Profil kemampuan literasi kimia mahasiswa pendidikan kimia Universitas Tanjungpura

Ratna Kumala Sari, Husna Amalya Melati, Erlina Erlina, Eny Enawaty, Lukman Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil tingkat kemampuan literasi kimia mahasiswa pendidikan kimia mengenai hand sanitizer dengan berdasarkan pada empat aspek literasi sains yang dikemukakan oleh PISA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sebanyak 173 mahasiswa program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Tanjungpura berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan wawancara. Pernyataan yang disajikan di dalam angket sebanyak 18 buah dengan tipe angket tertutup dan memiliki 4 opsi jawaban berdasarkan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil pada aspek konteks, pengetahuan, kompetensi, dan sikap berturut-turut 83%, 77%, 73%, dan 82%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 79% mahasiswa berada pada level literasi kimia “tinggi”.


Keywords


literasi kimia, profil mahasiswa, hand sanitizer, deskriptif kuantitatif, angket, wawancara

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 88 times

References


Asyhari, A. (2015). Profil peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bybee, R., McCrae, B., & Laurie, R. (2009). PISA 2006: An assessment of scientific literacy. Journal of Research in Science Teaching, 46(8), 865–883. https://doi.org/10.1002/tea.20333

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan literasi matematika sekolah dalam perspektif multiplate intellegences. EduSains, 4(1), 1–15.

Gelfert, A. (2018). Fake news: A definition. Informal Logic, 38(1), 84–117. https://doi.org/10.22329/il.v38i1.5068

Laksono, P. J. (2018). Studi kemampuan literasi kimia mahasiswa pendidikan kimia pada materi pengelolaan limbah. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 1–12.

Merta, I. W., Artayasa, I. P., Kusmiyati, K., Lestari, N., & Setiadi, D. (2020). Profil literasi sains dan model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan literasi sains. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 223. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1889

Nofiana, M. (2017). Profil kemampuan literasi sains siswa SMP di kota Purwokerto ditinjau dari aspek konten, proses, dan konteks sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 77. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1682

Novitasari, N. (2018). Profil kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru biologi. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 36. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2877

OECD. (2012). PISA 2012 results in focus. http://oecd.org/pisa.

OECD. (2013). A teacher’s guide to PISA scientific literacy.

OECD. (2016). PISA 2012 Assessment and analytical framework. In Echinoderms: Durham - Proceedings of the 12th International Echinoderm Conference. https://doi.org/10.1201/9780203869543-c92

Prastiwi, M. N. B., Rahmah, N., Khayati, N., Utami, D. P., Primastuti, M., & Majid, A. N. (2017). Studi kemampuan literasi kimia peserta didik pada materi elektrokimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, 21, 101–108.

Saija, M., & Namakule, U. (2019). Profil kemampuan literasi kimia siswa SMA negeri 3 Ambon. Jurnal Kiprah, 7(2), 99–106.

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,Cv.

World Health Organization (WHO). (2010). Guide to local production: WHO-recommended Handrub Formulations Introduction: WHO, April, 9. https://www.who.int/gpsc/5may/Guide_to_Local_Production.pdf

Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas metodologi penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v10i1.2917

Article Metrics

Abstract view : 110 times
PDF - 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.