KORELASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK CAHAYA

Dwi Aprilia Astupura, Hadma Yuliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar kognitif, (2) Terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar kognitif, (3) Terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi terhadap keterampilan proses sains, (4) Terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi dan keterampilan proses sains secara bersama-sama terhadap hasil belajar kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMPN 1 Palangka Raya tahun ajaran 2013/2014, dan sampel penelitian adalah kelas VIII-6 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengelolaan pembelajaran, angket motivasi belajar siswa, tes keterampilan proses sains dan tes hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan program Microsoft excel dan SPSS versi 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi terhadap terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,016 dalam kategori sangat rendah (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara
"> keterampilan proses sains terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,491 dalam kategori sedang (3) Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara motivasi terhadap keterampilan proses sains dengan koefisien korelasi sebesar - 0,119 dalam kategori sangat rendah (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan keterampilan proses sains secara bersama – sama terhadap hasil belajar siswa dengan F hitung sebesar 6,074 dalam kategori sedang.

Article Metrics

Abstract view : 493 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 293 times

References


Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 1999

Bahri, Syaiful, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta:PT Rineka

Cipta, 2000

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Pt RajaGrafindo persada, 2012

Hamzah, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Muhtar dan Yamin, Metode Pembelajaran yang Berhasil, Jakarta: PT. Nimas

Multima, 2005

Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1990

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada, 2007

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka

Cipta, 2000

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo

Persada, 2012

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2007.

Wena, Made, Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara,




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v3i2.335

Article Metrics

Abstract view : 493 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 293 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.