PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERHEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA
Abstract
> terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dari hasil
postest pada materi suhu dan kalor dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dapat dilihat berdasarkan α = 0,05 lebih kecil dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,827 untuk postest hasil belajar kognitif siswa, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,06 sedangkan kelas kontrol adalah 76,94.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 841 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 469 timesReferences
Ahmadi, Iif Khoiru dkk, Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Surabaya:
Prestasi Pustaka, 2011.
Arief, Hafizhah, Sikap Ilmiah Siswa Melalui Kegiatan Percobaan Fisika Pada
Materi Fluida Kelas Xi Ipa Ma Darul Hikmah Pekanbaru, Universitas
Riau Pekanbaru, Skripsi, Pekanbaru, 2013.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Baharuddin, Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif.Jakarta: Kencana, 2005.
Dimyati & Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
_________________, Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Djaali, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Djamarah, Syaiul Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukati.Jakarta:
Rineka Cipta, 2010.
Giancoli, Douglas C, Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2001.
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembalajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Herabudin, Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
_________, Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Ibrahim, Muslim, Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa-University
Press, 2001.Isjoni, PembelajaranKooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Jasin, Maskoeri, IlmuAlamiahDasar. Jakarta: Raja Graindo Persada, 2010.
Jauhar, Mohammad, Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai
Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2011.
Kariadinata, Rahayu & Maman Abdurrahman, Dasar-dasar Statistik Pendidikan.
Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Karisma Publising, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).
Tangerang Selatan: SL Media, 2008.
Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung:
Refika Aditama, 2010.
Kurniasari, Herdiyan, Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together
(NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD) Ditinjau dari
Tingkat Keaktifan Siswa terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Sub
Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya di SMP. Surakarta: Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Skripsi, 2010.
Mas’ud, Ibnu dan Joko Paryono, Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: Pustaka Setia,
Mustaqim, Psikolog Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN
Walisongosemarang, 2001.Nasution, Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Ngalimun, Femeir dan Aswan, Strategi dan Model Pembelajaran Berbasis
PAIKEM, Banjarmasin: Pustaka Banua, 2013.
Riduan dkk, Cara Mudah Belajar SPSS 17,0 dan Aplikasi Statistik Penelitian.
Bandung: Alfabeta, 2013.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i2.334
Article Metrics
Abstract view : 841 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 469 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.