Development of student worksheet based on POE (predict, observe, and explain) with science literature approach

Syaiful Arif, Cindy Audia Sahara

Abstract


Lembar kerja merupakan sarana untuk menigkatkan kemampuan  berkomunikasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan serta keefektifan dari produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development dengan menerapkan beberapa tahapan model Borg and Gall. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validitas ahli, tes kemampuan berkomunikasi serta angket respon peserta didik. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas ahli, uji validitas dan reliabilitas, uji N-Gain dan uji t meliputi uji independent t-test two tailed dan uji t-test one tailed. Hasil penelitian ini yaitu produk lembar kerja peserta didik berbasis POE dengan pendekatan literasi sains layak untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 66,67 pada taraf signifikansi (α = 0.05).

 

 


Keywords


LKPD, POE, literasi sains, kemampuan berkomunikasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 43 times

References


Admin, & Yusuf, M.A. (2017). Upaya meningkatkan keaktifan menyatakan pendapat mahasiswa pendidikan agama Islam melalui focus group discussion (FGD) dalam mata kuliah profesi keguruan. Tamaddun, 1–20.

Armas, Khaerati, A.R., Ramlawati, & Syahrir, M. (2019). Hubungan antara literasi sains dengan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran kimia kelas XI MIPA SMA Negeri se-kota Makassar. Chemistry Education Review (Cer), 2(2), 67–75.

Asminah, & Rukmi, A.S. (2020). Pengembangan buku suplemen untuk keterampilan membaca teks narasi siswa kelas V Sekolah Dasar di Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).

Baharun, Hasan, & Dini, A.R. (2019). Penguatan receptive skills santri melalui pendekatan mastery learning dalam pembelajaran Al-Qur’an di pondok pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2),129–43.

Budiono, SSutiarso, S., & Dahlan, S. (2018). Pengembangan LKPD berbasis POE pada konsep kesebangunan untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(2).

Cintia, Ni, Kristin, & Anugraheni, F.I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Journal.Unj.Ac.Id.

Fatmawati, & Agustina. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan maslaah untuk SMA kelas X. Edusains, 4(2), 94–103.

Gainau, & Maryam B. (2009). Keterbukaan diri (self disclosure) siswa dalam perspektif budaya dan implikasinya bagi konseling. Jurnal Ilmiah Widya Warta 33(1), 95–112.

Hartati, Leny, & Azizah, S.N. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika untuk peserta didik tuna grahita ringan. Jppm (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 66–77.

Ismayani, & Mekar, R. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran literasi teks Ssastra. Semantik, 2(2), 67–86.

Kamsari. (2013). Peningkatan keterampilan membaca untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat dengan teknik memindai pola vertikal dan horizontal pada siswa kelas VIIIA semester ganjil MTS NU Serangan tahun pelajaran 2012/2013.

Lestari, Yunia, & Mujib. (2018). Kemampuan berpikir kritis matematis melalui model education coins of mathematics competition. Jurnal Matematika, 1(3), 265–74.

Hunaidah, M. Erniwati, & Sukariasih,L. (2020). Meningkatkan hasil belajar dan keterampilan inkuiri peserta didik pada materi pokok tekanan zat melalui penerapan model argument driven inquiry. Journal Of Banua Science Education ,1(1),15–20.

Nazilah, Fauziatun, Iswara, P.D., & Sudin,A. (2017). Meningkatkan kemampuan siswa dalam menggali informasi dari teks wawancara dalam bahasa indonesia tulis dengan role playing. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 131–40.

Nugraheni, Desi, Suyanto, S., & Harjana, T. (2017). Pengaruh siklus belajar 5e terhadap kemampuan literasi sains pada materi sistem saraf manusia.Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(4), 178–88.

Patiung, Dahlia. (2016a). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan,5(2), 352–76.

———. (2016b). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual.Jurnal Al-Daulah, 5(2), 352–76.

Pujiati, Nyeneng, I.D.P., & Sesunan, F. (2013). Pengaruh keterampilan berkomunikasi sains terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Jurnal Pembelajan Fisika, 1(4), 47–57.

Rohmawati, Ely, Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran berkonteks socio-scientific issues berbantuan media weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 3(1), 8–14.

Salfera, Novi. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VII. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32–43.

Sari, Juwita, I., Murni,D., & Sjaifuddin. (2016). Peningkatan kecakapan komunikasi siswa menggunakan pembelajaran bilingual preview review dengan setting. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 121–30.

Sinaga, Damayanti, D., Nyeneng, I.D.P., & Herlina, K. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis predict-observe-explain pada materi tekanan dalam zat cair untuk meningkatkan keterampilan sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 103–8.

Suhendar, & Ade. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning tema 2 subtema 3 pada muatan IPA di kelas V program studi pendidikan guru sekolah dasar pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning, 1–22.

Sumartini, & Sri, T. (2017). Meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran predict observe explanation. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (Jes-Mat), 3(2), 167–76.

Suranti, Yeni, N.M., Gunawan, & Sahidu, H. (2017). Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat pptik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73–79.

Susiawan, Ending. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran mengoperasikan sistem operasi komputer berdasarkan masalah di kelas X SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Elektro, 2(2), 545–54.

Wicaksono, R. S., Susilo, H. & Sueb. (2019). Implementation of problem based learning combined with think pair share in enhancing students’ scientific literacy and communication skill through teaching biology in english course peerteaching. Journal Of Physics: Conference Series ,12(27), 1–8.

Zulfa, A. R. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis think talk write pada tema sistem organ manusia untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains di SMP N 2 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Zulfa, Rodhiyah, A., & Rosyidah, Z. (2020). Integrative science education and teaching activity journal analysis of communication skills of junior high school students on classification of living things topic. Integrative Science Education And Teaching Activity Journal (Insecta), 1(1), 78–92.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v10i1.3098

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.