Penerapan LKPD berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif IPA peserta didik SMP

Hapsari Catur Mahardika, Riva Ismawati, Rina Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan penerapan LKPD berbantuan simulasi PhET dan LKPD dari buku paket pada pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang terhadap motivasi belajar peserta didik, terhadap hasil belajar kognitif serta terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini yaitu Pretest-postest Nonequivalent Control Group. Jumlah subjek 64 peserta didik SMPN 1 Bawang. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi dan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukan hasil uji independent sample t-test pada kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen menunjukan bahwa signifikansi 0,000 < 0,05 ; 0,001 < 0,05 sehingga dapat dikatakan H1 diterima. Hasil uji MANOVA menunjukan nilai signinikansi 0,000 < 0,005, maka dapat dinyatakan H1 diterima. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan  antara pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang menggunakan LKPD berbantuan simulasi PhET dengan pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang menggunakan LKPD dari buku paket terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik SMP. 


Keywords


LKPD, simulasi PhET, motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 323 times | PDF view : 282 times

References


Anderson, L. W., & Bloom, B. S. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman,.

Arikunto, S. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013, cet. Ke-15.

Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment di sdn ngaringan 05 kec. gandusari kab. blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781-790.

Fajrin, P., & Zamsir, L. M. (2015). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170-181.

Fitriyah, I. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran guided discovery berbantuan simulasi PhET dengan penerapan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA topik tekanan di SMP Negeri 1 Tuban. In Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya.

Fitriastuti, N. dan Ishafit. 2016. Pengembangan lembar lerja siswa (LKS) berbasis guided inquiry berbantuan media virtual PhET pada materi momentum dan tumbukan untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika SMA kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Quantum. ISSN:2477- 1511.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Unpublished.[online] URL: http://www. physics. indiana. edu/~ sdi/AnalyzingChange-Gain. pdf.

Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori pengenalan ilmu pengetahuan alam sejak dini. PM Publisher.

Iryani, I., Tandililing, E., & Hamdani, H. (2018). Remediasi miskonsepsi siswa dengan model pembelajaran children learning in science (CLiS) berbantuan simulasi PhET. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4).

Kadir. (2015). Statistika terapan konsep, contoh dan analisis data dengan Program SPSS dalam penelitian (Edisi Kedu). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Karsono, K. (2017). Pengaruh penggunaan LKS berbasis hots terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 121087.

Khaerunnisak, K. (2018). Peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa melalui simulasi physic education technology (PhET). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2).

Khoirunah, N., Pratini, U., & Soekamto, I. (2014). Pengembangan lembar kegiatan siswa IPA terpadu Berbasis PhET dengan strategi pembelajaran inkuiri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Unesa (pp. 208-212).

Krobthong, T. (2015). Teaching university physics by using interactive science simulations methods. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 197, 1811-1817.

Latip, A. E. (2018). Evaluasi pembelajaran di SD dan MI (Cetakan Pertama). Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 219-226.

Mølstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National curricula in Norway and Finland: The role of learning outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329-344.

Nasir, M., Cari, C., Sunarno, W., & Rahmawati, F. (2021, December). Article Diagnostic Difficulties and Misconceptions of Light Refraction: A Need Analysis Learning Abstract Concepts Using PhET Simulation. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 317-322). Atlantis Press.

Nurhayati, N., Fadilah, S., & Mutmainah, M. (2014). Penerapan metode demonstrasi berbantu media animasi software PhET terhadap hasil belajar siswa dalam materi listrik dinamis kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 4(2), 1-7.

Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Novita, I., Mayub, A., & Swistoro, E. (2017). Pengaruh model discovery learning dengan LKS berbasis penemuan terhadap hasil belajar, keterampilan proses sains, serta minat belajar pada konsep getaran dan gelombang Di SMPN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 1(1).

Oja, H. (2010). Multivariate nonparametric methods with R: an approach based on spatial signs and ranks. Springer Science & Business Media.

Popenici, S., & Millar, V. (2015). Writing learning outcomes: A practical guide for academics. University of Melbourne, Australia.

Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi simulasi PhET dan KIT sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Priyatno, D. (2017). Panduan praktis olah data menggunakan SPSS (satu). Jakarta: ANDI

Purwanto, M. N. (2009). Prinsip-prinsip dan teknnik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu, S. (2017). Penerapan pendekatan saintifik dengan media simulasi PhET pada materi gelombang untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 5(03).

Rahmi, R., & Wati, M. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing dan multimedia pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 173-184.

Ramli, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732.

Safitri, L. A., Nasir, M., & Syahril, S. (2017). Peningkatan motivasi belajar Siswa SMA dengan pendekatan kontekstual menggunakan media simulasi virtual Phet di SMAN 10 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Saragih, N., Islami, N., & Nasir, M. (2017). Penerapan metode pembelajaran pictorial riddle terhadap motivasi belajar IPA fisika siswa kelas VIII SMP Beer Seba Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Sari, P., & Permata, D. Y. A. H. (2013). Uji coba pembelajaran IPA dengan LKS sebagai penunjang media virtual PhET untuk melatih keterampilan proses pada materi hukum archimedes. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 1(02).

Sartika, S. B., Efendi, N., & Rocmah, L. I. (2020). Pelatihan penggunaan laboratorium virtual bagi guru IPA dan matematika di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 201-208.

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan instrumen motivasi belajar fisika: angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13-21.

Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar proses pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugeng, H. (2016). Pengaruh kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Depok. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261-274.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, W. (2004). Analisis regresi menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Sumarauw, J. M., Ibrahim, M., & Prastowo, T. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET dalam pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(1), 25-36.

Sunarno, W. (2019, December). Pembelajaran IPA di era revolusi industri 4.0. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).

Sutrisno, S., & Wulandari, D. (2018). Multivariate analysis of variance (MANOVA) untuk memperkaya hasil penelitian pendidikan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 37-53.

Sunni, M. A., Wartono, W., & Diantoro, M. (2014, October). Pengaruh pembelajaran problem solving berbantuan PhET terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 3, pp. 103-107).

Sutrisno, S., & Wulandari, D. (2018). Multivariate analysis of variance (MANOVA) untuk memperkaya hasil penelitian pendidikan. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 37-53.

Tabachnick, B. G., Fidell, L. S., & Ullman, J. B. (2007). Using multivariate statistics (Vol. 5, pp. 481-498). Boston, MA: Pearson.

Widodo, S. (2017). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah lingkungan sekitar peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189-204




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v10i1.3170

Article Metrics

Abstract view : 323 times
PDF - 282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.