KORELASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK CAHAYA
Abstract
"> keterampilan proses sains terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,491 dalam kategori sedang (3) Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara motivasi terhadap keterampilan proses sains dengan koefisien korelasi sebesar - 0,119 dalam kategori sangat rendah (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan keterampilan proses sains secara bersama – sama terhadap hasil belajar siswa dengan F hitung sebesar 6,074 dalam kategori sedang.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 439 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 257 timesReferences
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 1999
Bahri, Syaiful, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta:PT Rineka
Cipta, 2000
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Pt RajaGrafindo persada, 2012
Hamzah, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Muhtar dan Yamin, Metode Pembelajaran yang Berhasil, Jakarta: PT. Nimas
Multima, 2005
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1990
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada, 2007
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka
Cipta, 2000
Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo
Persada, 2012
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2007.
Wena, Made, Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara,
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i2.335
Article Metrics
Abstract view : 439 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 257 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.