Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru biologi pada konsep biota laut menuju pembangunan berkelanjutan melalui pembelajaran berbasis proyek

Jumrodah Jumrodah, Liliasari Liliasari, Yusuf Hilmi Adisendjaja, Yayan Sanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada materi biota laut menuju pembangunan berkelanjutan melalui pembelajaran berbasis proyek pada mahasiswa calon guru biologi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan one group pretest postest design. Subyek terdiri dari 31 mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah ekologi laut pada semester 5 di salah satu universitas Kalimantan Tengah. Instrument tes yang digunakan berupa soal test pilihan ganda (PG) beralasan dan soal test uraian. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan empat tahap yaitu (1) mahasiswa diminta untuk mendesain proyek yang dilakukan, (2) mempresentasikan teori dan rancangan terkait proyek yang akan dilakukan, (3) melakukan implementasi proyek yang sudah dirancang dan pengamatannya, (4) melaporkan hasil implementasi proyek sekaligus mengevaluasi untuk kegaiatan proyek selanjtnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap indikator keterampilan berpikir kreatif yang diamati yaitu flexibility, originality dan elaboration menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara pretes dan postest. Hasil ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran berbasis proyek pada konsep biota laut menuju pembangunan berkelanjutan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.


Keywords


keterampilan berpikir kreatif, biota laut, berbasis proyek

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 52 times

References


Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., & Susanti, N. (2017). Analisis keterampilan berpikir kreatif pembelajaran fisika di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 1-8.

Bakir, S., & Oztekin, E. (2014), Creative thinking levels of pre service science teacher in term of different variables, journal of baltic science education, 13(2), 12

Candra R.A, Prasetyab A.T., dan Hartatic R. (2019). analisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui penerapan blended project-based learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 2, 2019, halaman 2437 – 2446.

Colley, K. (2008). Project-based science instruction. The Science Teacher. 75 (8): 23-28.

Diawati, C., Liliasari, dan Buchari B. (2017). Development and validation of creative thinking skills test in the project of laboratory apparatus modification. Ideas for 21st Century Education – Abdullah et al. (Eds) Taylor & Francis Group. London, ISBN 978-1-138-05343-4.

Ghanizadeh, A., Al-Hoorie, A. H., & Jahedizadeh, S. (2020). Higher order thinking skills: In Second Language Learning and Teaching. Mashhad. Springer https://doi.org/10.1007/978-3-030-56711-8_1

Husamah, H. (2015). Thinking skills for environmental sustainability perspective of new students of biology education department through blended project based learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 110–119, https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.3878.

Isabekov, A., & Sadyrova, G. (2018). Project-based learning to develop creative abilities in students. In J. Drummer, G. Hakimov, M. Joldoshov, T. Köhler, & S. Udartseva (Eds.), Vocational Teacher Education in Central Asia: Developing Skills and Facilitating Success (pp. 43–49). Cham: Springer International Publishing, https://doi.org/10.1007/978-3-319-73093-6_4

Jumrodah, S Liliasari and Y H Adisendjaja. (2019). Profile of pre-service biology teachers critical thinking skills based on learning project toward sustainable development. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1157 (2019) 022097. doi:10.1088/1742-6596/1157/2/022097

Kristanti, Y. D., Subiki, dan Handayani, R. D. (2016). Model pembelajaran berbasis poject (project based learning model) pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (2): 122 – 128.

Lou, S., Chung, C., Dzan, W. & Shih, R. (2012). Construction of a creative instructional design model using blended, Project-Based Learning for college students. Creative Education, 3(7): 1281-1290.

Mulyono, Y. (2018). Improving creativity of the future physics teachers through general biology learning based on CTL with experimental method. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 1-7.

Rambely, A. S., Ahmad, R. R., Majid N., M-Suradi, N. R., Din, U. K. S., A-Rahman, I., Mohamed, F., Rahim, F. & Abu-Hanifah, S. (2013). Project-based activity: root of research and creative thinking. International Education Studies, 6 (6).

Rif’at, P.A.C., Wati, M., & Suyidno, S. (2020). Developing Students’ responsibility and scientific creativity through creative responsibility based learning in learning physics. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1): 12-22.

Ridlo Z.R., Nuha U, Terra I W A and Afafa L. (2019). The implementation of project-based learning in STEM activity (water filtration system) in improving creative thinking skill. Journal of Physics: Conference Series. 1563 (2020) 012073. doi:10.1088/1742-6596/1563/1/012073.

Rosa N.M & Nursa’adah F.P. (2017). Kontribusi laboratorium kimia dan sikap siswa terhadap pemanfaatan laboratorium terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Jurnal Formatif, 7(3): 198-206.

Santoso B.P., dan Wulandari F.E. (2020). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dipadu dengan metode pemecahan masalah pada keterampilan berpikir kreatif siswa. Journal of Banua Science Education, 1: (1). http://jbse.ulm.ac.id/index.php/JBSE.

Sari D.K., Permanasari A., Supriyanti F.M.T. (2017). Profile of students’ creative thinking skills on quantitative project-based protein testing using local materials. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 6 (1) (2017) 71-75. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii.

Susanti. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap ilmiah siswa pada materi nutrisi. Jurnal Pengajaran MIPA, 18 (1): 36-42.

Sobri M., Nursaptini, Novitasari S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4 (1), doi:http://10.32529/glasser.v4i1.373.

Tawil, M., & Liliasari, L. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Torrance, E. P. (1966). Torrance tests of creative thinking: Norms-technical manual: Verbal tests, forms a and b: Figural tests, forms a and b. Personal Press, Incorporated.

Trnova, E. (2014). IBSE and creativity development. Science Education International, 25(1): 8–18

UNESCO. (2017). Education for sustainable development goals learning objectives. The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, 7, place de Fontenoy, 75352 Paris 07 SP, France ISBN 978-92-3-100209-0.

Wahyudi, A. (2020). Profil keterampilan berpikir kritis dan kreatif calon guru kimia pada perkuliahan biokimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 99-110.

Wulandari N. A. D. & Sukestiyarno. (2017). Development of OQALE based reference module for school geometry subject and analysis of mathematical creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series. Conf. Series 824 (2017) 012048. OP Publishing. doi:10.1088/1742-6596/824/1/012048.

Xu, Y. Liu, W. (2010). A project-based learning approach: a case study in China. Asia Pacific Educ. Rev. 11:363–370, doi. 10.1007/s12564-010-9093-1.

Yanti, L., Miriam, S., & Suyidno. (2020). Mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik melalui creative responsibility based learning. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 9(2), 1790-1796.

Yamin Y., Permanasari A., Redjeki S., and Sopandi W. (2020). Implementing project-based learning to enhance creative thinking skills on water pollution topic. Research Article. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2): 225-232.

Zubaidah S. (2019). Memberdayakan keterampilan abad ke-21 melalui pembelajaran berbasis proyek. Seminar nasional nasional pendidikan biologi di FKIP Universitas Halu Oleo, Kendari, dengan Tema "Biologi dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0", 12 Oktober 2019.

Zainuddin., Suyidno., Dewantara, D., Mahtari, S., Nur, M., Yuanita, L., & Sunarti, T. (2020). The correlation of scientific knowledge-science process skills and scientific creativity in creative responsibility based learning. International Journal of Instruction, 13(3): 307-316.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Wa. +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.