/625

Marinai, S., Marino, E., & Soda, G. (2011). Conversion of PDF books in ePub format. Proceedings of the International Conference on Document Analysis and Recognition, ICDAR, 478–482. https://doi.org/10.1109/ICDAR.2011.102

Marsitin, R., Sesanti, N. R., & Agustina, R. (2018). Pelatihan IT melalui pembuatan e-modul matematika bagi guru matematika SMK Kabupaten Malang. Jurnal ABDIMAS Unimer Malang, 3, 1–6. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/view/2647/1636

Meilisa, M., & Kurnia, L. (2018). Pengembangan bahan ajar statistika elementer menggunakan aplikasi minitab. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 10(2), 63–67. https://doi.org/10.31958/js.v10i2.1243

Meliana, W. (2020). Pengembangan e-modul format epub untuk pembelajaran matematika kelas X pada materi trigonometri. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1), 25–31. https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3778

Nu’man, M. (2019). Pengembangan bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114–128. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.762

Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Adalah Buletin Hukum & Keadilan, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15394

Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi. (2018). Profil kemampuan literasi kuantitatif calon guru matematika. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 63–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2985

Ratnawati, O. A., Siswono, T. Y. E., & Wijayanti, P. (2020). Pemahaman Literasi Statistika Mahasiswa pada Konteks Covid-19 dengan Collaborative Problem Solving (CPS). 6(3), 264–276. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v6i3.1051

Riyadi, S., & Qamar, K. (2017). Efektivitas e-modul analisis real pada program studi pendidikan matematika Universitas Kanjuruhan Malang. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME) Journal, 1(1), 31–40. http://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum

Rundle, A. G., Park, Y., Herbstman, J. B., Kinsey, E. W., & Wang, Y. C. (2020). Covid-19–related school closings and risk of weight gain among children. Obesity, 28(6), 1008–1009. https://doi.org/10.1002/oby.22813

Sa’idah, N. (2016). Pengembangan buku ajar statistik sebagai penunjang perkuliahan. Refleksi Edukatika, 6(2), 103–111. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.600

Schachter, R. E., Gerde, H. K., & Hatton-Bowers, H. (2019). Guidelines for selecting professional development for early childhood teachers. Early Childhood Education Journal, 47(4), 395–408. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00942-8

Setyawan, A. A., & Pamungkas, A. S. (2018). Kajian literasi statistik mahasiswa dalam membaca, menyajikan data dan menafsirkan data. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UIR, 8–14. https://scholar.google.com/scholar?cluster=5616925672965916414&hl=en&oi=scholarr

Taqriduan, I., & Wibawa, S. C. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis WEB berbantuan EPUB berdasarkan pendekatan gaya belajar VARK untuk meningkatkan hasil belajar siswa. V, 109–120.

Weiland, T. (2017). Problematizing statistical literacy: An intersection of critical and statistical literacies. Educational Studies in Mathematics, 96(1), 33–47. https://doi.org/10.1007/s10649-017-9764-5

Yang, L. J., & Huang, D. C. (2016). Automatically generate EPUB ebook from wiki and linked data. Journal of Computers (Taiwan), 26(4), 35–46.

Yuniarti, R., & Hartati, W. (2020). Persepsi mahasiswa tentang penerapan e-learning pada masa darurat covid-19. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 158–167. http://194.59.165.171/index.php/APM/article/view/377/326

Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. (2020). Students’ Perception of E-Learning for Calculus Courses [in Bahasa]. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics).

Zhang, F. (2017). Quality-improving strategies of college english teaching based on microlesson and flipped classroom. Canadian Center of Science and Education, 10(5), 243–249.https://doi.org/10.5539/elt.v10n5p243




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v10i1.2785

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.