Pengembangan bahan ajar digital problem based learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata kuliah zoologi vertebrata

Shanty Savitri, Elga Araina, Ririn Fahrina, Utin Nurhanisha, Septika Yantie

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar digital PBL guna mendukung dan memudahkan mahasiswa dalam pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, terdiri dari 5 tahap yakni: (1) Analisis , (2) Desain , (3) Pengembangan , (4) Implementasi , (5) Evaluasi . Hasil penelitian berupa buku PBL digital untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan memahami suatu konsep pembelajaran melalui masalah yang disajikan pada awal pembelajaran, serta dapat digunakan sebagai bahan penunjang pada mata kuliah Zoologi Vertebrata.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar PBL berdasarkan hasil validasi memperoleh kriteria sangat layak. Bahan ajar digital PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa berdasarkan hasil uji N-Gain dengan nilai rata-rata sebesar 0,7 dengan kategori tinggi, dan respons siswa memperoleh nilai rata-rata 4,4 dengan kategori sangat baik.


Keywords


Pengembangan, Bahan Ajar Elektronik, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Zoologi Vertebrata.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 165 times | PDF view : 124 times

References


Amir, T. (2009). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Jakarta: Kencana.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astuti, WD, Listyorini, D., & Dahlia, D. (2017). Analisis kebutuhan media pembelajaran untuk matakuliah rekayasa genetika. Laporan Penelitian.

Chong, V.D., Salleh, S.M & Aicheong, I. P. (2013). Using an activity worksheet to remediate students’ alternative conceptions of metallic bonding. American International Journal of Contemporary Research, (Online), volum 3, no. 11, (http://www.aijcrnet.com/journals.pdf., diakses 11 Februari 2015).

Fitriani, F., Hasan, MHM, & Musri, M. (2016). Pengembangan kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar peserta didik pada bahan penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 4 (1).

Fitria, Y. (2017). Development of problem based teaching materials for the fifth graders of primary School, Jurnal Ta’dib, Volume 20 Nomor 2.

Hake, R. R. (1998). Interactive engagment vs traditional methods: a six tousand-student survey of mechanics test data for introductory physics course. American Journal of Physics, 66(1): 1.

Hidayati, N., & Pangestuti, A. A. (2017). Analisis kebutuhan e-modul biologi sel untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. IKIP Budi Utomo Malang. Prosiding Seminar Nasional Hayati V 2017, 283–288.

Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar mata kuliah pengantar profesi guru biologi di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. bio - pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 7 (96–99), 96–99. https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/27636

Jaya, I. M., Sadia, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi bermuatan pendidikan karakter dengan setting guided inquiry untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia.

Maiyuni, S dan Maharani, AD. (2016). Validitas lembar kerja siswa (LKS) berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati untuk SMA. Jurnal Pelangi. 8(2): 167-177.

Murtini, I., Zubaidah, S., & Listyorini, D. (2019). Kebutuhan bahan ajar mata kuliah biologi sel di perguruan tinggi Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4 (8), 1120 – 1124.

Nadiyah & Faaizah. (2015). The development of online project based collaborative learning using ADDIE model. Porcedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 1803-1812.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Noviati, W. (2020). Kesulitan pembelajaran online mahasiswa pendidikan biologi di tengah pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 7–11.

Prastowo, A. (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Probowati, A., Gofur, A., & Lukiati, B. (2020). analisis kebutuhan untuk pengembangan bahan ajar fisiologi hewan dan manusia pada jurusan biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 5 (6), 743-748.

Putri, P.M. (2012). pemahaman konsep matematika pada materi turunan melalui pembelajaran teknik probing. Jurnal: pendidikan matematika, 1 (1), hlm.3–6

Rahmawati, R & Sukidjo. (2016). Pengembangan bahan ajar pbl pada pelajaran ekonomi untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik SMA. Jurusan Pendidikan IPS UNY, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rostikawati & Susanto. (2019). Pengembangan ensiklopedia vertebrata untuk meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV, Madiun, 15.

Sadjati, I.M. (2012). Pengembangan bahan ajar. In: Hakikat Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Salim, S., & Maryanti, E. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika melalui teori pembelajaran sibernetik berbantuan software derive. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 229-238.

Sastradewi, P.F., Sadia,I.W., dan Karyasa, I.W. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran kimia yang menerapkan model problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5.

Shoimin, A. (2013). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Smaldino, S.E., Russel, J. D., Heinich, R., & Molenda, M. (2005). Instructional technology and media for learning. New Jersey: Pearson Education, Inc

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta.

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran. Lantanida Journal, 3 (2), 127.

Trinanda, L., Lufri., Zulyusri., & Sumarmin, R. (2018). Validity of students work sheet problem based learning equipped with crossword puzzles on ecosystem and environmental changes for senior high school. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT). 6(2): 454-460.

Yuhanna, W.L. (2021). Analisis kebutuhan belajar mahasiswa pada perkuliahan zoologi vertebrata di masa pandemi Covid19. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 9 (1), 2021, 129-137.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v10i1.3449

Article Metrics

Abstract view : 165 times
PDF - 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.