Self-regulated learning mahasiswa dalam pembelajaran daring

Authors

  • Irma Rahmawati Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Fitri Nur Hikmah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Hasby Assidiqi Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Alim Khotami Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Junaidi Junaidi Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.23971/eds.v10i1.3441

Keywords:

self-regulated learning, Pembelajaran daring.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Self-regulated learning mahasiswa dalam pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 46 mahasiswa Tadris Fisika UIN Antasari Banjarmasin. Data dikumpulkan menggunakan angket Self-regulated learning yang terdiri dari 17 pernyataan dengan skala Likert 1-5. Indikator Self-regulated learning meliputi strategi kognitif, strategi motivasi, dan strategi perilaku. Item pernyataan dalam angket telah dinyatakan valid dan reliabel (α=0,832). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif meliputi skor minimal, skor maksimal, mean, dan standar deviasi.  Selanjutnya Self-regulated learning mahasiswa dipersentase dan dikategorisasi menjadi lima kategori yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang, kurang sekali. Hasil penelitian menunjukkan rerata skor Self-regulated learning mahasiswa adalah 58,91 (dengan ketercapaian 69%) dengan SD 7,73; skor minimal 34; skor maksimal 73. Rata-rata persentase setiap indikator adalah strategi kognitif 68%, strategi motivasi 68%, dan strategi perilaku 72%. Self-regulated learning mahasiswa termasuk dalam kategori sangat baik 2%, baik 22%, cukup 65%, kurang 7%, kurang sekali 4%. Sebagian besar Self-regulated learning mahasiswa berada pada kategori cukup. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang intervensi yang dapat meningkatkan Self-regulated learning mahasiswa dalam pembelajaran.

References

Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 145–155.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran daring sebagai dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 7–13. https://doi.org/10.30595/.V1I1.7927

Leidinger, M., & Perels, F. (2012). Training self-regulated learning in the classroom: development and evaluation of learning materials to train self-regulated learning during regular mathematics lessons at primary school. Education Research International, 2012, 1–14. https://doi.org/10.1155/2012/735790

Lestari, P. D., Dwijanto, D., & Hendikawati, P. (2016). Keefektifan model problem-based learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11405

Maisaroh. (2015). Pengaruh self efficacy dan self regulated learning terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. JP Journal & Proceeding, 5(No. 1).

Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya Offset.

Puspita, S. A. L., & Rustika, I. M. (2018). Peran self regulated learning dan konsep diri terhadap prestasi Universitas Udayana yang pernah menjadi finalis Bali Pageants Syntia Agung Liana Puspita dan I Made Rustika. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 1–11.

Raaijmakers, S. F., Baars, M., Paas, F., van Merrià«nboer, J. J. G., & van Gog, T. (2018). Training self-assessment and task-selection skills to foster Self-regulated learning: Do trained skills transfer across domains? Applied Cognitive Psychology, 32(2), 270–277. https://doi.org/10.1002/acp.3392

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Saputra, W. N. E., Alhadi, S., Supriyanto, A., Wiretna, C. D., & Baqiyatussolihat, B. (2018). Perbedaan self-regulated learning siswa sekolah menengah kejuruan berdasarkan jenis kelamin. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 131–138. https://doi.org/10.17977/um001v3i32018p131

Setyanto, G. G. (2014). Pengaruh self-regulated learning dan pola asuh orang tua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: UNY. https://core.ac.uk/download/pdf/33513406.pdf

Sirazieva, L. M., Fakhrutdinova, R. A., Kamasheva, J. L., & Leikin, M. (2017). Self-regulated learning in higher education. Revista Publicando, 131, 691–699. https://www.rmlconsultores.com/revista/index.php/crv/article/viewFile/930/pdf_685

Sudianto, S., Dwijanto, D., & Dewi, N. R. (2019). Students’ creative thinking abilities and self regulated learning on project-based learning with LMS moodle. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 10–17. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/27183

Sumarjo, H., Hariyanto, V. L., & Hasan, A. (2018). Self-regulated learning with a module to improve learning achievement. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(2), 213–221. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i2.18287

Utari, A., & Senen, S. H. (2018). Pengaruh self regulated learning (SLR) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.9521

Uz, R., & Uzun, A. (2018). The influence of blended learning environment on self-regulated and self-directed learning skills of learners. European Journal of Educational Research, 7(4), 877–886. https://doi.org/10.12973/eu-jer.7.4.877

Wolters, C. A., Pintrich, P. R., & Karabenick, S. A. (2003). Assessing academic self-regulated learning. Conference on Indicators of Positive Development: Definitions, Measures, and Prospective Validity, 2003(April), 251–270. https://doi.org/10.1007/0-387-23823-9_16

Zimmerman, B. J. (2015). Self-regulated learning: theories, measures, and outcomes. in international encyclopedia of the social & behavioral sciences: second edition (second edi, Vol. 21). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.26060-1

Downloads

Published

2022-06-25
Abstract viewed: 717 times
PDF downloaded: 1640 times